naskah drama “terbelit hutang versi anak sekolahan”

Naskah Skenario Drama

“Terbelit Hutang Versi Anak Sekolahan”

Di sebuah sekolah yang tak jauh dari keramaian kota, terdapat sekelompok populasi anak sekolahan yang menimba ilmu di sana. Kegiatan sekolah yang juga memrlukan biaya, seperti: kas kelas, iuran fotokopi soal ulangan, LKs, arisan dll. Pada dasarnya kehidupa sekolahan itu tak jauh beda dengan kehidupan masyarakat dalam hal siklus keuangan. Hutang piutang juga terjadi di sana. Dari ulasan tersebut, kami persembahklan sebuah karya drama amatir yang dikutip dari berbagai sumber, untuk Anmda sekalian, dengan judul “ Terbelit Hutang versi Anak Sekolahan”. Selamat menyaksikan

Mpok Ela:” ya ampun….udah jam segini belum ada yang datang anak sekolahan nih….pade kemane aje ye….padahal bel istirahat udah berbunyi tadi…”

Tak lama kemudian Bintang dan Pandu datang ke Kantin Mpok Ela

Bintang:” pagi mpok Ela…. tambah cantik aja nih…..”sambil tersenyum

Pandu :” iya Bin….kamu bener…tuh lihat mukanya berseri-seri abis dapat undian ya Mpok?”

Mpok Ela:” ye….sok tau kalian berdua…pade mau jadi peramal…eh…Pandu bayar dulu utang nasi pecel sama teh manis yang kemaren dipeen…enak aje….belagak pilon kamu?”

Pandu :” waduh mpok….jangan gitu napa mpok….Pandu lupa bawa uang saku nih….

Mpok Ela:” ntu kan….lagaknya…udah sering gitu…itu lagu baru syair lama….”

Pandu:” sabar mpok….eh bintang pinjem dulu uangnya napa buat bayar utang ke Mpok Ela”

Bintang :” okeh,…..gampang mpok ela ntar totalan belakang ya mpok…sekarang bikinin kita mie pangsit dan teh manis ya mpok gak pake lama ya mpok…..”

Mpok Ela:” siap….ini pesenannya…”

Bintang pun dan Pandu duduk di bangku kantin Mpok Ela. Kemudian Cinta dan  Kasih datang ke Kantin Mpok Ela.

Cinta dan Kasih :” Assalamualaikum mpok Ela….”

Mpok Ela:”walaikum salam neng….mau pesen apa neng?”

Cinta :” bentar mpok… oh ya kamu mau pesen apa kasih?”

Kasih:” apa aja boleh ikut kamu aja Cin”

Mpok Ela:” lah…neg berdua kok malah diskusi kayak belajar kelompok aje ye?”

Cinta:” ah Mpok Ela bisa aja…kita pesen soto ayam dan teh manis ya mpok?”

Mpok Ela:”bentar ya,….duduk neng?”

Setelah itu Cinta dan Kasih duduk di bangku kantin mpok Ela…Ocay dan Oci datang menghampiri bangku Bintang dan Pandu

Ocay :” hey…serius amat makannya” sambil menepuk bahu Bintang dan Pandu

Oci: Tau nih… serius banget makannya, gak ngajak ngajak loh…!”

Bintang :” eh Ocay bikin kaget aja nih kalian…”

Pandu:”iya nih….untung kita gak jantungan kalau kita jantungan bisa pinsang kita”

Ocay:”bukannya pingsang itu kaki nya ilang satu itu yah…”

Oci:” itu mah pincang…Ocay…”

Ocay:” oooo kirain sama sejak kapan diganti?”

Bintang:” udah…udah…ngeladenin ocehannya Ocay kagak bakalan kelar kayak stand up komedi aje kamu…”

Pandu:”iya nih…mending sini duduk gabung kita…”

Ocay dan Oci:” oke siap…eh udah pesen belum….”

Pandu :” udah…. lah ini pada makan”

Ocay:” mpok samain ya…pesananku sama bintang dan pandu”

Oci: “aku juga deh mpok”

Mpok Ela: “ ya ya sabar ya…”

Tak lama kemudian pesenan mereka pun diantar begitupula dengan pesanan Cinta dan Kasih

Kemudian bel masuk kelaspun berbunyi kring…kring….bintang dan yang lain segera bergegas meninggalkan kantin mpok Ela.mereka pun menuju kelas. Sebentar lagi pelajaran Biologi yang akan diajarkan Pak Hadi akan segera dimulai. Suasana kelas berlangsung ramai, meski dengan obrolan kecil dari semua siswa.Pak Hadipun masuk ke kelas.

Pak Hadi :”Assalamualaikum anak anak….”

All Students:”walaikum salam pak Hadi…” dengan serempak dan penuh semangat

Pak Hadi:” oh ya anak anak…masih ingat dengan kesepakatan kita minggu kemaren?”

Indah  dan verli:” kesepakatan apa ya Pak…?”tanya Indahdan Verli bersamaan dengan penuh penasaran

Kasih:” emang ada kesepakatan apa ya?”

Ocay  Oci pandu bintang:” emang iya tah?”

Suasana kelaspun kembali menjadi ramai dengan pertanyaan pak Hadi tadi…lalu pak Hadi menenangkan suasana gaduh tersebut

Pak Hadi:” anak anak…sudah diam…gak usah ramai “

All students:” iya pak….” jawab mereka serempak

Pak Hadi:”kita kan sepakat bahwa hari ini akan diadakan ulangan harian biologi…masa sudah lupa?”

Indah:” aduh pak…saya belum belajar pak…”

Verly:”iya ini ndah… mana lagi tadi malem aku gak bisa tidur”

Pandu:” iya pak…saya juga”

Ocay dan Oci:” iya pak saya juga”

Oci: gak usah niru-niru pandu deh lu cay ocay udah diem aja kamu!”

Pak Hadi:” sudah…sekarang bapak beri waktu 10 menit untuk belajar….oh ya sebelumnya…kalian sudah selesaikan pembayaran penggandaan soalnya belum?”

Cery:” bayar lagi nih….padahal baru tadi ditagih buat bayar kas kelas…”

Verly:” iya, beres banget Cery apa an sih?

Kasih:”Cin,,,gimana teman teman udah bayar belum untuk ganti biaya penggandaan soal Ulangannya belum?”

Cinta:” aduh belum terkumpul semua gimana nih Kasih?”

Kasih:” gampang nanti aku bantu nagih ke teman teman yang belum ya?”

Karena semakin ramai suasana kelas pak Hadi kembali menegur

Pak Hadi:” lah bapak tanya kok belum dijawab ya?”

Indah:” gampang pak nanti minta aja ke Cinta kan dia bendahara kelasnya”

Cery:” iya pak nanti saya bayar deh.. gak bawa uang saku pa.k?”

Pak Hadi:” sudah…itu belakangan saja …sekarang kalian belajar dulu”

All Students:” baik pak?”

Waktu 10 menitpun berlalu, itu berarti saat nya ulangan biologi segera di mulai

Pak Hadi:” Ok anak anak waktu belajar kalian habis…sekarang semua buku masukkan ke tas dan di atas meja hanya ada alat tulis saja”

Cerry:”iya pak siap…”

Indah:” gimana nih belum kelar belajarnya nih…semoga bisa aja ya ntar jawabnya”

Verly:” semoga aja deh ndah”

Ocay:”pak buku itu yang bisa dipotong ya pak?”

Pak Hadi:” maksunya apa ya Ocay?”

Oci:” eh…gak usah mulai lagi dh Cay…mau ngelawak ya…itu kuku tau…”

Ocay:” gak usah sewot gitu Woles aja bro…”

Pak Hadi:” udah sudah gak usah ribut ini soalnya langsung isi nama kelas dan absen ya? Udah dapat semua kan soalnya?”

All students:” sudah pak?”

Indah:” eh Cinta kamu harus kasih tau aku ya jawabannya?” kata Indah sambil melotot dan suara kecil agar tidak ketahuan pak Hadi

Cinta:”aduh….ndah…kerjakan sendiri napa sih?”

Indah:” awas kamu kalau gak ngasih tau jawabnnya”

Kasih:” ndah gak usah gangguin Cinta nanti aku laporin ke pak Hadi loh ya?”

Indah:” eeee siapa takut uuu dasar tukang ngadu”

Verly:” tau tuh si Kasih belain Cinta terus!”

Mendengar keributan Cinta kasih  Verly dan Indah pak Hadi menegur mereka

Pak Hadi:” kalian ber empat ngapain diskusi…ini ulangan gak perlu diskusi”

Kasih:” ini pak…Indah mau nyontoh ke Cinta”

Indah:” gak…pak enak aja main tuduh….emang ada buktinya?”

Verly:” tau tuh si Kasih ngarang aja sih?”

Pak Hadi:” sudah…sudah…bcinta bapak tanya apa betul apa yang dikatakan Kasih”

Cinta:” gak pak…tadi …” sambil noleh ke Indah

Indah memberikan kode agar Cinta tidak mengatakan yang sebenarnya

Pak Hadi:” tadi kenapa Cinta?”

Cinta:” gak pak tadi Indah Cuma mau pinjem pensil aja kok pak…?”

Oci:” bilang yang sebenarnya aja Cin jngan takut sama nenek sihir itu?”

Indah:” apa an sih kalau aku nenek sihirnya kamu kakek sihirnya ya Ci ”

Pandu:” ribut terus….”

Ocay:”wah makin seru nih Indah marah ayu lawan ndah cery?”

Bintang” apa sih Cay jadi provokator aja  nih”

Ocay : Indah…indah…

All student:” Oci…Oci…

Pak Hadi:” eeee….kok malah jadi begini stop…! itu soalnya dijawab”

All students:” baik pak”

Pak Hadi melihat jam yang menandakan waktu pelajaran akan berakhir 10 menit lagi

Pak Hadi:” anak-anak…waktu mengerjakan tinggal 10 menit lagi”

Indah:” 10 menit lagi Pak? Padahal banyak yang belum aku kerjakan”

Kasih:” Siapa suruh dari tadi ngobrol terus kamu Indah?”

Indah:” Diem aja kamu gak usah ikut ikut

Dan akhirnya indah dan kasih kena marah oleh Pak Hadi

Pak Hadi:” Indah…Kasih… Diam gak usah ribut”

Indah dan Kasih:” iya pak?” secara serentak bersamaan

Cinta:” pak…saya selesai pak baoleh dikumpulkan dulu pak?”

Pak Hadi:” di cek lagi Cinta…”

Cinta:” baik pak…”

Bel sekolah berbunyi sebanyak 4 kali tanda pulang sekolah.

Cerry:” lah kok bunyi 4 kali pak…kan masih belum waktunya pulang?”

Ocay:” alah Cery belagu padahal pengen pulang juga kan?”

Oci:”iya tuh Cerry acting belagu kayak artis”

Pandu:” iya pak kenapa belnya bunyi 4 kali?”

Pak Hadi:” iya anak anak sekarang pulang lebih awal karena semua guru ada rapat di sekolah”

All students:” asyik….pulang pagi”

Pak Hadi:” ayo kumpulkan lembar jawabannya”

All students:” baik pak”

Pak Hadi:” sekarang Bintang siapkan untuk pulang

Indah :” attention….lets pray together….Finish…lets say”

All students: Assalamualaikum wr wb”

Pak Hadi:” walaikum salam wr wb”

Semua siswa bersalaman secara bergantian kepada pak Hadi dan meninggalkan kelas.

Dikantin Mpok Ela tanpak Mpok Ela sedang merapikan dagangannya untuk bergegas pulang. Tiba tiba datang dua orang Rentenir berboncengan dan berhenti di depan warung Mpok Ela

Jarwo:” EE sopo…”

Sopo:” iya boss…ada apa boss”

Jarwo:”oooo….kowe iki kok malah bengong…kita harus nagih utang ke mpok Ella tau!”

Sopo:” lho bos…bukannya utang itu yang bisa dibuat perkedel…jadi laper ni boss”
Jarwo:” sontoloyo…” sambil mendorong bahu sopo

Sopo:” aduh boss….”

Jarwo :” itu kentang tau…”

Sopo:” ooo gitu ya bos kirain sama”

Jarwo:” beda lah…ayo samperin mpok ela”

Karena mendengar keributan antara Jarwo dan Sopo mpok Ella dengan santai menyapa mereka berdua

Mpok Ella:” aduh abang abang berdua ini udah dari tadi di mari ye?”kok kagak langsung masuk ke warung Bang”

Jarwo:”eee…anu mpok….maaf tadi masih diskusi bentar ama Sopo”

Sopo:”iya Mpok…tadi kita masih diskusi”

Mpok Ela:” ooo gitu ceritenye…ya udah Bang duduk dulu…”

Jarwo Sopo:” iya Mpok…” karena semangat mereka berdua berebutan sampe terdorong satu sama lain hingga terjatuh

Mpok Ela:” lah…pada ngapain kok seneng tiduran dilanta…bangun napa…”

Jarwo:” aduh Sopo…kamu ini….gak lihat apa ampek dorong aku….”

Sopo:” iya Boss Maaf ya Boss…gak sengaja Bos”

Jarwo:”gak sengaja gak sengaja…enak aja kamu”

Mpok Ela:” udah …gak usah berantem…duduk dah…”

Kemudian mereka berdua duduk dan mpok Ela menawarkan minuman kepada mereka berdua

Mpok Ela:”oh ya abang abang ini mau minum ape…kopi atau teh?”

Jarwo :” gak usah repot repot mpok begini mpok…kita kesini mau anu…  anu…itu loh?”

Mpok Ela:” anu apa bang Jarwo? Ngomong yang jelas nape…”kata mpok Ela dengan penuh penasaran

Jarwo:” itu loh mpok…kita mau nagih utang mpok Ella itu loh?”

Sopo:”iya mpok kan udah jatuh tempo dari kemaren itu mpok”

Mpok Ela:”maap maap kate nih ye….aye kagak punya uang bang…tau ndiri kan sekarang anak sekolahannye pulang pagi jadi dagangan aye kagak abis nih pegi mane…?”

Jarwo:” mpok…gimana ya mpok kita bukannya kagak kasihan sama mpok tapi mpok kan udah lama ngutangnya…masak gak mau di bayar atau nyiicil gitu mpok?”

Sopo:”iya mpok nyicil aje kagak nape nape kok mpok?”

Mpok Ela:”ya abang…ini adanya dikit aje kagak ape ape pan?”sambil memberikan sejumlah uang

Jarwo:” iya mpok kagak ape ape kok yang penting mau nyicil mpok, ee jarwo catat Sopo angsurannya mpok Ela”

Sopo:” baik boss…rebezz…”sambil membuka tas dan mencatat uang angsuran mpok Ela

Jarwo:” ya udah mpok kita pamit pulang ye…assalamualaikum?”

Mpok Ela:” walaikumsalam mpok?”

Jarwo dan sopo langsung meninggalkan kantin Mpok Ela. Di persimpangan jalan dia bertemu Bu Lurah . karena melihat sopo dan jarwo bu Lurah menegurnya

Bu Lurah:”eh…eh…Bang Jarwo,,,bang Sopo mau kemana? Buru-buru amat sih…santai dulu lah?”

Jarwo:”eh Bu Lurah…bukannya apa pa bu…kita mau ke kompleks sebelah…ada apa ya Bu Lurah?” sambil mematikan motornya

Bu Lurah:”loh Bang Jarwo udah lupa ya?” bukannya kita ada kesepakatan Bang

Jarwo:” kesepakatan apa ya Bu Lurah?” kata Jarwo dengan penuh kebingungan

Sopo:” bos…bos…(sambil menepuk bahu Jarwo) bos kan mau bisnis sama Bu Lurah?”

Jarwo:” eee Sopo bisnis itu yang ditanam di sawah ya?”

Sopo:” bos bos…itu mah binis alias benih kata sepupu aye di madura”

Jarwo:” oooo ngono yo?”

Bu Lurah yang melihat Jarwo dan Sopo sedang berbisik bisik Bu Lurah segera menghentikan obrolan mereka

Bu Lurah :” ehemmm ehem…pade ngobrolin apa an ya…serius amat abang abang ini?”

Jarwo :”he he he….enggak Bu cuma bisik bisik aja?”

Bu Lurah: wah abang abang ini suka nge gossip juga ya?”

Sopo:” ya gak juga sih Bu?”

Bu Lurah:” trus bagaimana kesepakatan kita nih bang? Jadi kagak?”

Jarwo:” jadilah Bu…”

Sopo:”lah bos…kita mau bisnis apa an dengan bu Lurah”

Jarwo:” aduh sopo…kamu kok pelupa sih…kita kan mau bisnis jualan sayur ke komplek sebelah modalnya semuanya dari Bu Lurah”

Sopo:” ooo begitu ya Boss…oke lah”

Bu Lurah:” jadi bagaimana ini Bang kapan bisa kita mulai bisnis nya?”

Jarwo:” kapan saja bisa Bu…kalau bisa secepatnya Bu?”

Bu Lurah:” oke nanti saya transfer ke rekening Bang Jarwo uangnya ya…gerobak sayurnya sudah siap Bang…oke kalau begitu saya pamit pulang ya Bang kasihan Pak Lurah nungguin di rumah”

Jarwo:” iya bu…makasih ya bu?”

Mereka pun pergi meninggalkan persimpangan jalan itu.keessokan harinya kembali Cinta dkk beraktifitas di sekolah. Bel masuk belum berbunyi namun suasana gaduh dengan obrolan ringan dari masing masing siswa menambah semangat suasana pagi itu.

Kasih:” ee…cinta kamu udah tagih ke anak anak yang belum bayar fotocopian soal ulangan kemaren Cin?”

Cinta:” belum nih…aduh gimana…gak enak sama Pak Hadi nih?”

Kasih:” ya udah Cin aku bantuin nagih ke teman-teman ya?”

Cinta:” makasih ya Kasih…?”

Kasih:”Ok sama sama”

Pandu dan Bintang datang menghampiri Cinta dan Kasih lalu menyapa mereka berdua

Bintang:” ciye ciye serius amat sih…pada ngomongin apa an sih…?”

Kasih:”mau tau aja apa mau tau banget?”

Bintang:” mau tau banget lah….”

Kasih:” kasih tau gak ya?”

Pandu:” iya Kas…kasih tau aja dah?”

Kasih:”iiii…kalian kepo nih ye? Bentar ya ku tanya cinta dulu ya?” gimana Cin…gak pa pa ku kasi tau nih

Cinta:” gak apa apa kasi tau aja dah?”

Kasih:” gini Bintang…Pandu…Cinta gak enak hati mau nagih iuran fotokopian ke teman teman yang belum bayar apalagi sama Indah dia kan galak?”

Bintang:” oo itu masalahnya gampang deh…aku bantu nagih ke Indah”

Kasih dan Cinta:” makasih ya…”

Bintang:” sama sama…”

Pandu:” nah…tu kan pasti dibantu sama bintang…gak usah khawatir Cin?”

Cinta:”iya makasih banyak ya sebelumnya kalian baik banget”

Tak lama kemudian Kasih memberikan pengumuman di depan kelas

Kasih” teman-teman mohon perhatiannya sebentar…”

Suasana kelaspun menjadi sepi dan siap untuk mendengarkan pengumuman dari kasih tapi Indah tetap saja tidak mengubris perkataan Kasi

Indah:” apa an sih Kasih…sok mau jadi presenter mau bicara depan orang banyak…kampungan amat sih”

Verly:” iya tuh males banget lihatnya”

Cerry:” iya ada apa nih kok kayaknya penting”

Oci:” iya nih kayak yang serba ekstrim ya?”

Ocay:” lebih enak kasih coklat ya?”

Cery:” itu eksrim kali….”

Oci:” ooo gitu ya beda kirain sama”

Ocay:” ya beda atuh…kamu…udah dengerin kasih tu mau ngomong apaan”

Oci:” oke oke…”

Kasih:” gini teman teman yang belum melunasi iuran kemaren aku tunggu ya sekarang segera dilunasin”

Pandu:” iya nih teman teman gak enak sama pak Hadi kita kan belum bayar tapi udah ulangan kemaren”

Bintang:” betul itu bro apalagi pak Hadi itu kan baik dan sabar masa kita gak mau lunasin…biar gimanapun hutan kan harus tetap dibayar”

Ocay :” betul itu bro setuju aku sob?”

Oci:”tenang kas…aku bantu nagih ya”sambil keliling mendatangi teman teman

Tak lama kemudian bel masukpun berbunyi.Pak Hadi datang dan siap memberikan pelajaran

Pak Hadi:” assalamualaikum anak anak?”

All Students:” walaikumsalam…”

Pak Hadi:” bagaimana kabar kalian pagi ini?”

All Students:” alhamdulillah luar biasa Allah hu Akbar”

Pak Hadi:” bagus anak anak jangan lupa untuk selalu bahagia dan tetap semangat”

Cinta:” maaf pak” sambil mengangkat satu tangan petanda intruksi

Pak Hadi:” iya Cinta ada apa?”

Cinta;”bagaimana hasil ulangan kemarin pak?”

Pak Hadi:”terimakasih nak…kamu telah mengingatkan bapak tentang hasil ulangan kemarin”

Cinta:” sama sama pak”

Pak Hadi:” untuk ulangan kemarin hanya beberapa orang saja yang memenuhi kriteria ketuntatasan minimal /KKM”

Indah:” waduh…jangan jangan aku kena remidi?”

Verly:” aku juga kayaknya…aduh apes nih ntar”

Pak Hadi:” sudah…sudah…harap tenang bapak umumkan nilai kalian, yang mendapat nilai 100..adalah…selamat untuk Cinta….yang mendapat nilai 80…selamat untuk Kasih…dan yang mendapat nilai pas KKM Pandu Bintang”

Indah:”tu bener kan…aku kena remidi…”

Verly:” aku juga kan…”

Indah:” gaya lu Cinta dan kasih nilainya bagus uuu bikin sebel aku aja”

Pandu:” udah indah gak usah ngiri gitu…santai aja kali”

Indah:” apa an sih kamu Pandu”

Pandu:” gak ada apa-apa senag aja lihat kamu sewot gitu hehehe”

Karena kelas menjadi gaduh maka pak Hadi segera menenangkan suasana kelas

Pak Hadi:”anak anak…sudah…..gak perlu Ramai…sekarang bapak lancutkan pelajaran ya?”

Bintang:” pak remidinya kapan pak?”

Ocay:”gaya kamu bintang…orang kamu gak kena remidi…”

Pak Hadi:” bintang…Ocay…sudah gak usah rame, oh ya anak anak remidinya bapak kasih tugas aja ya….silahkan kalian resume tentang materi rantai makanan”

All students:” baik pak?”

Tak lama kemudian bel istirahat pun berbunyi

All students:” horre….istirahat”

Pak Hadi:” silahkan kalian lanjutkan LKS hal 27 di rumah ya?”

All students:” baik pak”

Pak Hadi: Oh ya anak anak jangan lupa ya…habis ini kalian segera berkumpul di lapangan sekolah ya…”

Verli:” ada apa ya pak pake kumpul segala….”

Indah: iya nih…bikin penasaran”

Bintang:” udah ndah…dengaein pak Hadi tu…ada infopenting kayaknya”

Pak Hadi:”iya anak anak….sekolah ini akan mengadakan lomba persahabatan dengan sekolah lain…untuk lebih lengkapnya silahkan kalian datang ya ke lapangan  ya…”

All student :” baik pak…”

Kemudaian…semua siswa pun segera bergegas menuju lapangan untuk mendengarkan pengumuman dari kakak Osis. Di lapangan sekolah itu tanpak seorang kakak Osis yang siap menyampaikan pengumuman menggunakan alat pengeras suara.

Kakak Osis :” pengumuman…pengumuman….bagi siswa siswi Nazha harap segera berkumpul di lapangan sekolah

Mendengar peringatan seperti itu…. siswa siswi SMP Nazha berlarian menuju lapangan…dngan penuh penasaran mereka pun berbincang-bincang dengan kawannya.

Indah:” eeee ini rame ada acara apa ya? Kok disuruh kumpul di sini”

Verly:” Gak tau juga Ndah dengerin aja dah…”

Anak anak rame sehingga membuat suasana menjadi gaduh dengan perbincangan sendiri sendiri di lapangan..kemudian kakak Osis menegurnya.

Kakak Osis:” Diam…diam…! saya selaku kakak Osis akan mengumumkan bahwa besok malam akan di adakan lomba batle dance anatara SMP Nazha  dengan SMP Taruna, kakak harap kalian berpartisipasi ya”

Indah:” kak tanya….”sambil mengacungkan tangan

Kakak Osis:” iya Indah silahkan!”

Indah:” emang waktunya kapan kak apa gak mepet kak?”

Kasih:” iya kak emang gak mepet?”

Cinta:” kok mendadak gitu ya kak?”

Kakak Osis:” kalau kalian semangat Insya Allah pasti bisa kok,,,,,ayo…semangat demi sekolah kita!”

Bintang:” Kak! Boleh tanya?”

Kakak Osis:” Iya Bintang…ada apa?”

Bintang:” siapa yang ikut lomba Kak?”

Kakak Osis:” ini lomba batle dance khusus  cowok….”

Verly:” oooo kirain ceweknya ada? Ya…jadi gimana nih males ni?”

Kakak Osis:” sudah…kalian jangan punya pikiran yang aneh aneh…mau cowok apa cewek yang lomba yang penting kalian harus nunjukin bakat kalian…nah..karena yang cowok yang lomba …yang cewek bantu semangatin ya?”

All students cewek:” baik kak…kita pasti bisa”

Bintang” iya ayuk…kita harus semangat”

All students cowok:” yeay…ayo tunjukkan kita pasti bisa”

Kakak Osis:”sudah ya…pengumumannya udah… Kakak selaku ketua osis mengucapkan terima kasih untuk info selanjutnya kalian bisa lihat pngumumannya di majalah dinding ya… kalian boleh kembali ke kelas.

All students:” baik kak…terimakasih..”

Pengumumanpun berakhir… siswa siswi pun mulai bubar dari lapangan sekolah dan melanjutkan aktivitasnya. Bintang, Pandu , Ocay dan Oci mengobrol menegnai pengumuman dari Kakak Osisi tadi.

Pandu:”eeee… Bintang? Gimana nih lombanya?’

Bintang:” ya udah nanti kita latihan di base camp kita ya…kabarin temen temen cowok yang lain ya terutama Ocay dan  Oci”

Pandu:” siap bro…beres!”

Poster, baliho dan benner yang menandakan akan diadakan perrlombaan batle dancepun mulai dipasang adapun lawan pertandingan adalah dari SMP Taruna. Tim unggulan Nazha yang di wakili Bintang dkk sudah mempersiapkan latihan mereka dan siap berlomba. Malam haripun tiba dan itu menandakan perlombaan akan segera di mulai. Suasana lapangan sekolahpun meriah dan rame, lawan perlombaan dari SMP tarunapun datang lengkap dengan tim unggulan dan suporternya. Satria, Sakti, Rasya, dan Bram adalah siswa siswa yang akan berlomba.

Satria :” kalian SMP Nazha ya?” katanya sambil sinis

Bintang:” iya, kita dari Nazha emang kenapa?” jawab bintang dengan tegas

Satria:” emang kalian bisa melawan sekolah kita?” kata dia dengan sombong an sok gagah

Sakti:”mana bisa mereka ngalahin sekolah kita Sat? Hahah” dengan sombong

Rasya dan Bram:” hahaha…jangan pernah mimpi kalian bisa ngalahin sekolah kita”

Bintang:”hey satria! Gag usah blagu deh buktikan saja kalo kamu dan tim kamu bisa!”

Pandu:” ya…gak usah sombong dulu,,,,buktikan saja!”

Satria:” oke lihat aja ya…”

Tak lama kemudian perlombaan akan segera di mulai…kakak Osis memandu jalannya perlomban. Para siswa dan suporter dari kedua sekolah sudah bersiap di arena perlombaan dan tempat suporter.

Kakak Osis:” baiklah kawan kawan kita akan menyaksikan kebolehan antara putra SMP Nazha dan putra SMP Taruna…untuk itu kita harus melempar koin untuk menentukan tim siapa yang akan tampil dulu…kakak minta perwakilan tim maju”

Bintang dan Satriapun maju dan mendekati kakak Osis.

Kakak Osis:”gambar untuk SMP Nazha dan angka untuk SMP taruna…baik saya lempar ya” ambil melempar koin kemudian ditangkapnya.

Kakak Osisi:” yang muncul ini gambar…berarti tim Nazha ya…yang tampil dulu kemudian disusul tim Taruna ya…baik…kita saksikan penampilan batlle dance antara  SMP Nazha dan SMP Taruna.

Bintang dkk pun berlomba batle dance kemudian disusul tim Satria dkk…suporter antara dua sekolah pun semangat memberikan dukungannya.hingga perlombaan usai kembali kakak Osisi mengumumkan

Kakak osis:” seru sekali ya…perlombaannya…baik kakak umumkan ya hasil keputusan juri dan tim osis…dan pemenangnya adalah…selamat SMP nazha…”

All students cewek:” hore….kita menang…yey!”

Kakak osis:” untuk Bintang dan Tim beserta Satria dan Tim silahkan bersalaman tanda persahabatan.

Pandu dan satria beserta masing masing Tim bersalaman…perlombaanpun berarkhir semua soswa pun pulang kerumah masing masing.

Keesokan harinya di pagi yang cerah….saat istirahat tiba, semua siswa sibuk dengan aktivitas masing-masing ada yang ke perpustakaan ada yang bermain di halaman sekolah dan ada yang ke kantin Mpok Ela. Di kantin, nampak Mpok Ela sedang merapikan dagangannya.

Mpok Ela:”eee Ocay bayar dulu utang makanan kamu kemarin…enak aja kamu”

Ocay:” iya mpok…aye bayar ini mpok” sambil menyerahkan sejumlah uang

Mpok Ela:” nah…gitu dong kan ganteng”

Ocay:” emang dari dulu aye ganteng mpok hehehe”

Oci:”PD banget sih kamu…masih gantengan aku kemana mana kalli,…”

Mpok Ela:” eeee kata siapa kalian pada ganteng, GR semua”

Ocay:” kata nyak dan Babe aye”

Mpok Ela:” mau pesen apa nih”

Oci dan Ocay:” kagak mpok udah sarapan tadi dirumah masih kenyang mpok”

Mpok Ela:” ooo gitu ya?”

Tak lama kemudian Pandu dan Bintang datang ke kantin mpok Ela

Pandu:”mpok…ela…eh ada Ocay…bayar utang yang kemarin mpok”

Bintang: “ iya mpok ini mpok kita bayar biar kagak numpuk utangnya”

Mpok ELA:”nah…gitu kagak perlu diminta pan udah langsung bayar…beda sama si entu…”sambil melirik ke Ocay

Ocay:” ya mpok bisa aje ngeledek aye”

Bintang:” sudah mpok…yang penting Ocay udah mau bayar pan…jadi beres”

Kring…kring…bel masuk kelas berbunyi

Mpok Ela:” waduh….belum pada pesen udah masuk aje “

Bintang ocay Oci dan  pandu:” udah dulu ya mpok kita masuk kelas dulu ye…”

Mpok Ela:” ya udahlah…

Anak anak sekolah melanjutkan aktivitas belajarnya. Namun aktivitas hutang piutang juga terjadi di komplek perumahan salah satu wali murid yang bernama Bu Sutrisno kali ini Jarwo dan Sopo menjalankan bisnis jual sayur yang dimodalin Bu Lurah di kompleks perumahan Bu Sutrisno.

Jarwo dan Sopo:”yur….sayur…sayur seger sayur ijo,,,yuk mari ibu ibu di beli di beli yang mau masak” kata mereka berdua dengan penuh semangat sambil mendorong gerobak sayur

Bu Sutrisno:” eee ada bang sayur…bang..sopo bang Jarwo tunggu”sambil lari mendekati bang Jarwo dan Bang Sopo

Jarwo:”eeee bu Sutrisno?mau beli sayur apa bu?”

Sopo:” iya bu sayurnya seger seger nih Bu…”

Bu Sutrisno:”ini bang sayur bayam, sayur sop tahu tempe dan ikan berapa semuanya?”

Jarwo:”hey…. Sopo itung berapa semuanya?”

Sopo:” 25 rebu bos?”

Jarwo:” jadi semuanya 25 rebu Bu?”

Bu Sutrisno” ooo ngutang dulu ya Bang…dah…” langsung meninggalkan mereka berdua

Jarwo:” waduh kasusu ini Sopo?”

Sopo:” kasus apa bos? Emang bos berbuat kriminal apa an?”

Jarwo:” aduh Sopo…ini loh kita kan baru pertama jualan langsung di utangin trus gimana kita mau nyaurin ke Bu Lurah belum lagi Mpok Ela utangnya belum lunas ya?”

Sopo:” iya itu boss gimana ini ya?”

Jarwo:”Ya udah  kita tagih aja mpok Ela”

Sambil mendorong gerobaknya jarwo dan sopo bertemu mpok ela di persimpangan jalan

Jarwo:” nah…pucuk dicinta ulampun tiba”

Sopo:”apa artinya itu bos?”

Jarwo:” ya tadi kan diomongin eee ketemu juga sama mpok Ela”

Mpok Ela:” bang Sopo…bang Jarwo…kok alih profesi bang jadi jualan sayur nih?”

Jarwo:” iya mpok namanya juga usaha mpok?”

Mpok Ela:” boleh kagak aye ngutang sayurnya bang?”

Jarwo:” maaf mpok ini aja utangnya belum lunas kita modalnya dapat pinjeman dari bu Lurah…”

Sopo:”iya mpok betul itu”

Jarwo:”lah bukannya mpok ela juga masih ada utang sama kita…”

Mpok ela:” iya juga…gimana nih ya udah ini aye lunasin utang aye” sambil membayar utang

Jarwo:” makasih ye mpok”

Mpok ela:” waduh abis deh duit aye”

Kemudian Bu Lurah yang kebtulan lewat kompleks melihat bang Sopo dkk sedang mengobrol lalu bu Lurah berkata

Bu Lurah:” lah…itu Bnag Jarwo dan Bang Sopo di cariin dari tadi eee ada di sana toh…aku amperin aje “

Kemudian bu Lurah menghampiri mereka bertiga

Bu Lurah:”eeee bang Jarwo, Bnag Sopo dan Mpok Ela pada ngobrolin apaan sih seru amat dari tadi”

Di kejauhan depan teras rumah nampak bu Sutrisno sedang melihat mereka

Jarwo:”ini loh bu Lurah ngobrolin utang…apes betul kita bu…baru jualan ee diutangin ama bu Sutrisno untung mpok ella mau bayar utangnya…”

Mendengar percakapan mereka lalu bu Sutrisno menghampiri mereka

Bu Sutrino:”nah…lo….ngomongin aye ye…kok nama aye di sebut sebut”

Sopo:” iya bu memang betul di sbut sebut”

Jarwo:” heheehe anu…bu…kita Cuma ngobrolin bu Sutrisno yang tadi ngutang itu loh?”

Bu Lurah:” sudah sudah..kalian ini kok pada ribut….dari pada ribut mending kalian berdua bayar utang kalian ke saya”

Jarwo:” waduh bu…uangnya gak cukup”

Bu Sutrisno:”sudah bang aye bayar nih…soalnya kata si Pandu utang harus dibayar tdai dia pulang sekolah cerita ke aye”sambil menyerahkan uang

Jarwo:” waduh makasih banyak bu Sutrisno?”sambil menerima uang

Bu Lurah:” lah…udah dapat uang kan…sini bang bayar…”

Jarwo :” nasib…nasib…kagak enak betul kalau ngutang….ya ini deh bu aye bayar jadi lunas pan…”

Bu Lurah:”eeemmmjadi gitu ya..kalian ini ada ada saja kayak dipelajaran biologi saja, kayak siklus rantai makanan aja nih….kalau gitu mulai hari ini jangan biasakan hidup dengan hutang ya…”

Bu Sutrisno:” jadi kagak boleh ya bu Lurah kita ngutang?”pan kita mau bayar?”

Bu Lurah:” ya boleh saja asal bertanggung jawab dan dapat dipercaya tapi jangan sering sering ye…biar hidup kite tenag enak makan nyenyak tidur kate lagu bang H. RHoma itu loh….

Jarwo Sopo mpok Ela:” betul setuju…

 

 

 

Terimakasih telah menyaksikan drama terbelit hutang versi anak sekolahan, pada dasarnya kita boleh berhutang asalkan bertanggung jawab buat melunasinya,,,biar bagaimanapun janji adalah hutang dan hutang harus dibayar….semoga bermanfaat….

 

THE END

 

 

 

Lagu Rhoma Irama: reff walau gaji pas pas…asal tak punya utang enak makan enak tidur…

 

PEMERAN DRAMA “Terbelit Hutang versi Anak Sekolahan”

TOKOH

  1. Cinta : Uswatun Hasanah
  2. Kasih : Badriah
  3. Bintang: Fiqi
  4. Ocay: Alwi
  5. Oci: Rosi
  6. Cery : Holis
  7. Pandu : Umam B
  8. Mpok Ela: Rofiah
  9. Indah: Izzah
  10. Verly: Khotim
  11. Kakak Osis: Mulia
  12. Satria:
  13. Sakti:
  14. Rasya:
  15. Bram:
  16. Pak Hadi: Ferdi
  17. Rentenir: Jarwo: Liqin Sopo: Fauzan
  18. Bu Lurah: Ifa Kurniawati
  19. Bu Sutrisno: Waqiah
  20. Dalang:”Dian Safitra Dewi.”

PROPERTI PENDUKUNG

  1. KOSTUM

Cinta, kasih bintang, ocay,oci, cerry, pandu, indah dan Verly = seragam SMP perempuan jilbab sepatu

Mpok Ela: baju kain sarung batik kerudung dan sandal jepit

pak Hadi : seragam pak guru( kemeja putih/corak dan celana hitam lengkap dasi)

Bu Lurah : baju batik rok panjang hitam sepatu jilbab

Bu Sutrisno : daster jilbab sandal

Jarwo: kemeja lengan pendek ikat pingagang celana kain

Sopo: kaos oblong, celana jeans, sepatu cat

  1. Dekorasi

Warung Mpo Ela : bangku panjang 3 lengkap meja dan stand mpok ella

Kelas: meja siswa (meja belajar lipat untuk lesehan), meja guru lengkap masing masing kursi

Gerobak sayur dan sepeda modifikasi

Perlengkapan:

Piring plastik gelas plastik @ 6 buah

Uang mainan

Kertas bekas untuk bahan soal UH

Jajanan buat mpok ela dan  sayur sayur sopo jarwo

Sepeda jengki modifikasi motor bang jarwo dan box untuk motor jarwo tempat sayur

Meja lipat 10 buah

Ilustrasi musik

Saat Jarwo Sopo menagih hutang ke bu Sutrisno dan Mpok Ella : lagu gali  lubang tutup lubang versi danang

Suara bel masuk dan bel pulang

Saat anak sekolahan datang mau masuk kelas: Elang Maha Dewa

  1. Make Up

Cinta, kasih bintang, ocay cerry,Oci pandu, indah dan verly : make up siswa

Pak Hadi : make up pak Guru     Bu Sutrisno : Ibu Rumah Tangga

Bu Lurah : pegawai      Jarwo Sopo : No Make Up

SUSUNAN PANITIA

Sutradara : Aini Maskuro, S.Pd

Sekertaris :Nur Jannah

Bendahara :Sofia

 Pemain:

  1. Cinta : Uswatun Hasanah
  2. Kasih : Badriah
  3. Bintang: Fiqi
  4. Ocay: Alwi
  5. Oci: Rosi
  6. Cery : Holis
  7. Pandu : Umam B
  8. Mpok Ela: Rofiah
  9. Indah: Izzah
  10. Verly: Khotim
  11. Pak Hadi: Ferdi
  12. Rentenir: Jarwo: Liqin Sopo: Fauzan
  13. Bu Lurah: Ifa Kurniawati
  14. Bu Sutrisno: Waqiah

Costum:                Make Up:

Izzah                     Bu Aini

Iroy                       crew cewek

 

 

Dekorasi:

Aziz,Khoirul Umam B, Zainal Abidin, dan Fauzi

 

Ilustrasi:

Dafik dan Fiqi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ATURAN DAN DAFTAR HADIR

  1. Aturan
  2. Datang tepat waktu
  3. Tidak hadir tanpa izin denda 2000
  4. Datang terlambat maksimal 15 menit denda 1000
  5. Latihan harus serius, jika bercanda diberi sanksi. Untuk cewek: scott jump 5 x. Dan cowok 5 x push up
  6. Membawa perlengkapan yang diperlukan saat latihan
  7. Daftar Hadir
no nama peran Tanggal latihan
               
 
A.Ahsanul Kholiqin
Abd. Aziz Rowi
Abd. Holis
Badriyatut qomariah
Choirul Fauzan
Dafik
Fathurrosi
Ferdinan
Fiqi Firmansyah
Husnul Khotimah
Ifa Kurniawati
Iroy Maulana
Khoirul umam a
Khoirul umam b
Khusnul Waqiah
Mohammad Alwi
Muhammad Fauzi
Muliatus Sa’diah
Nailul Izza
Nur Jannah
Rofi’ah
Sofia
Uswatun Hasanah
Zainal Abidin
                 

 

 

By aimarusciencemania

my sertificat

KISI KISI SOAL UH 2 BIO DUNIA TUMBUHAN KISI KISI SOAL UH 3 BIO DUNIA HEWAN KISI KISI SOAL UH 4 ekosistem dan pencemaran lingkungan KUNCI JAWABAN ekosistem dan pencemaran lingkungan ULANGAN HARIAN 2 dunia tumbuhan ULANGAN HARIAN 3 dunia hewan ULANGAN HARIAN 4 ekosistem dan pencemaran ULANGAN HARIAN BIO 1docx KISI KISI SOAL UH 1 fisika optik geometris KISI KISI SOAL UH 4Gelombang elektromagnetik KISI KISI SOAL UH2 fisika suhu dan kalor KISI KISI SOAL UH3 LISTRIK DINAMIS KUNCI JAWABAN fisika suhu dan kalor KUNCI JAWABAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK KUNCI JAWABAN listrik dinamis uh fisika 2 print siswa UH FISIKA GELOMBANG ELEKTROMAGNETIKdocx UH FISIKA LISTRIK DINAMISdocx UH1 OPTIK GEOMETRIS UH2 suhu dan kalor KISI KISI SOAL UH 1 kimia larutan KISI KISI SOAL UH 2 REDOKS KISI KISI SOAL UH 3 hidrokarbon KUNCI JAWABAN HIDROKARBON kunci jawaban kimia konsp redoks kunci jawaban UH 1 KIMIA LARUTAN UH KIMIA bab 1 ULANGAN HARIAN 2 konsep Redoks ULANGAN HARIAN KIMIA hidrokarbon praktikum EKSRESI praktikum indikator alami ASAM BASA praktikum pembuktian Fotosintesis praktikum Perubahan Kimia KISI KISI SOAL UH 1 BIO IPA KERJA ILMIAH KISI KISI SOAL UH 2 BIO KEANEKARAGAMAN MH KISI KISI SOAL UH 3 EKOSISTEM KUNCI JAWABAN ESSAI UH EKOSISTEM UH ekosistem UH KEanekaragaman mh UH KERJA ILMIAH CIRI MAKHLUK HIDUP Master Of Ceremony Haflah Nazha Naskah Skenario Drama PEMERAN DRAMA

By aimarusciencemania

April dikangenin calon imam

Udah hampir 3 bulan aku belum ketemu abang dan jagoanku…gimana kabar kalian berdua….semoga Allah melindungi kalian dari segala musibah dan petaka….

Setiap orang beda beda mengekspresikan kisah cintanya ada yang diam diam namun kalau aku beda aku lebih suka sharing baik di sosmed meski hanya inisial dan curhat dengan orang yang ku percaya…aku chat abang aku bilang apa dia kangen gak ke aku…dan ku bilang kalau jerawatku tambah banyak karena rindu sama dia….eee malah diketawain sama dia…

Ku tanya lagi apa dia masih kangen ke aq…dan alhamdulillah dia kangen juga…

Aku lebih suka menjalani hubungan ini dengan dia meski jarang sekali ketemu…semoga Allah meridhoi jalan kami berilah aku yang terbaik tahun ini juga imam terbaik ya Allah…amin ya Robbal alamin

 

 

 

 

 

 

 

By aimarusciencemania

Menunggu jawaban doaku

Menunggu memang mengiji kesabaran…tapi jika kita sabar insyaAllah reward dariNya jauh lebih indah jauh lebih baik….saya yakin bersama kesulitan pasti ada kemudahan…saya tidak bisa jadi orang lain suruh kurangi curhat di fb suruh hapus foto narsisku toh itu semuanya sopan kok fb and foto ku itu sebagai media penyimpanan memoryku semuanya aku tulis terserah orng mau ngejek mau ngerasani toh Allah yang maha tau semua niat dalam hati yangng lalu biarlah berlalu…song song masa depan yang jauh lebih indah lebih sukses lebih makmur…baik dalam rejeki karier jodoh dan keselamatan dunia akhirat amin ya Robb…optimis saja wes…

By aimarusciencemania