contoh RPP berkarakter kingdom fungi SMA KELAS X semester 1

MAJLIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMADIYAH

SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER

NPSN: 20523799 TERAKREDITASI A

SMA MUH 3                  Jl. Mastrip No.3 ‘0331-335127 Ê (0331) 335127 Jember Kp. 68126

e mail mu3.mastrip@yahoo.com

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah 3 Jember
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X/1
Pertemuan : 4 ( Ujian Praktek Pengalaman Lapangan )
Alokasi Waktu : 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami Prinsip- prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.4  Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis- jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan.

 

Indikator :
  1. 1.   Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
  2. 2.   Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
  3. 3.   Membedakan spora aseksual dan seksual
  4. 4.   Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
  5. 5.   Menjelaskan peranan jamur dalam kehidupan sehari- hari

 

Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri jamur, cara jamur memperoleh makanan, membedakan spora aseksual dan seksual, memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya dan menjelaskan peranan jamur dalam kehidupan sehari- hari

 

 

 

Karakter siswa yang diharapkan :

Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunitif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif:

Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil

  1. I.     Materi dan Uraian Materi Ajar
    1. Ciri- ciri umum
    2. Reproduksi jamur secara seksual dan aseksual
    3. Klasifikasi kingdom fungi (divisi Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota)
    4. Peranan jamur terhadap kehidupan sehari- hari.  (Uraian materi ajar terlampir)
    5. II.                Metode Pembelajaran

Diskusi,  pembelajaran berbasis masalah / problem based learning (PBL) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD)

  1. III.             Strategi Pembelajaran
Tatap muka Terstruktur Mandiri
ü  Mengamati spora  macam- macam divisi fungi

ü  Mendeskripsikan ciri-ciri kingdom fungi

ü  Mempresentasikan ciri-ciri, macam- macam dan peranan fungi

ü  Mengumpulkan informasi tentang fungi melalui tugas proyek

ü  Membuat produk makanan menggunakan jamur

ü  Mengidentifikasi permasalahan yang terdapat pada LKPD sesuai dengan pokok bahasan fungi.

ü  Pengamatan preparat spora fungi

ü  Diskusi untuk mendeskripsikan ciri-ciri fungi

ü  Diskusi tentang klasifikasi dan peranan fungi

ü  Tugas pengumpulan informasi tentang fungi

ü  Survei/ kunjungan lokasi produksi jamur misalnya tape, dan pabrik tempe.

ü  Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri fungi

ü  Siswa mengidentifikasi spora fungi

ü  Siswa menganalisis peranan fungi baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.

ü  Siswa dapat melaporkan proses pembuatan suatu produk yang mengggunakan jamur

ü  Siswa dapat mengidentifikasi permasalahan yang terdapat pada LKPD sesuai dengan pokok bahasan fungi.

 

 

 

 

 

  1. IV.             Langkah- langkah Pembelajaran
No Kegiatan Pembelajaran Aktifitas Guru/ Siswa Karakter Yang Diamati
1 Pendahuluan

( 2 Menit)

Guru

Memotivasi siswa dengan mengkaitkan materi lalu, dan memberikan apersepsi “  terbuat dari apa ragi tempe?”

Menuliskan topik dan menyebutkan indikator

(1 menit)

Siswa

Harapan guru siswa menjawab “ jamur bersel tunggal”

Menyimak dan mengamati gambar serta menyimak penulisan topik  dan penyebutan indicator

(1 menit)

 

 

Kerja keras, Rasa ingin tahu

2 Kegiatan Inti

(40  Menit)

Fase Eksplorasi

Guru

Menjelaskan materi secara umum dengan menggunakan media asli jamur dan tempe , tayangan slide dan banner struktur jamur dan reproduksi zygomycota ( 5 menit)

 

Menugaskan masing-masing siswa untuk duduk dengan kelompok masing- masing

( 1 kelompok beranggotakan 5 orang dengan 2 kelompok menjelaskan topik zygomycota 2 kelompok selanjutnya topik Basidiomycota, 2 kelompok lainnya menjelaskan topik ascomycota dan 2 kelompok terakhir menjelaskan deuteromycota ) (STAD)

( 1 menit)

Siswa

menyimak penjelasan guru

Melaksanakan instruksi guru

Fase Elaborasi

Guru

Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan 4 divisi kingdom fungi untuk di analisis masalah dalam LKPD (PBI) (1 menit)

Siswa

Siap dengan kelompok dan menyimak penjelasan guru

Guru

Guru mendorong siswa dalam kegiatan diskusi  untuk mengumpulkan informasi dari berbagai literatur (PBI)  (2 menit)

Siswa

Menyimak pemaparan guru dan sisap berdiskusi

Guru

Memberikan tugas kelompok untuk dikerjakan oleh anggota anggota kelompok dan   membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan hasil pemikiran tentang jawaban  dari bahan diskusi  tersebut untuk didiskusikan di depan kelas (STAD dan PBI) (1 menit)

Siswa

Anggota dari siswa tahu untuk menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota kelompok itu mengerti

Berdiskusi di depan kelas dengan masing- masing perwakilan 4 kelompok sampel (20 menit)

Fase Konfirmasi

Guru

membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan dari hasil diskusi agar tidak terjadi kesalahan konsep (dengan pengutan tayangan slide) (PBI dan STAD) (5 menit)

Siswa

Menyimak reflesi dan evaluasi dari guru

Guru

Memberikan kuis dengan soal post test dan siswa tidak boleh membentu (STAD) (5 menit)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanggung jawab, peduli lingkungan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jujur, teliti dan bertanggung jawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kerja keras, komunikatif dan menghargai pendapat orang lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jujur, mandiri dan kerja keras

3 Penutup

(3 Menit)

Guru

Membantu siswa menyimpulkan materi (2 menit)

Siswa

Menyimpulkan materi bersama-sama guru

Guru

Memberikan penugasan untuk mengumpulkan tugas proyek 1 minggu yang lalu (1 menit)

Siswa

Menyimak penugasan dari guru

Kerja keras, tanggung jawab

 

V. Sumber Belajar , Alat, dan Bahan

Suwarno.2007. Biologi SMA KELAS X. Jakarta BSE

Oman Karmana. 2008. Biologi IA untuk kelas X SMA. Bandung: Grafindo Media  Pratama

Internet

Tayangan slide

Media asli jamur tiram dan jamur tempe

Media gambar banner struktur jamur dan reproduksi Zygomycota

 

Alat dan Bahan:

Papan tulis

Spidol

LKPD (Terlampir)

Soal Post test (terlampir)

  1. VI.        Penilaian

Tugas berbasis proyek (Pertemuan akhir sebelum UAS)

LKPD

Post tes

Ulangan Harian

  1. KOGNITIF
    1. Jelaskan ciri- ciri jamur dari masing- masing 4 divisi jamur! (C1)
    2.  Sebutkan spesies masing- masing klasifikasi jamur dari 4 divisi!  (C2)
    3.  Bagaimana proses  reproduksi pada masing-masing 4 divisi jamur! (C3)
    4. Analislah   peranan  jamur secara umum dari 4 divisi jamur !(C4)
    5. AFEKTIF

 

Rubrik penilaian pendidikan karakter

 

No Aspek yang dinilai Kriteria Skor
1 Tanggung jawab Sangat bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas (mengerjakan LKPD)

 

1
2 Bekerja Keras Bersungguh- sungguh dan dengan  sebaik-baiknya dalam mengerjakan tugas

 

Mengerjakan tugas proyek dengan teliti dan rapi

 

Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas- tugas dikelas dan di luar kelas

 

Berusaha mencari informasi tentang 4 divisi jamur dari berbagai sumber dan terjun langsung ke industri produk olahan dengan memanfaatkan jamur

1

 

 

 

 

1

 

 

 

1

 

 

 

1

 

3 Disiplin Teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas/ LKPD

 

Menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditentukan

 

 

1

 

 

 

1

4 Rasa ingin tahu Bertanya tentang suatu hal yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas

 

Membaca sumber diluar buku teks tentang  jamur 4 divisi jamur dari berbagai sumber dan terjun langsung ke industri produk olahan dengan memanfaatkan jamur (penugasan proyek)

1

 

 

 

 

1

5 Toleransi Mau menerima pendapat yang berbeda dari teman sekelas (pada saat diskusi) 1
6 Komunikatif Memberi pendapat dalam kelompok di kelas

 

Memberi dan mendengarkan pendapat dalam diskusi kelas

1

 

 

1

7 Mandiri Menyimpulkan sendiri hasil diskusi atau presentasi

 

Tidak bergantung pada orang lain dalam menyelaikan tugas studi literatur

1

 

 

 

1

8 Menyimak informasi guru Konsentrasi dalam menerima informasi dari guru 1
9 Berani mengemukakan pendapat/bertanya Saat diskusi kelas mengemukakan pendapat/ bertanya

 

Saat guru mendampingi diskusi kelompok, peserta didik berani mengajukan pertanyaan

1

 

 

 

1

10 Demokratis Bermusyawarah dengan teman sekelompok saat diskusi 1
11 Santun Tidak membuat gaduh pada saat KBM berlangsung 1

 

Nilai: skor yang diperoleh          x 100

Skor maksimal

 

 

No Nama

Siswa

Aspek yang dinilai
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
                         
                         
                         
                         
                         

 

 

 

  1. PSIKOMOTOR

 

  1. Keterampilan untuk mengindentifikasi masalah dalam LKPD
  2. Keterampilan saat mempresentasikan tugas proyek
  3. Keterampilan menjelaskan masalah pada anggota lain dalam kelompok
  4. Kecakapan dalam mendemonstrasikan hasil diskusi
  5. Keterampilan untuk menyanggah dan membuat kesimpulan

 

Nilai Keseluruhan : (K+ P+ A) /3

 

Skor :

Skor yang diperoleh/ jumlah soal X 100%

Keterangan :

A= 81-100

B= 61-80

C= 50-60

D= 30-50

E= < 30

Jember , 26  November 2012

Guru Pamong                                                                          Guru Praktek

 

 

 

 

Ir. Sutoyo                                                                                Aini Maskuro

NUPTK. 4038744646200053                                                 NIM. 0910211107

 

Mengetahhui,

Kepala Sekolah

 

 

 

 

M.Zaenal Mahfud, S.Pd

NUPTK.535574951200013

About these ads
By aimarusciencemania

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s