contoh laporan pra praktek kerja lapangan FKIP biologi

LAPORAN

PRA-PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN

(PRA-PPL)

 

 

 

 

Disusun oleh:

Mohamad Juri

NIM. 0910211097

Aini Maskuro

NIM. 0910211107

 

 

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

2012

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1  Maksud Program

Program  Pra PPL adalah salah satu syarat untuk menempuh PPL. Pada dasarnya program pra PPL adalah sebagai latihan kesiapan dalam mengikuti PPL di semester 7. Sehingga saat PPL nanti mahasiswa diharapkan telah memiliki pengalaman terkait dengan teknik mengajar dan kenyataan yang akan dihadapi di lapangan.

Dengan adanya program pra PPL diharapkan baik masyarakat maupun mahasiswa dapat mengambil manfaat sehingga terjalin kerja sama antar keduanya. Jadi, dengan adanya program pra PPL diharapkan mampu memupuk keadaan dalam masyarakat akan pentingnya belajar khususnya IPA (Biologi ).

1.2  Tujuan dan Fungsi Program

1.2.1        Tujuan

Adapun tujuan di adakan pra PPL adalah:

  1. Sebagai persiapan dalam melaksanakan PPL pada semester 7 yang merupakan program wajib tempuh.
  2. Penguasaan keterampilan dasar mengajar pada sekolah dasar sebelum terjun ke SMP maupun SMA.
  3. penguasaan kemampuan keguruan dengan utuh di bawah bimbingan dosen pendamping.
  4. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di komunitas kelompok belajar  di lingkungan masyarakat dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pembelajaran/ keguruan.
  5. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari,  mengenal, dan menghayati permasalahan terkait pembelajaran di masyarakat.
  6. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan, dan keterampilan yang telah dikuasai ke dalam proses pembelajaran nyata di masyarakat.
  7. Meningkatkan hubungan kerja sama kemitraan antara jurusan Pendidikan MIPA Universitas Muhammadiyah Jember dengan komunitas kelompok belajar di masyarakat. 

 

1.2.2        Fungsi Pra PPL

Adapun fungsi pra ppl adalah:

  1. Pengembangan kemampuan dasar mengajar khususnya IPA (Biologi) pada tingkat SD.
  2. Sebagai wahana ajar calon guru agar bisa akrab dengan dunia sekolah.

1.3  Visi dan Misi Pra PPL

1.3.1        Visi

Wahana pembekalan calon guru tenaga pendidikan Biologi yang profesional.

1.3.2        Misi

Adapun misi pra PLL sebagai berikut:

  1.  Menyiapkan dan memberikan pengalaman praktek pembelajaran langsung dan memantapkan kerja sama kemitraan program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah  Jember dengan komunitas  masyarakat (Bimbingan Belajar/ TPQ)
  2. Mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan ke dalam praktek pembelajaran di lapangan.
  3. Mengkaji dan  mengembangkan praktek pembelajaran dan praktek pendidikan.

1.4  Sasaran Program

1.4.1        Kondisi Pra PPL

Kondisi  pra PPL yang kami tempati untuk mengajar berupa Kelompok Belajar yang bernama Kelompok Belajar A-Z  yang terletak di kawasan perumahan. Keadaan rumah pemilik kelompok belajar A-Z tergolong nyaman, rapi dan bersih serta dilengkapi dengan meja dengan duduk lesehan dan papan tulis white board yang dapat digunakan sebagai sarana proses pembelajaran. Untuk denah lokasi terlampir.

1.4.2        Alamat

Tempat program pra-PPL ini bertempat di Kelompok Belajar A-Z dengan alamat Jl Argopuro II blok A 13 Perumahan  Jember Permai I..

1.4.3        Identitas sasaran Program

Nama Kelompok Belajar                     : A-Z

Kepala/ Pengelola                               : Sitti  Habibah, S.P

Sekretaris                                            : Drs. Bagus QRE

Keuangan                                            : Permata Atsnaul Laily

Tutor tetap                                          :  Furqoni

                                                               Permata Atsnaul Laily

    Ainur S.Pd

    Irma S.Pd

1.4.4        Jumlah siswa

Siswa Kelompok Belajar A-Z berjumlah 40 orang yang terdiri dari siswa TK, SD dan SMP.(daftar siswa terlampir)

1.4.5        Profil sasaran program

  1. 1.      Latar Belakang Berdirinya Bimbel AZ

Sejak tahun 1988 pasangan Sitti Habibah dan Bagus Qomaruzzaman Ratu Edi di rumah barunya yang dihuni setelah 2 bulan menikah membulatkan niat untuk memulai hidup barunya dengan mengundang anak-anak sekitar perumahan dan perkampungan untuk belajar dan mengaji bersama.

Seiring perjalanan waktu, pada tahun 1994 berangkat dari kepedulian banyaknya siswa tidak mampu disekitar rumah yang memiliki niat dan minat untuk ikut belajar sebagaimana teman-teman sebaya yang mampu dari sisi finansiial, maka pasangan ini bertekad mengajak mereka belajar dengan gratis.

Mengingat problem belajar  siswa, maka bimbingan belajar ini di beri nama A-Z yang memiliki 2 arti. Pertama Argopuro Zona, artinya tempat belajar di wilayah Jl, Argopuro, Perumahan Jember Permai I. Kedua A sampai Z, artinya sebagai tempat belajar bersama dan konsultasi semua bidang studi termasuk belajar mengaji maupun ketrampilan lainnya.

Siswa bimbingan belajar A-Z berasal dari berbagai sekolah unggulan, seperti TK Al-Furqan, TK Al-Irsyad, SD Al-Furqan, SD Muhammadiyah I, SD Jember Lor, SD Sumbersari, SMP Al-Furqan, SMP 1, SMP 3, SMP 11, SMP 12.

Hingga saat ini alumni bimbingan belajar A-Z telah menduduki bangku kuliah baik Negeri maupun Swasta.

Alhamdulillah, selama perjalanannya bimbingan belajar A-Z telah mendapatkan kepercayaan dari Perguruan Tinggi Swasta Universitas Muhammadiyah Jember sebagai tempat Pra PPL Mahasiswa FKIP. 

  1. 2.      Visi dan Misi
    1. Visi : Menjadi lembaga bimbingan belajar berwawasan transidental
    2. Misi :
      1. Menjadi tempat setiap siswa untuk membangun prestasi akademik dan spiritual
      2. Menjadi tempat untuk ikut serta meningkatkan kualitas pendidikan nasional
      3. Menjadi tempat konsultasi belajar siswa mulai dari A sampai Z
      4. 3.      Manfaat
        1. Terbangunnya admosfeer belajar dikalangan siswa
        2. Sebagai mitra untuk membantu memecahkan problem belajar siswa
        3. Sebagai media transfer pengetahuan dan kreatifitas dari berbagai asal sekolah siswa
        4. 4.      Sistem dan Skedul Pembelajaran serta Kualifikasi Tentor
          1. Menggunakan system  5 : 1 (5 siswa 1 tentor)
          2. Metode smart, khususnya bidang studi matematika dan IPA
          3. Membantu menyelesaikan tugas PR secara efektif
          4. Metode belajar Al-Quran dengan berbagai metode sesuai metode yang diajarkan di sekolah.
          5. Jumlah pertemuan setiap hari Senin sampai Kamis terbagi 2 shiff. Shiff 1 jam 15.30 – 17.00, shiff 2 jam 18.30 – 20.00
          6. Kualifikasi Tentor : S1 dan S2
          7. 5.      Penutup

Demikian profil bimbingan belajar A-Z, semoga dapat dijadikan sebagai sharring dalam ikut serta mencerdaskan pendidikan bangsa yang beriman, bertaqwa serta ber akhlaqul karimah.

1.5  Manfaat Program

1.5.1        Bagi Mahasiswa

Adapun manfaat program pra PPL bagi mahasiswa sebagai berikut:

  1. Menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pembelajaran di masyarakat.
  2. Memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner sehingga dapat memahami adanya ketrkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan di masyarakat.
  3. Memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan proses pembelajaran di masyarakat
  4. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat berperan sebagai motivator, dinamisator, dan membantu pemikiran sebagi problem solver.

1.5.2        Bagi komunitas kelompok belajar

Adapun manfaat program pra PPL bagi mahasiswa sebagai berikut:

  1. Memperoleh kesempatan untuk dapat andil dalam menyiapkan calon guru MIPA dan tenaga pendidik yang profesional.
  2. Mendapatkan bantuan pemikiran, tenaga, ilmu dan teknologi dalam pelaksanaan pengembangan proses pembelajaran di masyarakat.
  3. Meningkatkan hubungan kerjasama kemitraan antara jurusan pendidikan MIPA UM Jember dengan komunitas kelompok belajar di masyarakat.

1.5.3        Bagi  siswa

Sebagai sarana untuk mendapatkan pelajaran, khususnya IPA (Biologi) tanpa dipungut biaya. Sebagai pelajaran tambahan disamping yang telah didapatkan di sekolah.

1.5.4        Bagi jurusan MIPA

Adapun manfaat program pra PPL bagi mahasiswa sebagai berikut:

  1. Memperoleh umpan balik dari pelaksanaan pra PPL guna pengembangan kurikulum mata kuliah yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Memperoleh berbagai sumber belajar dan menemukan berbagai permasalahan untuk pengembangan proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  3. Terjalin kerja sama kemitraan yang lebih baik dengan komunitas kelompok belajar di masyarakat untuk pengembangan tri darma perguruan tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN

2.1  Perangkat pembelajaran

2.1.1        Persiapan

Dalam persiapan pelaksanaan pra PPL di perlukan penyusunan perangkat pembelajaran yang meliputi:

1). Jadwal mengajar

 Berikut jadwal  mengajajar dari mahasiswa:

Nama             : Aini Maskuro

NIM              : 0910211107

Prodi             : Pendidikan  Biologi

No

Materi pelajaran

Waktu pelaksanaan

Ket

(media)

Hari

tanggal

waktu

1

Mengenal diri sendiri (mengenal anggota tubuh, bagian-bagian tubuh dan kegunaan anggota tubuh) IPA SD kelas 1

 

Senin

17 September 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 1

PLATINUM

 

2

Perkembang biakan makhluk hidup (perkembang biakan hewan)

Selasa

18 September 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 6

PLATINUM

Paket SAINS SD Kelas 6 Erlangga

3

Perkembang biakan makhluk hidup (perkembang biakan tumbuhan)

Rabu

19 September 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 6

PLATINUM

Paket SAINS SD Kelas 6 Erlangga

4

Evaluasi materi perkembang biakan hewan dan tumbuhan

Kamis

20 September 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 6

PLATINUM

Paket SAINS SD Kelas 6 Erlangga

5

Keseimbangan ekosistem (Faktor- faktor yang mempengaruhi keseimbangan ekosistem)

Senin

24 September 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 6

PLATINUM

6

Latihan soal materi keseimbangan ekosistem paket halaman  58- 59

Selasa

25 September 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 6

PLATINUM

Paket SAINS SD Kelas 6 Erlangga

7

Pelestarian makhluk hidup

Rabu

26 September 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 6

PLATINUM

8

Latihan soal materi pelestarian makhluk hidup paket hal 75-76

Kamis

27 September 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 6

Paket SAINS SD Kelas 6 Erlangga

PLATINUM

9

Evaluasi materi ekosistem dan pelestarian Makhluk hidup

Senin

1 Oktober 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 6

PLATINUM

Paket SAINS SD Kelas 6 Erlangga

10

Review materi dan pembahasan soal evaluasi ekosistem dan pelestarian Makhluk hidup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selasa

2 oktober 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 6

PLATINUM

Paket SAINS SD Kelas 6 Erlangga

11

Latihan soal UTS paket hal

Rabu

3 oktober 2012

60 menit

Buku paket IPA SD kelas 6

PLATINUM

Mengetahui

Dosen pendamping                                         Kepala kelompok Belajar A-Z                                               

Chistine Wulandari , M. Pd                                       Sitti Habibah, S.P

NPK : 0804484                     

 

Praktikan

 

Aini Maskuro

2)  Jadwal mengajar

 Berikut jadwal  mengajajar dari mahasiswa:

Nama        : Mohamad Juri

NIM         : 0910211097

Prodi        : Pendidikan  Biologi

No

Materi pelajaran

Waktu pelaksanaan

Ket

(media)

Hari

tanggal

waktu

1

Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Sistem Pernafasan Pada Manusia)

Senin

17 September 2012

60 menit

  • Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

 

2

Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Sistem Pernafasan Pada Hewan)

Selasa

18 September 2012

60 menit

Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

3

Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Gangguan Pada Sistem Pernafasan)

Rabu

19 September 2012

60 menit

Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

4

Organ tubuh manusia dan hewan

  • Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia.

 

Kamis

20 September 2012

60 menit

Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

5

Organ tubuh manusia dan hewan

  • Mekanisme pencernaan pada manusia

 

Senin

24 September 2012

60 menit

Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

6

Organ tubuh manusia

Alat Peredaran Darah Pada Manusia.

  • Pembuluh darah
  • Golongan Darah
  •  

 

Selasa

25 September 2012

60 menit

Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

7

Organ tubuh manusia

Alat Peredaran Darah Pada Manusia.

  • Proses peredaran darah manusia
  • Kelainan pada peredaran darah

 

Rabu

26 September 2012

60 menit

Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

8

Evaluasi

Kamis

27 September 2012

60 menit

Buku  SAINS SD Relevan Kelas V

Mengetahui

Dosen pendamping                                         Kepala kelompok Belajar A-Z

 

 

Chistine Wulandari , M. Pd                           Sitti Habibah, S.P

NPK : 0804484                     

 

Praktikan

 

Mohamad Juri

NIM : 0910211097

3)  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (terlampir).

2.1.2        Pelaksanaan

1). Pelaksanaan Program pra PPL

Program pra PPL dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik FKIP UNMUH JEMBER yang di mulai tanggal 17  September 2012 sampai tanggal 6 Oktober 2012 . Kegiatan ini dimulai dengan pembekalan yang dilaksanakan pada tanggal 15 September 2012 dengan ketentuan praktikan menyelesaikan minimal 8 kali pertemuan. 

2).  Tempat  dan waktu pelaksanaan pra PLL

Adalah di Kelompok Belajar A-Z dengan alamat jalan Argopuro II Blok A 13 Perumahan Jember Permai I. Pada pelaksanaan pendampingan belajar selama 3 minggu di dapat 11 kali tatap muka dengan jadwal 2 shift. Shift 1 mulai jam 15.30 – 17.00 WIB, shiff 2 jam 18.30 – 20.00 WIB. Untuk Shift 1 mata pelajaran IPA (Biologi ) didampingi oleh praktikan M. Juri sedangkan untuk shift 2  mata pelajaran IPA (Biologi ) didampingi oleh praktikan Aini Maskuro. Dengan jadwal hari mengikuti ketentuan Kelompok belajar A-Z yaitu mulai hari Senin-Kamis setiap minggunya.

2.2  Analisis Hasil Pelaksanaan

2.2.1        Hasil Pelaksanaan Program

Setelah melaksanakan Pra PPL selama 3 minggu kami telah memperoleh pengalaman yang sangat berharga terkait masalah strategi pembelajaran dan aplikasi yang ada di lapangan. Awalnya kami merasa terkejut karena teori yang kami di dapat di bangku kuliah mengenai strategi pembelajaran ternyata di lapangan sangat sederhana. Karena kondisi tempat pra PPL yang kami tempati berupa bimbingan belajar maka kami harus mengikuti aturan main dari pihak pengelola bimbingan belajar. Aturan main tersebut sangat sederhana yaitu 1 praktikan mahasiswa pra PPL memegang maksimal 3 siswa. Namun jika siswa yang datang tergolong sedikit jumlahnya maka 1 praktikan memegang 1 mahasiswa. Namun di waktu tertentu dibentuk kelompok-kelompok siswa berdasarkan bidang studi.Bahkan kadang-kadang kami menndampingi siswa yang ingin belajar materi di luar bidang program studi kami.

Meskipun aturan main tersebut terbilang sederhana, namun pembelajaran terbilang kondusif. Karena kebanyakan siswa yang mengikuti bimbingan belajar di A-Z berasal dari sekolah- sekolah yang berada di sekitar kota Jember yang umumnya disiplin dalam pembelajaran. Sehingga siswa itu sudah mulai tanggung jawab untuk mengerjakan tugas rumah yang diberikan guru mereka di sekolah- sekolahnya.

Praktikan juga memperoleh pengalaman dari pengelola karena pengelola kelompok belajar A-Z sangat welcome dengan kedatangan kami. Selain itu pihak pengelola tidak menutup diri untuk sharring pendapat dan berbagi pengalaman selama mendirikan kelompok belajar yang dibinanya. Salah satu pengalaman yang terbilang langka adalah memperoleh teknik menangani siswa sekolah dasar yang cenderung untuk bermain, kritis, kreatif dan bahkan samai ada yang bertengkar. Hal ini sangat berharga karena dapat dijadikan modal awal untuk terjun ke siswa yang tingkatan pendidikannya lebih tinggi di PPL nanti.

Praktikan juga berusaha memberikan inovasi dalam pembelajaran IPA / SAINS SD yaitu dengan cara membawa objek alam yang masih bisa di jangkau  selain itu praktikan juga berusaha mengadakan pendekatan kontekstual teacher learning yaitu dengan mengkaitkan pemahaman siswa dengan lingkungan nyata di sekitar siswa. Hasilnya tergolong  relatif efektif saat evaluasi diadakan siswa telah sampai pada kriteria ketuntantasan minimal bahkan ada yang hampir memperoleh nilai maksimal. Selain itu praktikan juga memberikan lembar pesan dan kesan guna sebagai evaluasi diri selama mendampingi siswa kelompok belajar A-Z dan respon siswa tergolong relatif positif. (lembar pesan dan kesan terlampir)

2.2.2        Masalah yang di hadapi dan pemecahan masalah

1. Masalah yang di hadapi

Selama pelaksanaan pra PPL di Kelompok Belajar A-Z praktikan  juga menemui berbagai masalah, antara lain:

  1.  Siswa cenderung ramai dan berbicara dengan teman lainnya saat pembelajaran terutama saat istirahat
  2. Ada beberapa siswa yang membuat gaduh dengan bercanda yang berlebihan bahkan ada yang berkelahi
  3. Ada salah satu siswa yang kurang suka belajar IPA hal ini dengan terbukti hasil evaluasinya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Bahkan ada siswa yang terang-terangan mengatakan tidak suka belajar IPA.
  4. Ada beberapa siswa yang kadang-kadang sibuk dengan handphonenya saat pembelajaran berlangsung.

 

2. Pemecahan masalah

Dari beberapa permasalahan di atas maka upaya pemecahan masalah adalah sebagai berikut:

  1. Siswa yang ramai  dan berbicara dengan teman lainya, kami coba mengingatkan dengan pelan apabila belum diindahkan kami berskap sedikit tegas dengan mengancam jika tidak didengarkan penjelasan kami nanti kalian nilai jelek.
  2. Siswa yang gaduh hingga berkelahi kami coba mengingatkan dan melerainya apabila tidak diindahkan kami mengancam akan melaapor ke kepala pengelola dan siswa tersebut sudah takut untuk mengulanginya lagi.
  3. Siswa yang tidak memenuhi KKM, kami berikan pendekatan secara personal untuk menanyakan permasalahan terkait susahnya memahami materi IPA dan kami memberikan pengayaan. Untuk siswa yang terang-terangan tidak suka IPA kami coba untuk mendekati dengan bercerita terkait proses-proses dan fenomena yang ada di alam. Dan sedikit demi sedikit dia mulai menyukai IPA  dan mulai menyimak penjelasan kami.
  4. Untuk siswa yang sibuk dengan handphonenya kami memberikan tindakan dengan menegurnya, namun apabila tetap tidak diindahkan maka kami mengancam untuk melaporkan ke kepala pengelola, sehingga mereka mulai sedikit takut untuk mengulanginya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

                                                              PENUTUP

3.1  Kesimpulan

Dengan terselesaikannya rogram Pra PPL ini, maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. Program  ini berjalan dengan lancar yaitu sebanyak 11 kali pertemuan
  2. Terdapat beberapa masalah terkait teknik dan kenyataan di alapangan dan dapat di selesaikan dengan baik
  3. Evalusiasi untuk peserta didik terlihat relatif baik dan siswa dapat menerima materi dengan baik.

 

3.2  Saran

Adapun saran yang kami tujukan adalah kepada:

  1. Kelompok Bimbingan Belajar A-Z

Terkait masalah teknik pembelajaran karena siswa berasal dari berbagai tingkatan pendidikan hendaknya lebih mengelola kelas dengan baik, yaitu perlu diadakan pembelajaran sesuai tingkatan pendidikan agar pembelajaran dapat berjalan efektif dan mengurangi tingkat keramaian yang terjadi saat pembelajaran.

  1. Pimpinan Pelaksanaan  Pra PPL FKIP

Perlu diadakan pembekalan yang terstuktur terkait format laporan dan mekanisme pengumpulan laporan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Azam, Much. 2012. Akrab dengan Dunia IPA untuk Kelas VI SD dan MI. Solo: Platinum.

Azam, Much. 2012. Akrab dengan Dunia IPA untuk Kelas I SD dan MI. Solo: Platinum

 

Hariyanto.2004. SAINS untuk SD KELAS VI. Jakarta: Erlangga.

 

 Yuliono, Dwi Andika. 2010. Laporan Pra PPL. Laporan pra PPL Tidak diterbitkan. FKIP Biologi UNMUH Jember.

 

Fatmawati, Kurnia dan Hidayah, Taufik 2009. Laporan Pra PPL. Laporan pra PPL Tidak diterbitkan. FKIP Bahasa Inggris UNMUH Jember.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads
By aimarusciencemania

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s