lembar observasi microteaching

LEMBAR OBSERVASI GLOBAL

MAHASISWA PRAKTIKAN

NAMA:

NIM:

Tgl Praktik:

Pokok Bahasan :

                                               PRAKTIK MICROTEACHING        

                                  

 

LEMBAR I

MATERI PELAJARAN

  1. 1.      INTERES

Menyajikan fakta-fakta pendukung

Merupakan masalah atau kejadian yang aktual

Masalah/kejadian dapat dirasakan (dapat diindera) atau dipraktekkan oleh siswa

Masalah dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi masalah yang lebih dalam/ luas

Masalah atau kejadian dapat digunakan (diaplikasikan) langsung pada masalah tertentu (lainnya)

  1. 2.      TITIK PUSAT

Ada titik pusat (klimaks, inti persoalan)

Titik pusat sesuai dengan TIK yang telah dirumuskan

Titik pusat tidak terletak di bagian pembukaan

Titik pusat tidak terletak di bagian penutup

Ada review inti persoalan pada saat menutup pelajaran

  1. 3.      RANTAI KOGNITIF

Tidak terjadi: kesalahan ucap istilah, salah tafsir, atau miskonsepsi oleh guru

Fakta- fakta pendukung konsep dilakukan dengan benar

Sejumlah fakta telah mencukupi untuk melakukan generalisasi (penarikan kesimpulan/konsep), atau sebaliknya.

Urutan langkah dalam strategi (induktif atau deduktif) benar

Tampak relevansi hubungan materi (masalah) prerequsite-requisite

  1. 4.      KONTAK

Ada respons (materi) positif dari siswa pada bagian pembukaan

Ada respons (materi) positif dari siswa pada bagian isi

Ada respons (materi) positif dari siswa pada bagian penutup

Respons dan inisiatif siswa tetap terkendali dalam lingkup pokok bahasan materi

Kesamaan (kesesuaian) konsep atau hasil belajar antara siswa dengan guru

  1. 5.      PENUTUP

Kesimpulan atau konsep pokok tidak mengandung kerancuan

Evaluasi tidak menyimpang TIK (Materi)

Tugas untuk pendalaman atau pengayaan materi sesuai (relevan) dengan pokok bahasan

Ada penjelasan atau arahan untuk kegunaan praktis atau terapan yang sesuai dengan pokok bahasan

Ada penjelasan atau arahan untuk pengembangan masalah sehingga materi yang diperoleh siswasaat ini (pada saat penutup) berkedudukan sebagai materi prasarat untuk pokok bahasan selanjutnya.

LEMBAR II

MENGHIDUPKAN SUASANA KELAS

  1. 1.      GERAK

Tidak terpaku di salah satu tempat saja

Fungsional (setiap perpindahan posisi guru mempunyai maksud yang jelas)

Tidak ada gerakan yang mengganggu atau menimbulkan respon negatif dari siswa

Ada kalanya lebih mendekat pada siswa, tetapi selalu menjaga jarak untuk tidak terlalu dekat

Setiap gerakan luwes (tidak canggung, tidak berlebih-lebihan)

  1. 2.      SUARA DAN BAHASA

Volume dapat terdengar jelas dari setiap sudut ruangan kelas, tetapi tidak terlalu keras

Bahasa sesuai baku ragam tuur

Lancar dalam pengucapan kata atau kalimat

Pengucapan tidak datar (monoton)

Memberi tekanan pada hal- hal yang penting

  1. 3.      TITIK PERHATIAN

Menyeluruh, tidak hanya pada sebagian kecil siswa

Tidak ada pandangan kosong atau mengalihkanke arah lain karena “ takut” menatap siswa

Tanggap terhadap inisiatp ataupun perilaku siswa yang menyimpang dari PBM

Perhatian tetap pada seluruh siswa, walau sedang memberi pertanyaan atau tugas

Perhatian tetap pada seluruh siswa, ketika sedang menggunakan media

  1. 4.      MEDIA DAN VARIASINYA

Media lebih daripada satu macam (prinsip multimedia)

Visibel, audibel (dapat terlihat atau terdengar dengan jelas)

Tidak memaksakan hal-hal yang tidak dapat ditampilkan oleh media tertentu

Jenis media bervariasi, meliputi media penampil fakta (konkret) dan penampil konsep (abstrak)

Antar media satu dengan yang lin saling mengisi dan menunjang (tidak merupkan pengulangan sepenuhnya hal yang sama)

  1. 5.      VARIASI INTERAKSI

Ada interaksi antara guru dengan siswa

Ada interaksi siswa dengan media atau objek

Ada interaksi siswa dengan siswa

Ada interaksi siswa dengan guru, guru dengan siswa

  1. 6.      ISYARAT

Ada perubahan mimik selama mengajar

Ada gerakan-gerakan tubuh (tangan, mata, kepala, dsb)

Ada isyarat dengan kata-kata (verbal)

Isyarat verbal, perubahan mimik, dan gerak tubuh sesuai dengan konteksnya dan dilakukan pada saat yang tepat

Isyarat verbal, perubahan mimik, dan gerak tubuh tidak janggal atau menimbulkan hal-hal yang mengganggu PBM

  1. 7.      WAKTU SELANG

Menggunakan selang waktu

Waktu selang terletak diantara (pada saat perpindahan) bagian atau sub materi pokok

Waktu selang diantara pertanyaan atau perintah dengan penunjukan siswa yang ditugasi

Waktu selang antara respons siswa dengn respons balik dari guru

Waktu selang wajar (tidak terlampau singkat, atau sebaliknya berlama-lama)

LEMBAR III

TEKNIK MENGAJAR

  1. 1.      MEMBUKA PELAJARAN

Melakukan apersepsi (materi prasyarat atau pengalaman siswa)

Berusaha mengarahkan perhatian siswa (misal: membuat kejutan, menampilkan hal yang ganjil)

Menyatakan apa yang segera akan dipelajari

Menyatakan tujuan atau hal yang akan diperoleh siswa setelah melakukan PBM

Menyatakan kegunaan dari hasil yang diperoleh setelah siswa belajar

  1. 2.      MENDORONG DAN MELIBATKAN SISWA

Memberikan perintah atau pertanyaan yang harus direspons oleh siswa

Jika siswa tak segera merespons, guru mengulang sekali lagi perintah atau pertanyaan tadi

Jika siswa tak segera melakukannya juga, guru menguraikan atau menjelaskan lebih lanjut atau menyatakan perintah atau pertanyaan tadi dengan kata-kata lain yang sama arti

Mendorong, memberi dan memotivasi atau membesarkan hati dengan kata- kata atau gerak tubuh pada siswa yang mengalami kesulitan belajar

Penglibatan dan dorongan yang diberikan tidak hanya pada seorang atau sebagian kecil siswa

  1. 3.      MENGAJUKAN PERTANYAAN

Pertanyaan lebih dari satu butir pertanyaan

Kejelasan persoalan yang ditanyakan (ruang lingkup, obyek, sudut pandang, dsb)

Kejelasan sifat pertanyaan (konvergen/ divergen, terbuka/tertutup)

Pertanyaan disebut terlebih dahulu, baru menunjuk siswa yang diberi tugas menjawab

Sejumlah pertanyaan tersusun dalam urutan yang “ menggiring” pada tujuan tertentu

  1. 4.      MENGGUNAKAN ISYARAT NONVERBAL

Berupa gerakan tangan

Berupa gerakan mata atau perubahan mimik

Menggunakan bagian tubuh yang lain(misal: anggukan, gelengan kepala, dsb)

Isyarat fungsional atau tepat atau sesuai konteks

Isyarat non verbal dimengerti siswa

  1. 5.      MENANGGAPI SISWA

Peka terhadap inisiatif siswa yang berkaitan dengan bahan pelajaran

Peka terhadap perilaku yang mengganggu PBM

Dalam menanggapi inisiatif siswa yang berkaitan dengan bahan pelajaran, tidak langsung berupa informasi sepenuhnya dari guru

Terhadap inisiatif siswa yang tidak relevan dengan pokok bahasan, guru mampu mengelak, dengan memberi penjelasan kedudukan masalahnya

Tanggapan terhadap perilaku siswa yang menyimpang dari PBM tidak menimbulkan suasana kelas kacau

  1. 6.      MENGGUNAKAN WAKTU (2-6-2)

Proporsi waktu yang baik untuk bagian pembukaan (maksimum 2 menit)

Proporsi waktu yang baik untuk bagian penutup (maksimum 2 menit)

Tak ada waktu terbuang tanpa kegiatan

Sampai dengan batas waktu berakhir bagian isis telah tuntas dipelajari siswa

Tidak ada waktu tersisa

  1. 7.      MENUTUP PELAJARAN

Merangkum atau menyimpulkan bahan pelajaran

Dalam merangkm atau menyimpulkan melibatkan siswa

Melakukan evaluasi hasil belajar siswa

Memberikan tugas berupa pendalaman atau pengayaan

SKALA SKOR : 0-5

Memberi tugas berupa penerapan

About these ads
By aimarusciencemania

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s