contoh rpp berkarakter pokok bahasan bio sebagai ilmu

 

MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMADIYAH

DAERAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN PROBOLINGGO

SMA MUHAMMADIYAH 3 PROBOLINGGO

NPSN: 302052012001 TERAKREDITASI B

SMA MUH 3                  Jl. Raya Sebaung Gending  ‘(0335) 612017 Probolinggo Kp.67272

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah 3 Probolinggo
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X/1
Pertemuan : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1.Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1  Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi

1.2  Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan  bioma)

Indikator : 1.      Mendeskripsikan pengertian biologi

2.      Mendeskripsikan ciri-ciri biologi sebagai ilmu dan metode ilmiah

3. Mengidentifikasi cabang-cabang biologi menurut objek dan persoalan yang dikaji

4. Mendeskripsikan manfaat belajar ilmu biologi

5.    Mendeskripsikan definisi  objek objek dan persoalan biologi pada tingkat molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma

6. mengidentifikasi contoh permasalahan biologi dalam organisasi kehidupan dari tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas dan bioma

Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi, cabang cabang biologi dan manfaat biologi bagi manusia dan lingkungan

Karakter siswa yang diharapkan :

Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunitif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif:

Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil

 

  1. Materi Pembelajaran

 

Materi Pokok             : Biologi sebagai ilmu

Sub Materi                 : Karakteristik ilmu biologi, cabang cabang ilmu biologi, biologi dan metode ilmiah, permasalahan biologi, dan manfaat mempelajari biologi.

 

 

  1. STRATEGI PEMBELAJARAN

PENDEKATAN : Konstektual

METODE      :Kooperative learning

Model : MIND MAPPING

 

Tatap muka Terstruktur Mandiri
 

ü  Mendeskripsikan karakteriristik ilmu biologi

ü  Mempresentasikan cabang cabang ilmu biologi dan manfaat belajar biologi

ü  Mengumpulkan informasi tentang metode ilmiah melalui tugas proyek

ü  Mengumpulkan informasi mengenai permasalahan biologi dari tingkatan atom sampai bioma

 

ü  Diskusi tentang karakteristik ilmu biologi

ü  Diskusi untuk mendeskripsikan cabang cabang ilmu biologi dan manfaat belajar biologi

ü  Diskusi tentang langkah –langkah metode ilmiah

ü  Diskusi mengenai permasalahan biologi

ü  Siswa dapat mendeskripsikan karakteristik ilmu biologi

ü  Siswa mengidentifikasi cabang-cabang ilmu biologi dan manfaat belajar biologi

ü  Siswa menganalisis langkah-langkah metode ilmiah

ü  Siswa dapat mngidentifikasi permasalahan biologi

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2x 45 menit)

Kegiatan guru Kegiatan siswa
Kegiatan awal (10 menit)

1.      Guru memberikan apresepsi “ makhluk hidup di dunia ini terdiri dari apa saja?”

 

2.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

3.      Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban

Kegiatan Inti (60 menit )

Eksplorasi

1.      Guru menjelaskan materi secara singkat menggunakan peta konsep (10 menit)

 

 

2.      Guru membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang (5 menit)

3.      Guru membimbing jalannya diskusi (20 menit)

Elaborasi

4.      Guru menginstruksikan salah satu kelompok untuk membaca hasil diskusi kelompok kemudian guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan   dan meminta tanggapan perwakilan dari kelompok lain

(15 menit)

Konfirmasi

5.      Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dan membandingkan peta konsep yang (10 menit)

Kegiatan akhir (10 menit)

Guru memberikan aplikasi dari pembelajaran “usahakan setiap melaksanakan penelitian bersikaplah sesuai metode ilmiah”

Guru memberikan tugas lanjutan untuk membuat peta konsep mengenai permasalahan biologi

Guru mengakhiri pelajaran dengan salam

 

 

1.      Siswa menjawab dan mendengarkan apresepsi dari guru, harapan guru siswa menjawab “manusia, hewan, dan tumbuhan

2.      Siswa menyimak kompetensi yang ingin di capai

 

3.      Siswa menyimak permasalahan yang dikemukakan oleh guru

 

 

 

 

 

1.      Siswa menyimak penjelasan guru

 

 

 

 

2.      Siswa membentuk kelompok sesuai instruksi guru

3.      Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi

4.      Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya

 

 

 

 

 

 

5.      siswa  membuat kesimpulan dan mem bandingan sesuai konsep yang disediakan guru

 

 

siswa menyimak apliaksi dari guru dan penugasan dari guru

 

 

Pertemuan ke 2

Strategi pembelajaran

Pendekatan :konstektual

Model : Problem Based Instruktion dan mind mapping

Kegiatan guru Kegiatan siswa
Kegiatan awal (10 menit)

1.      guru membuka pelajaran dengan salam, mengabsen siswa, dan memberikan aprersepsi “apa yang terjadi jika hutan sering ditebang?” (5 menit)

 

2.      guru menuliskan topik pembelajaran dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang kaan dicapai (5 menit)

 

Kegiatan Inti (60 menit )

EKSPLORASI

  1. Guru  menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih melalui peta konsep yang telah dibuat mengenai permasalahan biologi (5 menit )
  2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (5 menit)

ELABORASI

3.      Guru menginstruksikan salah satu kelompok untuk membaca hasil diskusi kelompok kemudian guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan   dan meminta tanggapan perwakilan dari kelompok lain

(30 menit)

KONFIRMASI

  1. Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dan membandingkan peta konsep yang dibuat guru (10 menit)

 

  1. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan (10 menit)

Kegiatan akhir (20 menit)

1.      Guru membuat kuis dengan mengerjakan lks

2.      Guru mengakhiri pelajaran dengan menyarankan siswa agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan

3.      Guru mengingatkan siswa untuk menyiapkan materi yang akan diadakan ulangan harian minggu depan

 

 

 

1.siswa menjawab salam, menyimak absensi oleh guru dan menjawab aprespsi guru, harapan guru siswa menjawab “hutan akan longsor dan mengakibatkan permasalahan biologi tingkat ekosistem”

2.siswa menyimak penulisan topik dan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

 

Siswa menyimak dan mempersiapkan peta konsep yang dibuat

 

 

 

 

Siswa mendefinisikan tugas peta konsep

 

 

 

 

 

Salah satu kelompok membacakan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lain menanggapi

 

 

 

 

 

 

 

Siswa bersama guru membuat kesimpulan

 

 

 

 

Siswa melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

 

 

 

 

Siswa mengerjakan lks dan siswa menyimak saran dari guru

 

Siswa menyimak penjelasan guru mengenai ulangan yang akan dilaksanakan mingggu depan

4.Sumber Belajar

Sumber belajar            : buku biologi kelas X (Pujianto,Sri, 2004.Khazanah pengetahuan biologi jilid 1a SMA.Surakarta: Tiga Serangkai

Buku biologi kelas X Aryulina, Diah, dkk. 2006. Biologi SMA dan MA untuk kelas X. Jakarta: Esis

Tim penyusun.LKS Teladan Biologi kelas X semester 1. CV Merah Putih

Tim Penyusun.LKS Maestro Biologi kelas X semester 1.CV Hasan Pratama

5.Alat dan bahan

Alat dan bahan : papan tulis, spidol, dan soal tes

 

6.PENILAIAN

Penilaian : test tulis  (terlampir ) dan penilaian kinerja siswa

  1. KOGNITIF

Soal ulangan harian (terlampir)

  1. Sebutkan sifat biologi sebagai ilmu !(C1)
  2. Jelaskan contoh permasalahan biologi dari tingkat molekul sampai tingkat bioma! (C2)
  3. Urutkan langkah-langkah metode ilmiah!(C3)
  4. Analisisilah manfaat mempelajari biologi! (C4)

 

  1. AFEKTIF
  2. Mengikuti intruksi dari guru untuk langkah identifikasi sampai mengkomunikasikan permasalahan biologi sebagai ilmu dengan penuh tanggung jawab, kerja keras, dan disiplin (A1)
  3. Mendengarkan pendapat teman saat kegiatan diskusi kelompok dengan rasa ingin tahu, toleransi dan komunikatif (A1)
  4. Mempertahankan pendapat terkait biologi sebagai ilmu dari kelompoknya  saat disanggah oleh anggota kelompok lain dengan  rasa tanggung jawab dan toleransi (A2)
  5. Mengatakan pendapat saat kegiatan diskusi untuk memecahkan permasalahan biologi sbagai ilmu di kelompok belajar dengan rasa ingin percaya diri, tahu, komunikatif dan  toleransi (A3)
  6. Mengusulkan saran alternatif pemecahan masalah biologi sebagai ilmu saat diskusi kelompok dengan mandiri, penuh tanggung jawab dan komunikatif
  7. Menghubungkan teori yang terkait dengan konsep yang terdapat pada biologi sebagai ilmu dengan percaya diri, teliti dan komunikatif (A4)
  8. Menyatakan pendapat dengan kalimatnya sendiri saat diskusi kelompok dengan mandiri, percaya diri, rasa tanggung jawab dan komunikatif (A5)

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik penilaian pendidikan karakter

 

No Aspek yang dinilai Kriteria Skor
1 Tanggung jawab Sangat bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas (mengerjakan laporan)

 

Mempertahankan pendapatnya saat disanggah oleh kelompok lain

 

Mengikuti instruksi guru

 

Mengusulkan saran alternatif pemecahan masalah yang dapat dipertanggungjawabkan

 

 

1

 

 

1

 

1

 

1

2 Bekerja Keras Bersungguh- sungguh dan dengan  sebaik-baiknya dalam mengerjakan tugas

 

Mengerjakan tugas  laporan  dengan teliti dan rapi

 

Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas- tugas dikelas dan di luar kelas

 

Berusaha mencari informasi tentang permasalahan biologi

1

 

 

1

 

1

 

 

1

 

3 Disiplin Teliti dan tertib dalam mengerjakan laporan

 

Menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditentukan

 

 

1

 

1

4 Rasa ingin tahu Bertanya tentang suatu hal yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas

 

Membaca sumber diluar buku teks tentang  permasalahan biologi

1

 

 

1

 

 

 

5 Toleransi Mau menerima pendapat yang berbeda dari teman sekelas (pada saat diskusi) 1
6 Komunikatif Memberi pendapat dalam kelompok di kelas

 

Memberi dan mendengarkan pendapat dalam diskusi kelas

 

Saat diskusi kelas mengemukakan pendapat/ bertanya

 

Saat guru mendampingi diskusi kelompok, peserta didik berani mengajukan pertanyaan

1

 

1

 

 

1

 

1

 

7 mandiri Menyimpulkan sendiri hasil diskusi atau presentasi

 

Tidak bergantung pada orang lain dalam menyelaikan tugas studi literature

 

 

 

Mengerjakan soal ulangan harian dan lks  secara mandiri

1

 

1

 

 

1

 

8 Teliti Teratur dalam penulisan pengerjaan laporan

 

Cermat dalam mengerjakan tugas dan soal

1

 

1

 

9 Percaya diri Mengatakan pendapat saat kegiatan diskusi untuk memecahkan permasalahan  biologi  di kelompok belajar.

 

Menyatakan pendapat dengan kalimatnya sendiri saat diskusi kelompok

1

 

 

1

 

 

 

 

 

Nilai: skor yang diperoleh          x 100

Skor maksimal

No Nama

Siswa

Aspek yang dinilai
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
                         
                         
                         
                         
                         

 

  1. PSIKOMOTOR
  2. Mengumpulkan informasi yang terkait dengan permasalahan biologi sebagai ilmu (P1)
  3. Menyesuaikan topik dengan permasalahan yang dikaji (P1)
  4. Merancang hipotesis yang sesuai dengan permasalahan biologi sebagai ilmu (P2)
  5. Mengemas kesimpulan dari permasalahan yang dikaji (P3)
  6. Memindahkan informasi dan data yang di peroleh dalam bentuk komunikasi hasil (P3)
  7. Memperbaiki kesalahan penyusunan laporan penugasan PBI dan mind mapping (P4)

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains

Keterampilan yang diharapkan Kriteria penilaian Skala skor
4 3 3 1
1.      Observasi a.       Mengamati permasalahan terkait dengan biologi sebagai ilmu dan permasalahan biologi

b.      Merumuskan permasalahan sesuai dengan topik yang ditentukan

 

       
2.      Hipotesis a.       Menyusun kalimat hipotesis sesuai dengan permasalahan

b.      Mengkategorikan jenis hipotesis yang disusun

       
3.      Mendesain dan melakukan percobaan dengan studi literatur dan mengumpulkan data a.       Menyusun rancangan penelitian dengan cara pengumpulan data yang sesuai  dengan permasalahan yang dikaji

b.      Menggunakan multi metode penelitian tidak hanya terpaku pada literatur

c.       Kejelasan dalam menyusun instrumen metode pengumpulan data.

       
4.      Menganalisis data a.       Memilah informasi dari berbagai sumber sesuai dengan permasalahan

b.      Menyusun informasi yang diperoleh untuk dianalisis sebagai data dan fakta

       
5.      Menyusun kesimpulkan a.       Menyusun kesimpulan yang sesuai dengan hipotesis

b.      Mengkategorikan kesimpulan yang disusun untuk disesuaikan dengan kebenaran hipotesis

       
6.      Mengkomunikan hasil a.       Mengkomunikasikan hasil di depan kelas

b.      Mengkomunikasikan hasil secara tertulis sesuai dengan format laporan

       

 

 

 

Keterangan :

  • = sangat sesuai

3=  sesuai

2= kurang sesuai

1= tidak sesuai

 

Nilai Keseluruhan : (K+ P+ A) /3

Skor :

Skor yang diperoleh/ jumlah soal X 100%

Keterangan :

 

A= 80-100

B= 70-79

C= 60-69

D=<59

 

 

Gending,       Agustus 2016

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran

                       

 

 

Rini Lestari, SH                                              Aini Maskuro, S.Pd

NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.

 

 

By aimarusciencemania

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s