Perangkat Pembelajaran (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Protista kelas X semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah : SMA Muhammadiyah 3 Jember
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X/1
Pertemuan : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami Prinsip- prinsip pengelompokkan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom protista dan peranannya bagi kehidupan

 

Indikator :
  1. 1.   Menjelaskan ciri- ciri protista mirip jamur dan hewan
  2. 2.   Mendeskripsikan ciri- ciri masing- masing klasifikasi protista mirip jamur dan hewan
  3. 3.   Memahami reproduksi protista mirip jamur dan hewan
  4. 4.   Mengidentifikasi  peranan protista mirip jamur dan hewan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri protista mirip jamur dan mirip hewan , reproduksi protista mirip jamur dan mirip hewan, dan peranan protista mirip jamur dan hewan bagi kehidupan.

Karakter siswa yang diharapkan :

Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunitif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif:

Percaya diri, berorientasi tugas dan hasil

 

 

  1. I.     Materi Ajar
  2. Ciri- ciri Protista yang meliputi:
    1. Protista mirip jamur
    2. Protista mirip hewan
    3. Protista mirip tumbuhan

 

  1. Peranan protista bagi kehidupan
    1. Peranan yang menguntungkan
    2. Peranan yang merugikan

 

  1. II.                Metode Pembelajaran

Diskusi, penugasan dan think pair share

  1. III.             Strategi Pembelajaran
Tatap muka Terstruktur Mandiri
ü  Mengamati gambar macam- macam protista mirip  hewan dan  mirip jamur

ü  Mendeskripsikan ciri-ciri protista

ü  Mempresentasikan ciri-ciri, macam- macam dan peranan protista

ü  Mengumpulkan informasi tentang protista

ü  Pengamatan gambar protista

ü  Diskusi untuk mendeskripsikan ciri-ciri protista

ü  Diskusi tentang klasifikasi dan peranan protista

ü  Tugas pengumpulan informasi tentang protista

ü  Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan dan jamur

ü  Siswa mengdentifikasi gambar protista

ü  Siswa menganalisis peranan protista baik yang mengntungkan maupun yang merugikan.

 

  1. IV.        Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 x 45 menit)

  1. A.    Kegiatan Awal (10 Menit )
    1. Guru  memberi salam dan mengabsen siswa
    2. Guru menanyakan kembali kepada siswa mengenai pelajaran sebelumnya.
    3. Guru memotivasi aktivitas siswa dengan memberikan apersepsi “ Apa alat gerak dari protozoa?” harapan guru siswa menjawab “ kaki semua”
    4. Guru menuliskan topik dan menyebutkan tujuan pembelajaran
    5. B.     Kegiatan inti (70 menit)
      1. Eksplorasi
        1. Guru meminta siswa untuk mempelajari materi berkaitan dengan protista mirip jamur (nilai yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
        2. Siswa mencari informasi mengenai protista mirip jamur melalui studi literatur. (nilai yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
        3. Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi:

  1. Siswa mendiskusikan dengan teman kelompoknya mengenai protista mirip jamur. (nilai yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
  2. Siswa mempresentasinya dengan teman kelompoknya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
  3. Guru membimbing diskusi siswa agar tidak terjadi kesalahan konsep
  4. Siswa mengumpulkan hasil studi literatur dengan anggota kelompoknya masing-masing. (nilai yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
  5. Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi

  1. Siswa menyimpulkan tentang hal- hal yang belum diketahui dari kegiatan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
    1. Guru menanyakan dan menjelaskan kembali terkait dengan hal- hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
    2. C.    Kegiatan Akhir (10 Menit)
    3. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan ciri-ciri protista mirip jamur. (nilai yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
    4. Guru memberikan aplikasi “ untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan oleh protista, hendaknya kalian menjaga pola hidup sehat yang bersih”
    5. Guru memberikan penugasan kepada siswa untuk mempelajari materi protista mirip hewan.

 

Pertemuan ke 2 (2x 45 menit)

 

  1. A.    Kegiatan Awal (10 Menit )
    1. Guru  memberi salam dan mengabsen siswa
    2. Guru menanyakan kembali kepada siswa mengenai pelajaran sebelumnya.
    3. Guru memotivasi aktivitas siswa dengan memberikan apersepsi “ hewan apa yang masih menjadi perdebatan dalam  kelas protozoa?” harapan guru siswa menjawab “ Euglena viridis
    4. Guru menuliskan topik dan menyebutkan tujuan pembelajaran
    5. B.     Kegiatan Inti (70 Menit)
      1. I.                   Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi:

  1. Guru menjelaskan sedikit materi tentang  protista mirip hewan. secara singkat dan global
  2. Guru menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran TPS pada siswa
  3. Guru membentuk kelompok belajar siswa secara berpasangan, masing-masing kelompok beranggotakan 2 orang yang berasal dari teman sebangku
  4. Guru meminta siswa untuk berfikir secara mandiri tentang permasalahan yang disampaikan guru melalui soal Lembar Kerja Peserta didik ( karakter yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
  5. II.                Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi:

  1. Setelah waktu mengerjakan soal TPS secara individual / mandiri habis, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dengan pasangan guna melaksanakan  tahap selanjutnya yaitu sharing hasil pemikiran  sesuai dengan langkah-langkah TPS yang telah dijelaskan sebelumnya. (karakter yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunitif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
  2. Guru memimpin pleno kecil/diskusi kelas dengan cara menjadi moderator agar jalannya diskusi menjadi terarah.
  3. Setelah waktu berdiskusi habis,guru mempersilahkan 1-3 kelompok sampel untuk presentasi dalam diskusi kelas. (karakter yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).

 

  1. III.             Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi:

  1. Berawal dari kegiatan tersebut,guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan agar penjelasan siswa tidak keluar dari konsep,dan memimpin diskusi serta mempersilahkan kelompok lain untuk menanggapi jawaban dari kelompok sampel. (karakter yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).
  2. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tentang materi yang belum jelas,jika tidak ada yang bertanya guru langsung memberi penguatan namun jika ada yang bertanya guru menanggapi pertanyaan tesebut.
  3. Guru memberi penguatan pada hasil diskusi
  4. C.    Kegiatan Akhir (10 menit)
    1. Guru bersama-sama siswa merumuskan kesimpulan dari hasil diskusi (karakter yang ditanamkan: Jujur , kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu, komunitif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan).

2.  Kemudian guru memberikan aplikasi kepada siswa” jagalah kesehatan kalian masing dengan kebiasaan hidup bersih agar terhindar dari penyakit yang disebabkan protista”

3.   Guru mengevaluasi jalannya diskusi,memberikan pujian/reward kepada kelompok sampel yang presentasinya bagus,namun bagi kelompok sampel yang presentasinya kurang,maka guru memberikan motivasi agar lain waktu lebih baik

  1. Guru mengakhiri pelajaran dengan memberi arahan agar siswa selanjutnya dan memberikan penugasan untuk mencari informasi mengenai protista mirip tumbuhan dan dikumpulkan minggu depan

 

  1. IV.             Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Suwarno.2007. Biologi SMA KELAS X. Jakarta BSE

Oman Karmana. 2008. Biologi IA untuk kelas X SMA. Bandung: Grafindo Media Pratama

Internet

 

Alat dan Bahan:

Papa tulis

Spidol

LKS

IX. Penilaian

Tugas

LKS

Post tes

Ulangan Harian

  1. KOGNITIF
    1. Jelaskan ciri- ciri protista mirip jamur dan hewan! (C1)
    2.  Sebutkan ciri- ciri masing- masing klasifikasi protista mirip jamur dan hewan (C2)
    3.  Bagaimana proses  reproduksi protista mirip jamur dan hewan! (C3)
    4. Analislah   peranan protista mirip jamur dan hewan!(C4)
    5. AFEKTIF

 

Rubrik penilaian pendidikan karakter

 

No Aspek yang dinilai Kriteria Skor
1 Tanggung jawab Sangat bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas (mengerjakan LKPD)

 

1
2 Bekerja Keras Bersungguh- sungguh dan dengan  sebaik-baiknya dalam mengerjakan tugas

 

Mengerjakan tugas dengan teliti dan rapi

 

Menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas- tugas dikelas

 

Berusaha mencari informasi tentang PROTISTA MIRIP JAMUR DAN HEWANdari berbagai sumber

1

 

 

 

 

1

 

 

 

1

 

 

 

1

 

3 Disiplin Teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas/ LKPD

 

Menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditentukan

PROTISTA MIRIP JAMUR DAN HEWAN

 

1

 

 

 

1

4 Rasa ingin tahu Bertanya tentang suatu hal yang berkaitan dengan materi yang sedang dibahas

 

Membaca sumber diluar buku teks tentang

1

 

 

 

 

1

5 Toleransi Mau menerima pendapat yang berbeda dari teman sekelas (pada saat diskusi) 1
6 Komunikatif Memberi pendapat dalam kelompok di kelas

 

Memberi dan mendengarkan pendapat dalam diskusi kelas

1

 

 

1

7 Mandiri Menyimpulkan sendiri hasil diskusi atau presentasi

 

Tidak bergantung pada orang lain dalam menyelaikan tugas studi literatur

1

 

 

 

1

8 Menyimak informasi guru Konsentrasi dalam menerima informasi dari guru 1
9 Berani mengemukakan pendapat/bertanya Saat diskusi kelas mengemukakan pendapat/ bertanya

 

Saat guru mendampingi diskusi kelompok, peserta didik berani mengajukan pertanyaan

1

 

 

 

1

10 Demokratis Bermusyawarah dengan teman sekelompok saat diskusi 1
11 Santun Tidak membuat gaduh pada saat KBM berlangsung 1

 

Nilai: skor yang diperoleh          x 100

Skor maksimal

 

No Nama

Siswa

Aspek yang dinilai
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
                         
                         
                         
                         
                         

 

 

 

 

Nilai Keseluruhan : K+ P+ A/3

 

 

PSIKOMOTOR

 

  1. keterampilan untuk mengindentifikasi materi
  2. keterampilan saat berdiskusi secara berpasangan
  3. kecakapan dalam mendemonstrasikan hasil diskusi
  4. keterampilan untuk menyanggah dan membuat kesimpulan

 

 

skor :

skor yang diperoleh/ jumlah soal X 100%

Keterangan

A= 81-100

B= 61-80

C= 50-60

D= 30-50

E= < 30

Jember , 6 November 2012

Guru Pamong                                                                          Guru Praktek

 

 

 

 

Ir. Sutoyo                                                                                Aini Maskuro

NUPTK. 4038744646200053                                                 NIM. 0910211107

 

Mengetahhui,

Kepala Sekolah

 

 

 

M.Zaenal Mahfud, S.Pd

NUPTK.535574951200013

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     

                         

           

 

 

About these ads
By aimarusciencemania

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s