edisi valentine day NOVEL AI: Masa Putih Abu- Abu No Pacaran

Ta’arufan dulu yuk………………….

Hari terus berganti hari, bulan terus berganti bulan, tahun terus berganti tahun. Tak kalah pula aplikasi di sosial media silih berganti datangnya. Mulai dari dari Friendster, Facebook, We Chat, Line, Whats App, BBM, Kakao, dan masih banyak yang lainnya. Tapi status jomloku kok belum berganti yah….. mulai aku SD sampai lulus kuliah masih aja ngejomlo. Hay kenalkan nama aku Ani. Usiaku 23 tahun, teman- temanku bilang aku ini anaknya bawel, imut, lucu, unik,centil, ngangenin, dan ngomongku cepet kayak kreta gak ada remnya itu sih kata dosen idolaku umi Witri ya…meski sedikit egois tapi aku sedikit peka kok terhadap orang lain, jadi aku bisa tau mana orang yang suka dan mana yang agak gak suka ma aku….so aku tau cara bersikap. Saat itu aku sudah menyandang gelar Sarjana, meski belum lengkap satu bulan pasca wisuda. Jadi aku udah dapat lampu ijo untuk pacaran alias diijinin gitu ma ortu. Ortuku bukan gak punya alasan yang gak masuk akal gak ngijinin aku pacaran saat aku masih sekolah alasan mereka adalah agar aku fokus sekolahnya dan bisa jadi yang terbaik. Gak sombong nih sob? Aku selalu jadi bintang kelas dari SD sampai lulus kuliah. Di bangku kuliah aku lulus dengan Indeks Prestasi (IP) perfect lho??? Maaf bukannya sombong ya sob? Alhamdulillah aku lulus dengan IP 4,00. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa karena aku di dukung oleh orang tuaku dan super heroku kakandaku tercinta baik secara moral maupun materil. Meski aku kuliah di salah satu universitas swasta yang ada di kota Jember. Tapi aku bersyukur aku bisa kuliah dengan segala keterbatasan ekonomi dan aku kuliah di perguruan tinggi pilihan ayahku. Perjalanan memperoleh IP perfect  itu gak semudah membalikkan telapak tangan lho? Butuh perjuangan, doa, dan ikhtiar yang tiada henti disamping juga dukungan dari ortu dan kakakku. Sempat yah sob? Aku ngulang 2 mata kuliah yang dapat B. Meski banyak cibiran dari teman- teman yang bilang aku ini sok rajin dan sok carmuk alias cari muka sama dosen tapi ku jalani dengan ikhlas, sungguh- sungguh, dan lapang dada. Tapi hati kecilku selalu berkata, “ Kenapa dulu ku dapat B, padahal tugas selalu ngumpulkan, selalu hadir bahkan duduk di depan biar mantap dengar penjelasan dosen, dan ujian aku bisa jawab, Whats Wrong, Ya Robb?? Tapi ku selalu optimis ku pasti bisa melaluinya dan memperbaikinya”. Kebetulan aku mengulang 2 mata kuliah itu tidak bersamaan di satu semester karena mata kuliah yang bersangkutan dua- duanya ada di semester gyang berbeda alias ada di semester ganjil dan semester genap. Setelah satu semester berlalu aku melihat di papan pengumuman di fakultas, aku dapat nilai A untuk satu mata kuliah yang ku ulang yang ada di semester ganjil. Lega rasanya hati ini sob? Namun ada masalah sedikit sob? Aku dan teman- teman yang satu ruang waktu ujian dapat C semua di matakuliah yang di ampu pada semester 7 termasuk aku. Alangkah kaget bagai petir di siang bolong waktu itu. Kemdian aku dan teman- teman bergerak untuk menuntut keadalian pada dosen yang bersangkutan sampai ke pihak rektorat. Meski berlangsung alot, alhasil kami semua bisa mengikuti ujian ulang tanpa bayar sepersenpun karena memang kesalahan ada di pengawas yang asal tulis di berita acara bahwa kita menyontek massal. Wah????? Kasus………..bahaya nih sob kayak yang gak ada kerjaan aja nyontek kok di buat massal gak kalah sama nikah dan sunat massal kalau itu hal positif yah gak apa- apa. Nah ini nyontek massal kok tega bener pengawasnya yah kayak yang gak pernah jadi mahasiswa aja…..kagak mungkin mahasiswa nyontek massal mah?? Gimana cara nyontek massal kita kan dijaga 3 orang dalam satu ruang. Kalau beneran terjadi, nah? 3 orang itu ngapain aja? Tidur yah kali?….meskipun gak semuanya dapat nilai bagus tapi Alhamdulillah kita bisa buktikan ke 3 pengawas itu bahwa yang mereka tuduhkan kagak bener. Bersyukur aku dan beberapa temen dapat A. Kemudian aku ikut program semester akhir alias semester 8 yang normal, sorry sob? Bukan apa- apa nulis semester 8 alias semester normal karena kita semua tentu berharap yang normal-normal aja kan?. Aku konsultasi dulu sama kakanda tercinta yang ada di Bali lewat telepon. “ Gimana cak (sebutan kakak untuk orang madura) adek mau program nih ke semester 8 , apa perlu adek ngulang mata kuliah yang dapat B di semester 6 lalu?”. Nah, kata cacakku, “ emang boleh ngulang meski nempuh skripsi, kalau boleh ya ulang aja kan sayang bayar mahal- mahal, usahakan dapat A yah?”. Langsung aja ku jawab,” OK, bosss, doakan adek yah biar lancar.” Selepas menutup telepon aku langsung mengisi kartu rencana studiku dengan melingkari skripsi dan mata kuliah yang ku ulang itu. Enam bulan aku jalani bersama adek- adek tingkatku, jujur berat juga, di saat yang lain hanya fokus skripsi, aku harus terpecah pikiranku dengan kuliah yang mengulang dan alhasil aku lulus dengan nilai A tanpa harus ikut ujian akhir semester. Hal ini terjadi dengan pemberian tugas pengganti dikarenakan aku harus segera daftar ujian skripsi dengan syarat nilai mata kuliah yang ku ulang harus keluar. Singkat cerita aku di wisuda dan aku lulus dengan IP perfect sekaligus aku dinobatkan sebagai wisudawan teladan. Subhanallah kebahagian yang tak bisa di lukiskan dengan kata-kata yang bercampur dengan haru saat ayah dan kakakku menemani ke panggung saat menerima penghargaan dari rektor. Aku memang beda sendiri teman- teman wisudawan lainnya yang maju menerima penghargaan sebagai IP tertinggi bersama ayah dan ibunya masing-masing. Aku bersama ayah dan kakakku. Bukan berarti ibuku gak hadir. Ibu nunggu diluar bersama keluarga dan jaga cucunya.

Namun happy ending perjalanan memperoleh IP perfect itu masih belum terealisasi sebanding atau tidak dengan persoalan jodohku. Disini akan aku ceritakan sob? Lika-liku aku dalam menanti jodohku. Harapan dan keyakinan aku pasti masalah jodoh akan berakhir happy ending juga. Bismillahirrohmanirrohim…………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagian 1:

Masa Putih Abu- Abu Tanpa Pacaran

 

Mentari pagi kala itu sedang berseri menyinari pagi, Ani dengan semangat membawa berkas map merah kertas yang berisi persyaratan mendaftar ke SMA yang menjadi favorit di lingkungan desa saat itu. Dengan diantar ayah tercinta yang selalu setia menemaninya, mereka berangkat. Setiba di halaman SMA, Aini dan Ayah sangat kaget melihat sekurumunan orang yang mendaftar di SMA waktu itu. Kemudian Ani menyerahkan berkas persyaratan dan  mendapatkan nomor test. Seusai mendaftar aku berkeliling melihat keadaan sekolah bersama Ayah, di tengah-tengah berjalan menyusururi semua sudut seklolah Ayah berkata padaku, “ Nak!, kalau kamu memang benar-benar niat ingin sekolah di sini, maka kamu harus janji sama ayah, sekolah yang benar, gak usah pacaran. Biar konsen sekolahnya. Ayah bukan orang kelebihan uang menyekolahkanmu ndok? Jadilah yang terbaik…..”. Mendengar petuah dan pesan dari sang ayah, aku jadi diam terenyuh dan merenung. Alam hatiku berkata “ Insya Allah Yah. Doakan Ani pasti bisa jadi yang terbaik.”

Di tengah perjalanan melihat sudut sekolah, Aku berjumpa dengan teman- teman yang dari satu SMP yang juga mendaftar disitu. Aku juga sempat berkenalan dengan teman yang bukan satu SMA denganku namanya mbak silvi. Puas dengan jalan-jalan dan berkenalan kamipun pulang.

Keesokan hari, Aku berangkat ke SMA untuk mengikuti tes, hari ini, aku tidak diantar Ayah karena Ayah menjalankan rutinitas bekerja sebagai pedagang ayam kampung. Dengan penuh semangat Aku berjalan kaki menuju jalan raya tempat menunggu angkutan desa. Setiba di halaman SMA aku sangat cemas dan khawatir takut tidak diterima di sekolah yang terbilang favorit itu. Aku melihat teman- teman yang lain banyak yang sudah tiba lebih dulu dari aku. Kemudian aku bergegas menuju ruang tempat tes dan test pun dimulai. Aku mengerjakan soal test dengan hati- hati dan  teliti, lumayan sulit juga.  Seuasai test akupun pulang dengaan penuh harapan agar aku diterima di SMA itu.

Hari yang dinantipun tiba, pengumuman nama murid baru yang dinyatakan lolospun dipampang di mading dan papan pengumuman. Dengan berdesak- desakan akupun terburu-buru untuk melihat hasil testnya. Alhamdulillah Aku masuk urutan kke tujuh dari ratusan murid baru yang diteriama. Kemudaian para murid baru yang diterima diwajibkan datang besok pagi untuk megikuti pengarahan masa orientasi siswa baru (MOS).

Keesokan harinyapun aku berngkat kesekolah menjalankan MOS. Saat MOS ada kisah yang sedikit menyenangkan karena aku harus mengalami kejadian lucu, saat itu aku dan siswa baru lainnya ditugaskan untuk membawa telor ayam dan gak boleh pecah selama 3 hari. Alhamdulillah selama 3 hari itu, telor yang aku bawa tidak pecah. Namun aku dengar ada anak kelas X2 yang memecahkan telornya dan mendapat hukuman yaitu pipi dia di stempel dengan stempel OSIS. Waduh……untung saja bukan aku. MOS tambah seru saat hari ke tujuh dimana saat itu merupakan hari pembalasan. Saat panitia MOS meminta maaf dan meminta pembalasan, kami sepakat untuk meminta sang panitia untuk menyanyi. Dan iapun menyanyi, saat itu kita puas karena bisa membalas keusilan para panitia.

Seusai MOS, aku pulang dengan jalan kaki dari sekolah menuju rumah kebetulan uang sakuku abis dan aku memang sengaja ingin mencoba apa aku kuat jalan kaki sampai rumah dan aku anggap tirakat dalam hati aku berdoa semoga aku bisa sekolah dengan usaha dan mendapatkan hasil yang terbaik. Alhamdulillah aku sampai rumah dengan selamat meski aku akui kakiku tersa gempor sekali. Sesampai di rumah aku salaman dengan ibu dan bapak dan sholat kemudian istirahat. Hari- hari selanjutnya aku jalani dengan senang hati karena resmi sebagai murid yang berseragam putih abu-abu.

Aku masuk di kelas X4 dan kebetulan kelasku di lab fisika maklum….SMA ku jadi favorit di wilayah tempat tinggalku. Aku berkenalan dengan teman-teman dan menjalani keseharian sebagai murid hingga 1 tahun berlalu kami harus terpisah karena ada penjurusan. Aku terpilih dan lolos masuk di kelas XI IPA2 dan kebetulan aku sekelas dengan seorang teman cowok yang dapat dikatakan bahasa inggrisnya ehmmm….amazing!!! sebut saja namanya Nicky. Banyak kisah lucu dan menyebalkan tapi ngangenin sekali bersama dia dan teman-teman IPA 2 karena kami menjalani kehidupan 1 kelas selama 2 tahun sampai kelas 3.

Nah…..di bagian 2  ini akan diceritakan kisah unik lucu dan menyebalkan tapi ngangenin bersama Nicky dan teman- teman IPA 2,,,,SIMAK YAH????

 

Bagian2 : Rivalku kekasihku gak kalah ma sinetron FTV….

Nah….kisah ini terjadi saat SMA, meski aku gak nganggap dia pacar tapi dia nganggap aku pacarnya karena  dia udah berkali-kali nyatain cintanya berkali-kali ma aku tapi aku gak jawab. Aku gak berani pacaran kan masih SMA waktu itu dan juga belum dapat lampu ijo dari orang tuaku. Dia anaknya pinter dan bahasa inggrisnya OK banget tapi agak kemayu seh katanya temen-temen. Tapi aku gak menilai dia seperti itu.

Gara- gara pinter banget bahasa inggrisnya dia sempat menyandang gelar Runner up I disalah satu ajang duta pariwisata kota Probolinggo. Aku sempat kagum ma dia tapi aku selalu tutupin ke teman- teman. Karena aku malu, dia salah satu golongan anak yang berkelas di kalangan teman- teman sedangkan aku anak orang biasa. Kami sempat 1 kelas selama 2 tahun, aku gak tahu dia tulus apa enggak nyatain cintanya karena aku sempat dengar dari teman-teman kalau dia menyatakan cinta ke aku Cuma mau nyoba apa aku akan turun nilai raportnya kalau aku pacaran. Memang aku ma dia selalu kejar kejaran rangking di kelas aku 1 dia 2 di kelas. Hingga akhirnya kami terpisah karena dia diterima di UGM Jogja yang berkelas itu. Aku awalnya minder ma dia karena aku daftar bareng dia aku gak lolos karena beda jalur pemilihan pendaftarannya. Terakhir ketemu dia pas lebaran kurang 1 hari tahun 1434 H kemaren dia nganterin coklat ke rumah. Jujur aku pangling ma dia karena dia keren banget…udah gak gendut lagi. Pasti banyak cewek yang ngantri aku gak masuk daftarnya dia. Dia sempat ngajak kuliah bareng S2 di luar negri ikut beasiswa, dia yakin aku pasti bisa. Aku juga yakin aku bisa. Tapi melihat kondisiku sekarang yang gak terlibat lembaga atau instansi yang mau mensponsori aku untuk lanjut S2 di luar negri kayaknya pending dulu. Suatu saat aku pasti bisa.AMIN,,,,,

Soundtrack Lagu BUMIKU jadi kenanganku

Sampai sekarang dia lose contack ma aku, cuma pernah nelpon saat aku ada di jember dia minta notasi lagu bumiku yang menjadi andalan saat di SMA karena menjuari di cipta lagu lingkungan hidup tingkat kota tahun 2008 kemaren. Tapi karena aku memang gak pegang notasinya dan aku bilang jika notasi lagu bumiku ada di website ku dia langsung mematikan telponnya.seneng campur haru saat di telp dia. Tapi yah….dia udah gak inget aku lagi. Sempat aku mimpiin dia nyatain ingin merit ma aku tapi itu cuma bunga tidur. Entahlah ku pasrah semoga dia baik- baik aja dimanapun dia berada semoga dia sukses dan inget aku, serta akupun juga sukses AMIN…..

Ini rangkaian kata dari lirik bumiku yang ku ingat….

Mengapa Engkau biarkan ……

Tangan-tangan nista menyakiti bumiku….

Bumiku kini tak sehijau lagi….seperti dulu

Tak seindah lagi seperti dulu

Keangkuhan yang membuat kita

tak dapat membaca keadaan dunia

Sehingga sang surya

tak seramah lagi menyinari oh menyinari dunia…..

Reff

Mungkin…..ini kehendak Mu….

Membuat bumiku mengering menangis…..

Mungkin kita harus sadar tentang dosa-dosa

 

Marilah…………. kawanku…kita tingkatkan gerakan sejuta tanaman…..

Yang kan slalu….. membuat bumiku seindah syurga…

Maaf yang om Deddy Firmansyah yang menciptakan lagu ini aku gak ingat semua liriknya tapi kata-katanya yang ku ingat cuma itu….Tapi aku dapat lirik lagumu dari grup di facebook begini nih liriknya…………

 

Iklan
By aimarusciencemania

SOAL IPA KELAS 9 SMP SEMESTER GANJIL

                                                 PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL

SmP ISLAM NAZHATUT THOLIBIN

LIPRAK WETAN BANYUANYAR PROBOLINGGO

TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  1. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar, dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf a , b , c , atau d !
  2. Organ tubuh yang bertanggung jawab untuk mengatasi zat racun yang masuk ke tubuh adalah……
  3. Ginjal
  4. Kulit
  5. Hati
  6. Paru-paru
  7. Perhatikan gambar berikut!

 

B
A

Secara berturut-turut A dan B adalah sebagai tempat dari berlangsungnya proses…..dan….

  1. Filtrasi,augmentasi
  2. Augmentasi,filtrasi
  3. Reabsobsi,augmentasi
  4. Augmentasi,reabsobsi
  5. Perhatikan gambar berikut!

Bagian yang ditunjuk huruf X berfungsi sebagai penghasil minyak supaya kulit dan rambut tidak kering bagia tersbut adalah….

  1. Kapiler darah
  2. Kelenjar keringat
  3. Lapisan lemak
  4. Kelenjar minyak
  5. Perhatikan gambar berikut!
D

 

 

Tempat pematangan dan penyimpanan sperma yang disebut epididimis ditunjukkan oleh huruf…

  1. D
  2. C
  3. B
  4. A
  5. Perhatikan gambar berikut!

Tempat perkembangan dan pertumbuhan janin pada organ reproduksi wanita adalah….

  1. Ovarium
  2. Oviduk
  3. Uterus
  4. Vagina
  5. Perhatikan gambar berikut!

Sel induk terlur disebut….dan bersifat diploid, sel induk telur tersebut membelah secara meiosis I menghasilkan…

  1. Oogonium,ootid
  2. Ootid,oogonium
  3. Oogonium,oositI
  4. oositI,oogonium
  5. perhatikan gambar berikut!

Fase ini  ditandai oleh lonjakan sekresi LH hipofisis, yang memuncak saat dilepaskannya ovum yang matang melalui kapsul ovarium, yang disebabkan oleh konsentrasi estrogen plasma yang tinggi, yang menyebabkan frekuensi denyut sekresi GnRH pada hipothalamus meningkat, sehingga meningkatkan sekresi LH dan FSH, fase ini disebut fase…

  1. ovulatoir
  2. luteal
  3. folikular
  4. menstruasi
  5. neuron yang membawa impuls dari pusat susunan saraf ke efektor (otot dan kelenjar) neuron ini disebut neuron…
  6. sensorik
  7. motorik
  8. asosiasif
  9. otomatis
  10. perhatikan gambar berikut!

Merupakan lapisan paling luar, sangat kuat. Lapisan ini berwarna putih sehingga sering disebut lapisanputih mata, lapisan ini adalah…

  1. bintik mata
  2. koroid
  3. sklera
  4. iris
  5. kornea
  6. perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan gambar diatas, letak rasa manis dan pahit terdapat pada lidah bagian….dan…

  1. tepi, tengah
  2. tengah,tepi
  3. ujung,pangkal
  4. pangkal,ujung
  5. lebah madu dan lalat adalah contoh serangga yang memiliki tipe mulut…
  6. penggigit
  7. penghiap, penjilat
  8. penghisap
  9. penusuk dan penghisap

 

  1. perhatikan gambar berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

serbuk sari jatuh ke kepala putik bunga lain tetapi kedua bunga  itu masih satu pohon disebut penyerbukan…

  1. sendiri
  2. bastar
  3. tetangga
  4. silang
  5. perhatikan gambar berikut!

Gambar di atas adalah contoh perkembangbiakan tanaman secara vegetatif buatan yang terjadi pada tumbuhan melati, perkembangbikan vegtatif butan ini disebut…

  1. mencangkok
  2. okulasi
  3. sambung pucuk
  4. merunduk
  5. kromosom yang menentukan ciri tubuh disebut!
  6. Gonosom
  7. Sentrosom
  8. Autosom
  9. Kromosom

 

  1. pasangan alel yang membentuk suatu sifat ternyata di paindahkan secara terpisah. Denga pengecualian yang jarang terjadi di alam, tidak ada pasangan alel yang secar normal di pindahkan bersama-sama dari satu generasi ke generasi yang lain. Pernyataan tersebut merupakan bunyi hukum…
  2. Newton I
  3. Newton II
  4. Mendel I
  5. Mendel II
  6. Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan perbandingan fenotif F2 di atas maka rumus genotif pasangan induk yang tepat adalah…

  1. MM X mm
  2. Mm X Mm
  3. MM x mm
  4. mm X MM
  5. perhatikan gambar berikut!
A

Kemungkinan F1 memiliki genotif yang tepat adalah…

  1. BBKK
  2. bbKk
  3. BBkK
  4. BbKk
  5. Perhatikan gambar berikut!

Mikroorganisme yang digunakan dalam pembuatan tempe adalah…

  1. Rhizopus oryzae
  2. Aspergillus wentii
  3. Lactobacillus sp
  4. Saccaromyce cervicae
  5. Berikut yang bukan merupakan keuntungan fermentasi adalah…
  6. Menimbulkan aroma dan rasa baru
  7. Menambah nilai gizi pada hasilnya
  8. Dapat mengubah warna
  9. d. rasanya asin
  10. kemampuan setiap sel, darimana saja sel tersebut diambil, apabila diletakkan dilingkungan yang sesuai akan tumbuh menjadi tanaman yang sempurna disebut…
  11. fagmentasi

b.isolasi

c.fermentasi

d.totipotensi

  1. Manakah benda di bawah ini yang tergolong konduktor?
  2. Besi
  3. Tanah
  4. Kayu
  5. Pasir

 

  1. Manakah benda berikut ini yang tergolong isolator?
  2. Besi
  3. Baja
  4. Paku
  5. Kayu
  6. Jika jarak antara muatan kecil berdekatan, maka gaya listrik yang terjadi besar. Sebaliknya jika jaraknya diperbesar/berjauhan, maka gaya listrik yang terjadi kecil. Pernyataan tersebut merupakan bunyi hukum…
  7. Dalton
  8. Lewis
  9. Coulomb
  10. Newton
  11. Dua benda A dan B masing-masing bermuatan listrik sebesar 6 x 10-9 C dan 8 x 10-9C pada jarak 4 cm, maka tentukan gaya tolak menolak antara ke dua benda tersebut!(k= 9 x 102 Nm2C-2)
  12. 2,7 x 10-9 N
  13. 2,5 x 10-9 N
  14. 2,6 x 10-9 N
  15. 2,8 x 10-9 N

 

  1. Dari soal sebelumnya maka tentukan kuat medan listrik pada titik B oleh muatan A
  2. 0,34 N/C
  3. 0,35 N/C
  4. 0,36 N/C
  5. 0,38 N/C
  6. Alat pengukur kuat arus listrik disebut…
  7. Amperemeter
  8. Voltmeter
  9. Tensimeter
  10. Higrometer
  11. Diketahui muatan listrik yang mengalir pada rangkaian tertuttup adalah 200 C dengan waktu 100 detik. Tentukan kuat arus listrik yang ,mengalir?
  12. 2 A
  13. 3 A
  14. 4 A
  15. 5 A
  16. Kuat arus pada sebuah rangkaian listrik sebesar 200 mA. Berapa besar muatan listrik yang mengalir pada rangkaian itu setiap menitnya?
  17. 9 C
  18. 10 C
  19. 11 C
  20. 12 C
  21. Alat yang digunakan untuk mengukur beda potensial listrik disebut…
  22. Voltmeter
  23. Amperemeter
  24. Higrometer
  25. Tensimeter
  26. Sumber tegangan listrik antara lain elemen volta,baterai, aki dan….
  27. Solder
  28. Paku
  29. Besi
  30. Stop kontak
  31. Semakin besar beda potensial listrik, maka semakin besar pula arus listrik yang mengalir. Sebaliknya, semakin semakin kecil beda potensial listrik, maka semakin kecil pula arus listriknya.

Hal ini merupakan bunyi hukum…

  1. Newton
  2. Ohm
  3. Mendel
  4. Lewis
  5. Sebuah lampu pijar dihubungkan dengan beda potensial 12V ternyata timbul kuat arus 0,3 A. Berapakah hambatanfilamen lampu pijar itu?
  6. 10 ohm
  7. 20 ohm
  8. 30 ohm
  9. 40 ohm
  10. Perhatikan gambar berikut!

Gambar di atas merupakan rangkaiaan listrik….

  1. Seri
  2. Paralel
  3. Gabungan
  4. Semi
  5. Dari soal no 13 R1=2 Ώ R2= 3Ώ dan R3=4 Ώ, maka tentukan hambatan total pada rangkaian tersebut adalah …….Ώ
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. Sebuah kalkulator memerlukan beda potensial 3 V.ternayata timbul kuat arus 0,02 A . berapa daya kalkulator tersebut?
  11. 0,06 W
  12. 0,05 W
  13. 0,04 W
  14. 0,03 W
  15. Keluarga mahfud memiliki 4 buah kipas listrik, masing-masing berdaya 50 W. Kipas-kipas tersebut digunakan 10 jam tiap hari. Berapa kWh penggunaan energi listrik untuk kipas tersebut dalam 1 bulan
  16. 10 kWh
  17. 20 kWh
  18. 40 kWh
  19. 60 kWh
  20. Lampu pijar adalah bentuk pemanfaatan energi listrik menjadi energi…
  21. Panas
  22. Gerak
  23. Cahaya
  24. Dingin
  25. Kipas angin adalah salah satu contoh pemanfaatan energi listrik menjadi energi…..

 

  1. Panas
  2. Gerak
  3. Cahaya
  4. Dingin

 

 

  1. Setrika adalah contoh pemanfaatan energi listrik menjadi energi…
  2. Panas
  3. Gerak
  4. Cahaya
  5. Dingin
  6. Perhiasan kalung emas , gelang dan cincing sebelum tampak kusam perlu diperbaharui dengan cara penyempuhan hal ini merupakan pemanfaatan energi listrik menjadi energi…
  7. Biologi
  8. Fisika
  9. Sosial
  10. Kimia

 

 

By aimarusciencemania