contoh matrik penelitian Penelitian tindakan kelas

MATRIK PENELITIAN

Judul Rumusan Masalah Variabel Indikator Sumber Data Metode Penelitian Hipotesis
Penerapan model pembelajaran TAI (Team Accelerated Instruction) dan PBI (Problem Based Introduction ) untuk meningkatkan hasil belajar biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X semester genap   SMA Muhammadiyah 3 Jember (Pokok bahasan ekosistem) Bagaimana Penerapan model pembelajaran TAI (Team Accelerated Instruction) dan PBI (Problem Based Introduction ) dapat  meningkatkan hasil belajar biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X semester genap   SMA Muhammadiyah 3 Jember (Pokok bahasan ekosistem)?
  1. Variabel Bebas: Model TAI (Team Accelerated Instruction) dan PBI (Problem Based Introduction )
  2. Variabel Terikat:

hasil belajar biologi dan kemampuan berpikir kritis

ü  Penerapan model Pembelajaran TAI (Team Accelerated Instruction)

Adapun tahap-tahap dalam metode Team Accelerated Instruction (TAI) ini adalah sebagai berikut :

a.      a.  Penyajian kelas

Pengajaran yang dilakukan dengan posisi siswa duduk pada kelompoknya masing-masing.

b.    b.  Kelompok ( Team)

Kelompok dibuat beragam, berdasarkan kemampuan akademik, jenis kelamin, ras dan etnik, yang tediri dari 4-5 orang pada setiap kelompoknya.

c.       c. Kelompok Belajar  (Teams Study)

Di dalam kelompok belajar ini memungkinkan siswa untuk saling berdiskusi, berargumen dan membuat antara satu dengan yang lainnya untuk dapat memahami suatu pelajaran. Pada saat guru memberikan soal latihan maka masing-masing anggota kelompok mengerjakannya secara individual, lalu mengecek hasil pekerjaannya dengan anggota lainnya di dalam kelompok. Jawaban yang benar akan diberitahukan oleh guru melalui kunci jawaban yang telah ada. Jika soal dalam satu tahap telah terselesaikan, maka ketahap selanjutnya, tetapi jika siswa mengalami kesulitan dan kekeliruan dalam penyelesaiannya maka ia harus menyelesaikan soal lainya di tahap yang sama.

d.     d.  Test (test)

Adapun test yang dilakukan berupa pretest dan postes. Pretes dilakukan untuk dapat melihat kemampuan awal siswa sebelum materi diberikan oleh guru. Sedangkan pretest diberikan setelah menyelesaikan beberapa subpokok bahasan, atau pada akhir materi yang telah diajarakan. Dalam tes siswa mengerjakan secara individu tanpa bantuan rekan kelompok.

e.      e. Penilaian Kelompok Dan Pengakuan Kelompok

Penilaian kelompok dilakukan di table score, masing-masing individu mempunyai kontribusi untuk nilai kelompok yang didapat dari hasil kuis. Tim yang memenuhi kriteria penilaian akan mendapatkan pengakuan kelompok.

Penerapan Model pembelajaran PBI (Problem based Learning)

  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi sisw agar terlibat dalam aktvitas pemecahan masalah yang dipilih
  2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
  3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimmen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
  4. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
  5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-prses yang mereka gunakan

Langkah –langkah kombinasi model TAI dan PBI:

  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa dalam aktivitas pemecahan masalah ekosistem (PBI)
  2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah ekosistem (PBI)
  3. saat penyajian kelas, pengajaran  yang dilakukan dengan posisi siswa duduk pada kelompoknya masing-masing  , dimana tiap kelompok beranggotakan 4-5 orang yang kemampuannya heterogen, dan berbeda jenis kelamin. Masing-masing kelompok mendapatkan permasalahan ekosistem yang berbeda (TAI)
  4. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informsi yang sesuai dengan permasalahan ekosistem dalam kegiatan diskusi kelompok belajar. (PBI dan TAI)
  5. Guru membantu siswa dalam merencanakan tugas terkait permasalahan ekosistem  pada masing-masing kelompok belajar siswa dengan memberikan soal untuk dikerjakan secara individu lalu siswa mengecek pekerjaannya dengan anggota lain dalam kelompok belajar (PBI dan TAI)
  6. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang digunakan dalam kegiatan kelompok belajar untuk dilakukan penilaian kelompok (PBI dan TAI)

Hasil  Belajar Siswa

  1. Nilai Kemampuan Kognitif

Terdapat peningkatan nilai hasil belajar siswa hingga mencapai KKM

  1. Nilai Kemampuan Psikomotor

Keterampilan siswa saat  mengidentifikasi dan menganalisisi masalah ekosistem terkait sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dengan anggota kelompoknya.

 

Penilaian TAI dan PBI

  1. Mengidentifikasi permasalahan ekosistem dan faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangannya (C1)
  2. mengkategorikan

permasalahan ekosistem terkait dengan kegiatan manusis yang merusak dan menjaga keseimbangan ekosistem (C2)

  1. menggunakan hasil informasi yang diperoleh dalam diskusi kelompok untuk diterapkan dalam memecahkan permasalahan ekosistem (C3)
  2. membedakan informasi yang diperoleh untuk dirumuskan menjadi saran alternatif  pemecahan masalah ekosistem (C4)
  3. menghubungkan konsep aliran energi, rantai makanan, piramida ekolaogi dn daur bogeokimia dengan permasalahan keseimbangan ekosistem (C4)
  4. mendeteksi kemungkinan yang terjadi terkait dengan permasalahan keseimbangan ekositem (C5)
  5. menilai tindakan manusia yang tergolong mengganggu dan menjaga keseimbangan ekosistem (C5)
  6. Merencanakan hipotesis penyebab  permasalahan tentang ketidak seimbangan ekosistem (C6)

 

Kemampuan Afektif:

  1. Mengikuti intruksi dari guru untuk langkah  identifikasi sampai analisis permasalahan ekosistem dengan penuh tanggung jawa dan disiplin (A1)
  2. Mendengarkan pendapat  teman saat kegiatan diskusi kelompok dengan rasa ingin tahu, toleransi dan komunikatif (A1)
  3. Mempertahankan pendapat terkait permasalahan ekosistem dari kelompoknya  saat disanggah oleh anggota kelompok lan dengan  rasa tanggung jawab dan toleransi (A2)
  4. Mengatakan pendapat saat kegatan diskusi untuk memecahkan permasalahan ekosistem di kelompok belajar  dengan rasa ingin tahu, komunikatif dan  toleransi (A3)
  5. Mengusulkan saran alternatif pemecahan masalah ekosistem saat diskusi kelompok dengan penuh tanggung jawab dan komunikatif
  6. Menghubungkan teori yang terkait dengan konsep yang terdapat pada ekosistem dengan permasalahan ekosistem yang terjadi nyata di sekitar siswa dengan cermat, teliti dan kamunikatif (A4)
  7. Menyatakan pendapat dengan kalimatnya sendiri saat diskusi kelompok dengan rasa tanggung jawab dan komunikatif (A5)

 

Indikator  berpikir kritis:

  • memformulasikan pertanyaan yang mengarah kepada kemampuan kognitif

 

  • argumen sesuai dengan kebutuhan
  • menunjukkan persamaan dan perbedaan

menganalisis data

  • mendeduksi secara logis

menginterpretasi secara tepat

  • membuat generalisasi

menarik kesimpulan

  • Ø mengevaluasi berdasarkan fakta

memberikan alternatif lain

 

  1. Subyek Penelitian: Siswa Kelas X3 SMA Muhammadiyah 3 Jember
  2. Informan :
    1. Guru Bidang Studi Biologi
    2. Siswa Kelas X3 SMA Muhammadiyah 3 Jember
    3. Literatur
    4. Tempat Penelitian :
SMA Muhammadiyah 3 Jember

  1. Jenis Penelitian :

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

  1. Pengumpulan Data:
    1. Tes
    2. Wawancara
    3. Observasi
    4. Dokumentasi
    5. Persentase Ketuntasan:

P= n/N  x 100 %

 

Keterangan:

P= Persentase Ketuntasan Belajar Siswa

N= skor yang diperoleh siswa

N= Skor maksimum dalam tes

SKM= 75

Ketuntasan Klasikal ≤ 85 %

Persentase berpikir kritis dalam menjawab pertanyaan:

 

Keterangan :

a        = kemampua menjawab

= jumlah jawaban siswa tiap tingkatan

= jumlah keseluruhan jawaban siswa

 

 

 

 

Penerapan model pembelajaran TAI (Team Accelerated Instruction) dan PBI (Problem Based Introduction ) dapat meningkatkan hasil belajar biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X semester genap   SMA Muhammadiyah 3 Jember (Pokok bahasan ekosistem)

 

About these ads
By aimarusciencemania

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s