DAIRY TEACHER EXCHANGEAT SMAMDA SURABAYA

TUGAS DESKRIPSI

15 NOVEMBER 2016

Pagi hari ini tepat jam 06.00 beberapa siswa yang berpiket simaptik melaksanakan tugasnya dengan berjejer disepanjang tangga pintu utama lantai dua. Saya dan rekan tugas saya beserta dua anak didik saya disambut dan disapa. Setelah itu saya ikut berbaris di paling akhir barisan putri. Kesan yang saya dapat adalah siswa dan siswi disini sangat ramah kepada tamu, guru, dan rekan pelajarnya yang baru datang disambut semuanya dengan ceria . Namun ada satu pertanyaan yang terbersit dalam benak saya yaitu apakah memang tidak diwajibkan mencium tangan guru wanita kepada siswi? Namun hal itu tidak menjadi masalah karena bukan masalah besar.

Kegiatan selanjutnya saya menemui ibu Wulan yang berada di lantai 5 kelas XII MIPA3.Saya menjadi observer salama kegiatan pembelajaran berlangsung. Siswa siswa membaca doa bersama setelah pelajaran dimulai dan dilanjutkan dengan mengaji Al qur an sebanyak satu makrak. Hal ini perlu ditiru disekolah kami karena disana dulu pernah menerapkan namun vakum dan baru diganti dengan membaca asmaulhusna. Kegiatan selanjutnya ibu Wulan menanyakan materi terdahulu yang belum dimengerti oleh siswa. Saat ibu Wulan menjelaskan materi ada beberapa siswa yang duduk di belakang mengobrol dengan temannya, ibu Wulan sesekali mengingatkan mereka yang mengobrol untuk memperhatikan pelajaran.selain itu ada beberapa siswa yang datang terlambat masuk kemudian ibu Wulan menugaskan mereka untuk segera menyesuaikan kegiatan pembelajaran.pelajaran tidak berlangsung lama karena ada presentasi kampus kemudian ibu Wulan memberikan penugasan kelompok untuk didiskusikan padaertemuan selanjutnya tugas berupa membuat slide powerpoint.

Saya di ajak ke ruang TRRC untuk sharing mengenai perangkat pembelajaran dengan bu Wulan. Perangkat pembelajaran yang didiskusikan seperti RPE prota prosem selabus dan RPPkurikulim 2013 workshett materi ajar baik kelas nasional maupun internasional. Saya juga di copykan file beberapa perangkat pembelajaran dari bu Wulan dan diberi saran agar SMA Muhammadiyah 3 Probolinggo memberikan masukan agar sekolah kami tidak jalan ditempat dengan harus berani mengadakan gebrakan dan icon sekolah yang berbeda dengan sekolah yang lain.contoh mengerakkan batik dan kelas internasional meski hanya satu kelas saja.

Waktu istirahat tiba saya membina kelas halangan bagi siswi yang halangan yaitu dengan memneri materi tentang doa mensucikan diri dari hadast besar haid dan cara merawat organ kewanitaan para siswi sangat antusias mengikuti paparan materi saya.selanjutnya saya sharing dengan pak Budi guru Kimia mengenai perangkat pembelajaran dan saya dicopykan beberapa file silabus dan RPP kimia. Saya juga melihat lab kimia dan fisika kebetulan lab fisika dijadikan ruang guru dan diskusi kala itu namun lab kimia saya sempat melihat beberapa koleksi alat dan bahan yang tersusun rapi.

Saya mengikuti KBM di kelas internasional X MIPA3 dengan ibu Sri. Saat guru datang siswa masih sibuk dengan kegiatannya sendiri sampai pelajaran dibuka dengan salam dan ada siswa yang terlambat datang kekelas. Bu Sri juga mmeberikan umpan balik dengan menanyakan materi pada siswa saat menjelaskan siswa yang dapat menjawab maka dia akan mendapatkan point. Meski ada siswa yang tidak minat dengan adanya siswa yang tiduran bu Sri sabar tidak marah pada siswa tersebut.

Acara terakhir yang saya ikuti adalah mengikuti promo kampus Poltekkes Surabaya di kelas XII IPS 5 saat pemaran materi sampai sessi tanya jawab siswa sibuk ngobrol meski hanya beberapa. Kelas juga kotor saat saya masuk dan siswi yang menyapu meminta maaf karena kelasnya kotor, meski anak kota naun masih ada yang peduli kebersihan dan sangat sopan menyambut tamu.

Itulah pengalaman saya di hari kedua semoga tambah manfaat amin

 

AINI MASKURO

SMA MUHAMMADIYAH 3 PROBOLINGGO

 

By aimarusciencemania

Tinggalkan Balasan

