Deskripsi pengalaman studi banding di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

Deskripsi pengalaman studi banding di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya

Rabu 16 November 2016

Seperti biasa anak didik kami beserta saya di sambut oleh piket simpatik. Setelah itu saya menuju ke penanganan siswa dan siswi yang datang terlambat. Saya melihat pak satpam yang menangani lalu saya mencari informasi ke pak Aris selaku angggota tim peduli.Beliau memaparkan mengenai cara penanganan siswa dan siswi yang terlambat, dengan cara tas mereka disita, siswa bersangkutan mengisi surat ijin masuk kelas dengan syarat siswa tersebut meminta tanda tangan dari waka kesiswaan, waka kurikulum, waka  ismuba, guru BK, walikwelas. Tujuannya agar mereka mengenal pimpinan dan wali kelas mengetahui siswa yang terlambat. Setelah selesai tas dan jaket bisa diambil dan siswa bisa mengikuti pelajaran. Apabila siswa telat 3x maka akan mendapat SP terlambat 5 X  ortu dipanggil 10 x telat siswa wajib mengikuti pelatihan management diri seperti pelatihan kedisiplinan 3-5 hari faktor keluarga yang anggota keluarganya ikut sekolah masih belum siap sehingga siswa tsb telambat meski siap di awal dirumah. Pak Aris juga memberi pengalaman mengenai penanganannya mengatasi siswa yang berkelahi dengan cara menurunkan emosi mereka dan menyuruh mereka sholat berjamaah.

Pendampingan materi biologi di laboratorium membuat saya menjadi enjoy seakan saya jadi guru muhammadiyah di sekolah ini, karena sambutan siswa ramah dan memperlakukan saya layaknya gurunya sendiri. Saya membimbing praktikum penentuan golongan darah. Ibu Sri memberi saya keluwesan dalam pendampingan praktikum tersebut. Ada beberapa siswa yang ramai sendiri dan masih bingung menanyakan prosedur kerja. Jika siswa tidak ikut praktikum maka siswa tsb ikut praktikum susulan.laboran tidak hadir jadi bu Sri yang menyiapkan dan saya membantu merapikan alat bahan yang sudah dipakai. OB juga kurang kooperative karena bak kamar mandi tidak di bersihkan itu info dari bu Sri.itu tidak menjadi masalah karena masih bisa dipakai kamar mandinya.

Sayu mendampingi RIKI program IPS mendatangi edu fair dan menggali informasi  mengenai PTN dan PTS namun anak didik saya sangat menginginkan tembus univ yang ada prodi pend penjaskes. Namun saya arahkan ke dia agar tidak menolak info dari semua kampus yang pameran di edu fair SMAMDA.acaranya sangat meriah murid SMAMDA sangat berjiwa seni dan tidak pemalu ini perlu ditiru.

Pemaparan visi dan misi calon wakasek. Pelaksanaannya santai namun berbobot banyak informasi penting yang saya dapat diantaranya sarana dan prasarana bisa mengcover semua visi misi wakasek lainnya. Perlu kerja sama pada semua wakasek agar terwujud tujuan utama yaitu sekolah modern islami dan prestasi yang menjadi top branding atau icon sekolah ini perlu ditiru oleh sekolah kami. Selain itu untuk mewujudkan sekolah modern diperlukan aplikasi pemanfaatan kemajuan iptek agar tidak gatek seperti pengadaan web dan sosmed sbg ajang promosi sekolah dan rapot elektronik plus kbm elektronik seperti quipper video. Hal ini sangat efektif dalam memperlancar mewujuidkan visi sekolah muhammadiyah termasuk diprobolinggo.

By aimarusciencemania

Tinggalkan Balasan

