wonderful probolinggo bukit bintang

probolinggo banyak loh tempat wisata yang terjangkau salah satunya bukit bintang…yang lokasinya tepat di depan pantai bentar…

Iklan
By aimarusciencemania

novel aini: obat tolak galau so jangan menunggu php buang aja ke laut

Pengharapan doa dan dukungan untuk mengawali kisah sukses dan penuh cinta di bawah langit ibu kota Indonesia “ Jakarta”

Jakarta…. apa yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar , melihat atau bahkan tidak sengaja membaca satu kata itu yakni “ Jakarta”?. Pasti komentar Anda tentang Jakarta salah satunya bahkan semuanya telah tercover dari beberapa komentar saya.

Jakarta itu…kota yang padat sekali penduduknya baik penduduk asli maupun pendatang.

Jakarta itu kota yang selalu langganan banjir tiap tahunnya.

Jakarta itu biyuh…………….kota metropolitan nomor wahid alias nomor satu tingkat kemacetannya.

Jakarta itu……kota yang tingkat kejahatan, kerusuhan, dan kesenjangan sosial sangat mencolok terlihat.

Jakarta itu………….kotanya para artis dan aktor berkumpul mengembangkan bakatnya untuk mengepakkan sayap-sayap popularitasnya setinggi-tingginya selama mereka bisa.

Jakarta itu……………kota metropolitan yang menjadi tujuan utama pelarian para pencari kerja….banyak yang bilang kepada saya kalau” cari kerja di Jakarta itu mah gampang” dan ada pula yang bilang kalau” cari kerja di Jakarta itu susah?” lah terus yang mana yang benar……………..yang benar adalah tergantung dengan doa, usaha, keyakinan untuk sukses, dan tawakkal kepada Allah yang bisa mengantarkan kita sukses mengadu nasib di ibu kota negara Indonesia tercinta ini……….memang sukses itu tidak mudah membalikkan telapak tangan…………..namun selama kita yakin dan optimis serta di aplikasikan dengan dukungan dari doa, usaha, keyakinan untuk sukses, dan tawakkal kepada Allah itu….pasti sukses tidak sulit bagi kita untuk kita dapatkan. Karena dalam Al qur’an Allah SWT berfirman bahwa….Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mau merubahnya.

Dengan berpebang teguh pada firman Allah ini….saya yakin bahwa Allah akan merubah nasib saya menjadi pribadi yang sukses dan selalu bersyukur jika saya mau merubah nasib saya.

Hari ini telah saya ceritakan semuanya niatan saya kepada Nila….rasanya legah sekali……saya sempat kaget ada 2 teman sekelas saya yang bisa melanjutkan studi lanjut……saya juga ikut bahagia……kagetnya saya bukan berarti iri atau bahkan dengki…namun saya jadi terpacu lagi semangat yang pernah padam di diri saya untuk melanjutkan studi saya. Semangat itu sangat menggebu-gebu untuk bisa berstudi lanjut……sebelum saya diwisuda…namun melihat kondisi biaya dan kesempatan itu belum datang meskipun sudah saya coba menangkap kesempatan itu dengan memohon pertolongan salah satu petinggi kampus…..namun saya jadi tidak bersemangat karena saya dilepas total….saya bisa sekolah lagi asal saya magang dulu 1 tahun…lah magangnya saya kok terikat sekali di kampus ya……..saya kok diminta jadi pesuruh yah…..ya…suruh ngetik, suruh ngangkat meja dan merapikan seabret file….suruh jaga properti ruangan kerja yang akan ditempati dan parahnya lagi liburnya Cuma tanggal merah…meskipun anak kampus libur saya ndak libur………..sayangnya feenya lagi jadi kendala…bukannya saya itung-itung…namun karena saya sudah dilepas 100% suplai dari ortu 300 rb maaf…..tidak cukup untuk hidup sebulan di Jember dengan seabret titik bengeknya. Maka dari itu saya mencoba untuk hijrah untuk lebih baik meskipun berproses menjadi sukwanan di kota asal saya namun Alhamdulillah…….berkah Allah selalu datang…mungkin karena dekat dengan orang tua yah…..maklum makan dan jajan gratis plus gratis kos pula………… untuk membanggakan kedua orang tua rasanya kurang tertantang jika tetap menjadi penunggu kota asal saya………………maka dari itu saya bertekad hijrah ke ibu kota.

Seya ceritakan semua suka duka saya menjadi tenaga sukwan di aerah saya kepada Nila yang sangat berbanding 6 kali lipat makmurnya. Sampai saya ceritakan tekad saya untuk hijrah ke Jakarta.

Najwa     :”ndul………..enak ya….hidup wes……………..udah dapat 650 rb di sekolah, jualan ol lancar………..ntar lagi mau nikah sama tunanganmu yang udah sukses…………..kamu patut bersyukur ndul………..makanya ndul kabari aku kalau ada temannya tunanganmu yang mapan dan sholeh buat aku” kataku sambil tertawa kecil

Nila                  :”temannya tunanganku udah pada nikah semua Ndul………….memang susah ya…dapatnya kalau udah dunia kerja….ruang lingkup pencarian jodoh jadi lebih sempit beda saat kuliah ya?”

Najwa     :”yah….meskipun masa kuliah dulu aku juga susah dapatnya ndul……………iya kalau kamu hehehehe”kataku meledeknya

Nila                  :”hehehehe kamu ada-ada saja ndul………….oh ya kamu dapat THR (Tebar Hadiah Ramadhan) gak dari sekolah kamu?”

Najwa               :”alhamdulillah dapat parcel mini aja…uang kagak ndul maklum sekolah tempat ngajarku belum maju beda sama kamu, ndul aku pengen hijrah ke Jakarta pengen rubah nasib….jujur aku pengen sukses ndul kelak jika sudah nikah aku pasti come back ke dunia ngajar itu kan sudah jurusanku ndul………..aku pengen cari pengalaman meski diluar jurusanku…..”

Nila                  :”ya Allah ndul.jauh banget ndul…………….trus kamu gak pulang-pulang pas.gaya neh ntar jadi gadis metropolitan….hehehe”

Najwa     :”lah trus…bandara Soekarno-Hatta itu buat apa…hehehe”

Nila                  :”kamu ndul……….gaya ae,,,,,hehehe…ya ndul aku dukung kamu…kamu kerja dulu di Jakarta buat ngumpulkan modal…sapa tau kamu ketemu jodoh pengusaha dan nikahin kamu….aku yakin kamu pasti  bisa sukses ndul…………..entah jalanmu itu ketemu produser pas kamu jadi artis terkenal…dan kamu bisa sukses…aku sangat yakin kok…. karena kamu giat…..di kampus kamu dapat sembarang ndul…………..makanya kamu sukses studinya di kampus……”

Najwa               :”kamu sangat yakin padaku…ndul…kamu aja bisa yakin…aku kok awalnya gak yakin…mendengar semangat mu itu aku jadi sangat yakin ndul……….aku bisa sukses amin….”

Nila                  :”amin……………….pasti ndul aku dukung kamu kok”

Najwa               :”makasih doanya…aku Cuma cerita ke kamu jangan bilang-bilang ke yang lain ndul……….”

Nila                  :”ok ndul…………….sukses ya ndul jangan lupa sama aku ya?”

Najwa               :”kamu juga ya?….makasih ndul”

Itulah percakapan singkat antara aku dan sahabatku lewat telepon……….mendengar semangat dn keyakinan dari dia bahwa SAYA AKAN SUKSES  ADRENALIN INI JADI TERPACU UNTUK MENGGAPAI SUKSES……….BISMILLAHIRROHMANIRROHIM…………….YAKIN BISA SUKSES DAN MENGGAPAI IMPIAN DAN HARAPAN MENJADI ASA PASTI DI BUMI  IBU KOTA INDONESIA TERCINTA “JAKARTA”………..

JAKARTA NAJWA COMING…………….SUATU SAAT SAYA PASTI MENJADI PRIBADI SUKSES DAN BERSYUKUR ATAS KESUKSESAN……….SAATNYA MEMETIK BINTANG DI LANGIT JAKARTA……….SEMANGAT…………..

Bagian 5:  Galau yang tidak terkontrol bisa jadi bumerang…..

 Sahabat ku…jalanmu masih panjang jangan sia-siakan hidupmu dengan menjadi korban cinta yang semu   

Begitu dahsyatnya efek dari cinta itu…..kenapa tidak dahsyat….dengan adanya cinta orang yang awalnya maling handal insyaAllah berubah menjadi pria sholeh…..orang yang awalnya awut-awutan yang notabene adalah penampilan brutal tidak karuan dengan dia jatuh cinta kepada seorang putri ustadz…..bukan insayaAllah lagi tapi Masya Allah….bisa berubah menjadi pria sholeh yang alim. Ini bukan ungkapan semata tapi sudah beken kan….di sinetron-sinetron televisi layar kaya yang menemani rumah kita. Sebut saja salah satu judul sinetron kejar  tayang  yang biasa tayang di bulan Ramadhan yaitu Kiamat sudah dekat…dimana dulu diperankan oleh Andre Taulani yang  jatuh cinta pada Zaskia Adya Mecca yang menjadi putri pak ustadz yang diperankan oleh Dedi Mizwar. Saya yakin sinetron tersebut terilhami dari kehidupan nyata. Subhanaallah….begitu dahsyat…. dampak adanya cinta itu sehingga membuat seseorang yang awalnya berkelakuan  kurang baik menjadi insan yang lebih baik…. namun cinta juga memiliki efek yang negatif jika salah memaknai cinta sejati. Cinta tidak pernah salah….. justru yang salah adalah insannya dalam memaknai cinta suci itu sendiri. Karena sejatinya cinta itu adalah anugrah dari Allah untuk semua insannya yang hidup di alam semesta.

Tak jarang banyak bunga yang berguguran sebelum berkembang….korban nafsu setan yang mengatasnamakan cinta. Suatu misal…..banyak kisah remaja yang nekad bunuh diri karena sudah mentok cintanya sama Sang pacar…sampai mengorbankan “ke perananannya” karena sudah “terlanjur cinta” karena Sang pacar belum siap bertanggung jawab, maka dia bertindak kabur saja dengan tanpa tanggung jawab yang harus dilakukan itu. Masa depan sang bunga sudah dirusak. Sungguh…kejam sekali nafsu setan itu….yang mengatasnamakan cinta.

Cerita temanku Mega bunuh diri curhat ke aku gara-gara ditinggal cowoknya sampai hamil dan keguguran  aku sarankan untuk mendekatkan diri pada Allah dengan membaca AL-Qur an sebagai penenang jiwa.Berikut kisahnya.

Mega adalah teman se kelasku semasa kuliah. Dia tipe cewek yang sangat peduli penampilan, fashionable, periang, royal, dan baik. Selama 2 semester di tahun pertama kita kuliah…dia tampak semangat kuliah, tak heran jika dia selalu menjadi orang yang selalu mengajukan pertanyaan yang berkualitas selama teman kelas ku presentasi. Akupun juga tak luput dari pertanyaan yang berkualitas dari dia. Kadangkala aku dan  tim presentasiku kelabakan jika menjawab pertanyaan yang dia ajukan. Tapi setelah 2 kali penjelasan dan ditambah fakta pendukung dari beberapa referensi Alhamdulillah dia bisa menerima jawabanku. Sikap Mega yang pro aktif selama di kela tidak berlangsung lama. Di semester pertengahan tahun kedua tepatnya semester 3 sikap pro aktif dia mulai mengalami perubahan. Dia jarang mengajukan pertanyaan yang berkualitas, sikapnya di kelas jadi pendiam, murung, dan parahnya dia malah nonton video “biru” di laptopnya saat perkuliahan. Makanya dia senang sekali duduk di belakang. Aku tahu aksi parahnya itu dari Mery teman akrab dia yang juga satu kelas denganku. Untung aksinya tidak diketahui oleh dosen…jika diketahui , “wah aku tidak bisa bayangkan apa jadinya?”.

Bahkan Mega tak sungkan melakukan aksi yang melanggar norma kesopanan yaitu dia mencuri dompet dan ponsel teman-teman saat praktikum berlangsung. Aksi jahatnya itu diketahui oleh dosen dan asisten praktikum. Dia diberi sanksi yang tegas. Yaitu tidak boleh mengikuti praktikum dan kuliah dosen yang bersangsutan selama 3 minggu. Dia nyaris mengulang mata kuliah itu di semester ganjil tahun depan. Untung dia bisa mengejar ketertinggalannya dengan mengikuti praktikum susulan dan meminjam catatanku serta mengerjakan tugas kuliah denga rajin. Pernah dia datang ke kosan sambil curhat masalah serisunya. Sebelumnya dia mengirim pesan singkat melalaui ponselnya.

Mega               :” Assalamu’alaikum…Naj…ntar siang kamu ada acara ga’?”

Najwa              :” Walaikumsalah….ga’ ada kenapa Meg?”

Mega               :”gak apa-apa…rencananya aku ingin ke ksanmu mau tanya-tanya tugas kuliah….dan sekalian aku pengen curhat bisa gak ya? Kamunya?”

Najwa              :”bisa…jam berapa mau ke kosan?”

Mega               :”gimana kalau jam 1… bisa?”

Najwa              :”ok aku tunggu yah?”

Percakapan lewat sms pun berakhir. Aku melanjutkan aktivitas merapikan kosanku karena hari minggu bagiku hari untuk bersih-bersih..maklum aku jarang pulang jika weekend karena males naik bis pulangnya cuma sebentar di rumah. Jadi aku manfaatkan hari minggu untuk merapikan kosanku. Tak lama kemudian setelah aku usai mengerjakan pekerjaan kosanku. Mega langsung menelponku.

Mega               :”Assalamu’alaikum Naj…??”

Najwa              :”walaikumsalam Meg…kamu ada dimana?”

Mega               :”aku di depan kosanmu….turun donk…”

Najwa              :”bentar Meg…kamu ke sini bawa motor kan?”

Mega               :”iya kenapa Naj…?”tanya Mega dengan penuh penasaran

Najwa              :”ga’ kenapa-kenapa sih…..?  kalau kamu                     kamu gak keberatan mau gak anterin aku cari maem…ku belum maem siang neh….”

Mega               :”ngapaen cari maem orang udah aku bawain dua bungkus nasi dan lauk plus snack buat kita berdua”

Najwa              :”Ah..yang bener kamu Meg….?”

Mega               :”iyalah bener masak mau boong…..”

Najwa              :”makasih ya”

Mega               :”iya sama-sama…udah samperin aku ntar lumutan neh hehehe”

Najwa              :”ok tunggu yah….”

Teleponpun berakhir. Aku langsung menuju Mega yang menungguku di depan kosanku.

Najwa              :”maaf ya say lama nunggunya…”

Mega               :”iya gak apa-apa kok….”

Najwa              :”wah jadi merepotkan kamu nih…pake dibawain makanan…”

Mega               :”ah gak masalah kok nyantai aja say…” say…aku kayaknya mau nginep kosanmu boleh gak….?”

Najwa              :” boleh-boleh aja sih…lagian mbak kosku baru besok pagi mau datang…jadi kamu bisa tidur di ranjang mbak kosku, tapi maaf kosanku gak sebagus kosanmu”

Mega               :”gak apa-apa kok…..beneran kan aku gak ganggu kamu?”

Najwa              :”gak kok….nah….udah sampai kamarku silahkan masuk”

Mega               :”ok…maem dulu yuk…”

Najwa              :’siap say…”

Kami berdua menyantap makanan yang di bawa Mega…usai makan, aku pamit sholat ke Mega. Dia gak sholat karena berhalangan. Seusai aku sholat, Mega menyalakan  netbooknya. Dia mulai mengotak-ngatik file-file di netbook nya. Lalu dia memulai obrolan denganku.

Mega               :” Naj…aku ada film bagus….mau nonton bareng ga’ nyesel loh…kalau ga’ nonton?”

Najwa              :”emangnya mau nonton fil apa…bollywod kah?’

Mega               :”kamu kok nanya bollywod mulu…ga”bosen tah?”

Najwa              :”ya gak lah…eh katanya mau tanya tugas kuliah…ini malah ngajakin nonton film”

Mega               :”oh iya hampir lupa ngerjakan tugas dulu yah?”

Najwa              :”ya  pastinya…”

Mega               :”ok….” sambil membuka catatan kuliahnya

Najwa              :”emangnya kamu kesulitan apa Meg dalam tugas ini?”

Mega               :”ini Naj…soal bio kimia yang kemaren itu loh kan aku disuruh mengerjakan tugas tambahan karena aku telat…ini masalah fotosintesa yang belibet tahapannya…aku belum paham tahap-tahapannya. Aku disuruh buat paper mengenai tahapan reaksi fotosintesa”

Najwa              :”emangnya kamu gak ditugaskan secara spesifik ta…tumbuhan apa yang akan dibahas tahapan reaksi fotosintesisnya?”

Mega               :” kemaren aku gak nyimak….hehehe”

Najwa              :”ya udah kamu sms dosennya dulu ya?”

Mega               :”ok” sambil mengirim sms kepada dosen pengampu matakuliah biokimia

Tak lama kemudian Mega memulai topik pembicaraan kita yang sempat terhenti.

Mega               :”Naj…katanya dosenku…aku disuruh membahas tumbuhan CAM Naj”

Najwa              :”ok…kamu bawa modem ga” kita cari referensinya di via on line’

Mega               :’bawa donk….”

Najwa              :”aku ada buku biokim tapi fotosintesa secara umum…bisa juga buat tambahan”

Mega               :”ok Naj…makasih ya…”

Najwa              :”sama-sama…

Kamipun sibuk mengakses artikel yang terkait dengan tugas Mega…setelah beberapa lama kita menjadi penjaga monitor…eh dapat juga beberapa artikel.

Najwa              ;”gimana udah paham kan…cara cari artikel yang lumayan ok untuk tugasmu?”

Mega               :”iya Naj…makasih yah…..aku jadi paham caranya kok…yang aku bingungkan gimana cara menyusun beberapa artikel dan ditambah bukumu ini untuk jadi paper yang ok”

Najwa              :”kamu baca dulu…lalau kamu ambl intisarinya kemudian jika diartikel yang lainny ada informasi yang tidak didapat pada artikel yang satunya kamu ambil untuk dijadikan penjelasan tambhan begitu dengan artikel yang lain yang belum dibaca. Gimana paham?”

Mega               :” iya Naj aku paham…”

Selang beberapa waktu percakapan kami tidak berlanjut karena Mega asyik menyusun papernya. Dan tak lama kemudian dia balik bertanya kepadaku.

Mega               :”Naj…..gini ya…bagus gak susunan paperku…?”tanyanya dengan penuh penasaran

Najwa              :”bentar ku lihat…”sambil memindahkan kursor dengan mouse netbooknya.

Mega               :”gimana Naj…malah bengong..”

Najwa              :”iya say…sabar kan masih ku lihat…ok lumayan…sippp!”

Mega               :”lumayan sipp gimana maksudnya?”

Najwa              :”iya bagus kok…”

Mega               :”beneran Naj….kamu gak boong kan?”

Najwa              :”beneran kok…ngapaen aku boong Meg…”

Mega               :”ok makasih….oh ya gimana cara nulis daftar pustaka referensi dari online?”

Najwa              :”mau tau aja apa mau tau banget…”godaku kepada Mega

Mega               :”Najwa….serius neh…”kata Mega dengan wajah yang serius.

Najwa              :”iya…say jangan marah…kasih tau gak ya?”

Mega               :”NA-J-WA…………….plis deh?”dengan ekspresi geram

Najwa              :”iya Meg…ku kasih tau dah…gini….kita liat dulu ada nama pengarangnya atau ga…trus liat tahun postingnya…lalau beri titik dan tulis judul artikelnya kemudian tulis kata on line lalu copas (copy paste) alamat websitenya. Terakhir jangan lupa beri kata diakses tanggal sekian….gitu paham?”

Mega               :”oh…gitu “sambil mencari nama dan tahun di website  artikel kemudian dia menggodaku dengan bertanya,” Naj ntar ku beri kata diakses tanggal sekian ya ?”

Najwa              :” ya jangan tanggalnya sesuai tanggal akses masak tanggal sekian…”

Mega               :”lagian kamu Naj…..aku serius kamu jawabnya bercanda…”

Najwa              :”maap ya say…”

Mega               :”iya aku maapin….”

Najwa              :”sekarang artikelnya mau rampung…ku mandi dulu yah…mau sholat ashar ntar lagi”

Mega               :”ok”

Aku meninggalkan Mega di kamarku untuk pergi ke kamar mandi. Usai mandi aku kembali ke kamar. Kulihat Mega asyik mengutakngatik netbooknya. Lalu aku sapa dia.

Najwa              :” he,,,,,serius banget sih…liat apa-an?”

Mega               :”ih kamu bikin aku kaget aja Naj…..”

Najwa              :”iya maap ya Say…..abisnya kamu serius banget…gimana udah kelar papernya?

Mega               :”udah donk…makasih ya Say…?”

Najwa              :”sama-sama…ku sholat dulu ya say…?”

Mega               :”ok…”

Mega ku inggal dengan kesibukannya. Aku sholat ashar. Selesai sholat…dia mengajakku keluar untuk hunting baju di mall.

Mega               :”say…mau gak ikut aku ke mall…bosen neh di kosan mulu…tar ku traktir kamu milih 1 baju atasan deh..”

Najwa              :beneran say….maksih ya?”

Mega               :”sama-sama”

Kamipun bergegas bersiap-siap untuk berangkat ke mall terdekat. Dengan mengendari motor  yang dibawa Mega. Sesampainya di mall. Mega memilih beberapa potong baju atasan. Begitupula aku memilih sepotong baju yang dibayari Mega. Setelah selesai berbelanja Mega mengajakku ke cafe yang ada di Mall dan ternyata di meja nomor 5 ada seorang cowok yang ganteng banget Mega mengenalkan cowok itu.

Mega               :”kenalin Naj…ini Aldo cowokku…Aldo ini Najwa sahabatku”

Aldo                :”Aldo…salam kenal”sambil menjulurkan tangannya.

Najwa              :”assalamu’alaikum…..Najwa” sambil memberi hormat ala muslimah tanpa menjulurkan tangan.

Mega               :”EH ….Beb…kok bengong ayo jangan bilang kamu suka ma sahabatku ini”goda Mega kepada Aldo.

Aldo                :”ya gak lah sayang aku kan udah ada kamu…hehe he”

Najwa              :”kamu Meg…apa-apa sih…ada-ada aja kamu”

Mega               :”he he he…yuk duduk…oh ya Najwa mau pesan apa?”sambil memberikan buku menu makanan.

Najwa              :”capucino aja….”

Mega               :”ok…gak sama snak stick kentang Naj….udah gak usah malu-malu…ini Aldo yang traktirin kok…..kamu apa Beb….”

Aldo                :”apa aja…dah Beb…ikut kamu aja”

Najwa              :”ok….mbak….”sambil mengacungkan tangan memanggil pelayan di cafe itu.

Setelah makanan dan minuman di pesan. Kami bertiga makan dan minum menu yang telah dipilih.

Najwa              :”maaf ya Meg…aku jaadi pengganggu neh….ikut kalian pacaran” kataku sambil mencairkan suasana yang senyap sesaat.

Mega               :”ah gak apa-apa kok say…nyantai aja…kayak ke orang yang baru kenal aja kamu…gak ap-apa kan Beb?”

Aldo                :”iya gak apa-apa…..nyantai aja kok Naj…oh ya Sayang? Sebentar lagi ikut aku ke kontrak-an…aku kangen neh….?”

Mega               :” iya Beb…tapi gak apa-apa kan aku ajak Najwa sekalian…soalnya aku ntar malem mau nginep di kosan Najwa”

Najwa              :”gak apa-apa kok….aku pulang naik taxi sendiri…kalian lanjut aja…”

Aldo                :”aduh…kamu kok gitu seh…ikut aja lah…kontak anku gak ada teman-teman…aku free…teman-teman kontrak-anku pada pulang ke kempungnya. Jadi kamu nyantai aja yah…?”

Mega               :”iya Naj…bentar aja kok…mau ya?” bujuk Mega kepadaku.

Najwa              :”gak ah…ntar aku ganggu kalian…”

Mega               :”gak kok…kamu nonton TV di ruang tamu aja…gak bakalan  ganggu kok..nyantai aja deh… masa” aku tega membiarkan kamu pulang sendirian naik taxi ya gak lah…bentar aja ya mau kan?” bujuk Mega pake muka memelas….

Najwa              :”ok deh aku mau ikut kalian…tapi bentar aja ya?”

Mega               :”ok……makasih…..Naj”

 

By aimarusciencemania

RPP K13 prakarya dan kewiraushaan ASPEK REKAYASA MEMBUAT TEMPAT PINDAH GELAS

ASSALAMUALAIKUM WR WB

CONTOH rpp prakarya

Lembar Diskusi Siswa. dan post test rekayasa docx RPP aspek pengolahan bahan nabati silabus aspek olahan nabati silabus aspek rekayasa silabus aspek rekayasa tempat amdk LDS BUDIDAYA TANAMAN HIAS LKS PEMBUATAN TERRAIUM RPP aspek olahan 3.3 RPP BUDIDAYA TERANIUM RPP P dan K aspek kerajinan menyulam Silabus aspek budidaya doc silabus aspek kerajinan semester 2 silabus aspek olahan 3.3 silabus aspek kerajinan semester 2 RPP P dan K aspek kerajinan menyulam

By aimarusciencemania