Proposal PKMM Sosialisasi pembuatan nata de guava di desa Sucopangepok Jelbuk Jember

 

 

PROPOSAL PKM

 

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

 

 

Sosialisasi Manfaat Jambu Klutuk(Psidium guajava) Menjadi Nata De Guava untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Sucopangepok Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember

 

 

Bidang Kegiatan

PKM Pengabdian Masyarakat

 

 

Diusulkan  Oleh :

1.Aini Maskuro                       (0910211107 )

2. M. Juri                                 (0910211097)

 

 

 

 

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

KOTA JEMBER

TAHUN 2011

A.Judul Program:    Sosialisasi Manfaat Jambu Klutuk(Psidium guajava) Menjadi Nata De Guava untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Sucopangepok Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember

B.Latar Belakang Masalah

Dewasa ini jambu klutuk (Psidium guajava) masih kurang dimanfaatkan secara

Optimal oleh masyarakat desa Sucopangepok kecamatan Jelbuk,kabupaten Jember.

Masyarakat tersebut hanya memanfaatkan buah jambu klutuk (Psidium guajava) sebagai

minuman dalam bentuk jus,itupun jika masyarakakat menginginkan mengkonsumsi jus

buah jambu klutuk,begitupula sebaliknya apabila masyarakat,tidak menginginkan

mengkonsumsi buah jambu klutuk,maka buah jambu klutuk dibiarkan pada pohonnya

hingga membusuk.Padahal untuk memanfaatkan kandungan gizi seperti:minyak atsiri,

asam ursolat,asam psidiolat,asam kratogolat,asam oleanolat,asam guava vermin,dan

beberapa vitamin terutama A,B,C dan beberapa mineral(http://ditbuah.holtikultura.go.id)yang terdapat dalam buah

jambu klutuk(Psidium guajava)tersebut secara optimal,diperlukan teknik atau perlakuan

terhadap buah jambu klutuk(Psidium guajava).Adapun teknik atau perlakuan khusus yang dimaksud adalah bioteknologi konvensional dengan menggunakan bantuan agen hayati/mikroorganisme dalam hal ini Acetobacter xylinum.

Alasan desa Sucopangepok kecamatan Jelbuk kabupaten Jember dijadikan sasaran sosialisasi,karena di kalangan masyarakat desa tersebut relatif banyak ditemukan di daerah tersebut.Selain itu masyarakat sasaran program sosialisasi termasuk kategori menengah ke bawah.Oleh sebab itu dengan adanya sosialisasi pemanfaatan buah jambu klutuk(Psidium guajava) menjadi nata  dengan produknya disebut ‘nata de guava’ dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sasaran program.

 

C. Perumusan Masalah

Dari latar belakang di atas dapat dinyatakan perumusan masalah sebagai berikut:

  1. Jambu klutuk (Psidium guajava) umumnya belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat sasaran program sosialisasi.Hal ini terbukti dengan ditemukannya buah jambu klutuk(Psidium guajava) yang membusuk hingga jatuh dari pohonnya.
  2. Masyarakat sasaran program dalam hal ini lebih dikhususkan pada ibu-ibu PKK) yang pada umumnya termasuk kategori ekonomi menengah ke bawah.Demgan adanya program ini, diharapkan agar ibu-ibu PKK mempunyai kegiatan tambahan yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

D. Tujuan Program

Adapun tujuan program sosialisai ini adalah:

  1. Mensosialisasikan teknik atau perlakuan khusus terhadap pemanfaatan buah jambu klutuk(Psidium guajava) menggunakan metode bioteknologi konvensional pada ibu-ibu PKK di desa Sucopangepok kecamatan Jelbuk kabupaten Jember maupun daerah lain yang mempunyai keadaan yang relatif sama.Hal ini juga terkait dengan biaya yang relatif murah.
  2. Memberikan sumbangsih hasil pemikiran dari mahasiswa pengusul melalui PKMM dalam rangka mengentaskan kemiskinan melalui peningkatan pendapatan masyarakat khususnya ibu-ibu PKK.

E. Luaran yang  diharapkan

Adapun luaran yang diharapkan dalam program sosialisasi ini adalah:

  1. Terjalin kerjasama yang baik antara masyarakat kampus dengan masyarakat desa khususnya ibu-ibu PKK melalui praktek lapangan mahasiswa.
  2. Memberikan kemudahan atas pelaksanaan sosialisasi metode bioteknologi konvensional dari hasil penelitian yang dilakukan melalui uji laboratorium atau kajian ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Memperluas pengetahuan dan pengalaman belajar bagi mahasiswa melalui studi terjun ke lapangan di luar kampus.

F. Kegunaan  Program

Berikut adalah kegunaan program sosialisai yaitu:

  1. Menumbuhkan semangat berkarya dan mengabdi kepada masyarakat,sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan peranannya yaitu sebagai”agent of change”kepada masyarakat.
  2. Membina dan mengembangkan semangat team work bagi mahasiswa,sehingga dalam jangka panjang akan terbentuk kerja sama yang baik antara mahasiswa dengan masyarakat setelah mahasiswa lulus dari bangku kuliah.
  3. Memberikan rangsangan positif kepada mahasiswa untuk mengembangkan pola berfikir kreatif,inovatif,dan kompetitif sehingga dapat memberikan sumbangsih hasil pemikiran yang bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya.

G. Gambaran Umum Masyarakat Sasaran

Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini  adalah desa Sucopangepok,kecamatan Jelbuk,kabupaten Jember.Pemilihan lokasi dengan pertimbangan:(1) merupakan daerah yang relatif banyak ditumbuhi jambu klutuk(Psidium guajava)di sekitar pekarangan rumah masyarakat sasaran program (2) masyarakat sasaran program dalam hal ini ibu-ibu PKK kurang mengoptimalkan dalam pemanfaatan jambu klutuk  ( Psidium guajava) menjadi nata de guava(3)dengan memanfaatkan jambu klutuk(Psidium guajava) dalam bentuk nata de guava diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sasaran program dalam hal ini ibu-ibu PKK dan dapat menggerakkan ekonomi pedesaan baik di lokasi kegiatan maupunwilayah sekitarnya.

Berdasarkan Badan Pemberdayaan Masyarakat(BAPEMAS) kabupaten Jember tahun 2009,profil desa Sukopangepok kecamatan Jember sebagai berikut:

1.Batas-batas desa

Utara        :desa Sucolor kecamatan Maesan

Selatan     :desa Panduman kecamatan Jelbuk

Barat        :desa Lereng gunung Hyang kecamatan Jelbuk

Timur       :desa Sukojember kecamatan Jelbuk

2.Kesuburan Tanah

Tanah subur           : 650 Ha

Sedang                  : 311 Ha

3.Keadaan Geografis

Curah hujan                                             : 3000 mm/th

Tinggi tempat dari permukaan laut         :850 meter

Topografi/bentang lahan                         : 115 Ha

 

4.Orbitasi

a)      Jarak ke ibu kota kecamatan terdekat                                     : 6,5 Km

b)      Lama tempuh jarak ke ibu kota kecamatamn terdekat           :0.20 jam

c)      Jarak ke ibu kota/kabupaten/kota terdekat                             :19 Km

d)     Lama tempuh jarak ke ibu kota/kabupaten/kota terdekat       :0.30 jam

 

 

5. Sektor pertanian

Pemilik tanah sawah                     : 1300 orang

Pemilik tanah ladang                     : 1005 orang

  1. Jumlah Penduduk

Penduduk laki-laki            :2816 orang

Penduduk  perempuan     :3278 orang

Kepala keluarga               :6094 orang

8.Jenis- jenis pekerjaan masyarakat sasaran program

a)      Petani                                      :           1439 orang

b)      Pedagang                                :           430 orang

c)      Pegawai desa                          :           19 orang

d)     Perkreditan rakyat                   :           4 orang

e)      Pedagang warung                   :           2 orang

f)       Pedagang toko                                    :           5 orang

H. Metode Pelaksanaan Program

Metode yang digunakan dalam sosialisasi manfaat jambu klutuk (Psidium guajava) menjadi  nata de guava memiliki tahapan yang identik sama dengan pembuatan nata de coco namun berbeda bahan dasar.Adapun tahapan yang dilakukan sebagai berikut:

 

 

 

Tahapan persiapan

1)      Persiapan Substrat

Substrat adalah media pertumbuhan bakteri Acetobacter xylinum,bentuk cair yang di dalamnya mengandung nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan Acetobacter xylinum untuk menghasilkan nata de guava.

Cara  penyiapan substrat untuk pembuatan nata de guava dengan bahan baku buah jambu klutuk adalah sebagai berikut:buah jambu klutuk diperoleh dari pekarangan rumah ibu-ibu PKK dikupas kulitnya dan diambil daging buahnya adapun bijinya di buang,kemudian di blender menggunakan juicer.Ke dalam  jus buah jambu klutuk ditambahkan sukrosa(gula pasir)sebanyak 10%(b/v).Gula ditambahkan sambil dipanaskan,diaduk hingga homogen.Urea(sebanyak 5 gram untuk setiap 1 liter jus buah jambu klutuk bergula yang sudah disiapkan)ditambahkan dan diaduk sambil didihkan.Substrat ini didinginkan,kemudian ditambah asam asetat glacial(asam cuka)sebanyak 2% atau asam cuka dapur 25%(16 ml asam asetat untuk setiap 1 liter jus buah jambu klutuk).Substrat disterilkan dengan cara dimasukkan dalam outoclave pada suhu121 C,tekanan 2 atm,selama 15 menit(atau didihkan selama 15 menit).

Penyiapan starter

Starter adalah bibit A. Xylinum yang telah di tumbuhkan dalam substrat pertumbuhan kultur tersebut sehingga populasi bakteri A. Xylinum mencapai kerapatan optimaluntuk proses pembuatan nata, yaitu 1 x 109 sel/ml. Biasanya kerapatan ini akan di capai pada pertumbuhan kultur tersebut dalam substrat selama 48 jam (2 hari).

Penyiapan starter adalh sebagai berikut: substrat disterilkan dengan outoclave  atau dengan cara didihkan selama 15 menit. Setelah dingin kira-kira suhu 40 oC, sebanyak 300 ml dimsukkan kedalam botol steril volume 500 ml. Substrat dalam botol steril diinokulasi (ditanami bibit bakteri A. Xylinum) sebanyak 2 ose (kira-kira 2 pentol korek api), bibit A. Xylinum. Substrat di gocok, sebaiknya menggunakan shaker dengan kecepatan 140 rpm (Masaoka, et al.,1993) (secara manual digojok setiap v2-4 jam). Starter ditumbuhkan selama 2 hari, pada suhu kamar.

Fermentasi

Fermentasi adalah suatu proses pengubahan senyawa yang terkandung didalam substrat oleh mikroba (kulture) misalkan senyawa gula menjadi bentuk lain (misalkan selulosa / Nata de guava), baik merupakan proses pemecahn maupun proses pembentukan dalam situasi aerob maupun anaerob. Jadi proses fermentasi bisa terjadi prosees katabolisme maupun proses anabolisme.

Fermentasi substrat jus buah jambu klutuk telah dipersiapkan sebelumnya prosesnya sebagai berikut; substrat jus buah jambu klutuk disterilkan dengan menggunakan outoclave atu dengan cara didihkan selama 15 menit. Substrat didinginkan hingga suhu 40 oC. Substrat dimasikkan pada nampan atau baskom steril dengan permuikaan yang lebar, dengan kedalaman substrat kira-kira 5 cm. Substrat diinokulasi dengan menggunakan starter atau bibit sebanyak 10 % (v/v). Substrat kemudian diaduk rata, ditutup dengan menggunakan kain kasa. Nampan didinkubasi atau di peram dengan cara diletakkan pada tempat yang bersih, terhindar dari debu, ditutup dengan menggunakan kain bersih untuk menghindari terjadinya kontaminasi. Inkubasi di lakukan selama 10 – 15 hari, pada suhu kamar. Pada tahap fermentasi ini tidka boleh digojok. Pada umur 10 -15 hari nata dapat dipanen.

Proses pengolahan nata de guava

Nata de guava yang dipanen pada umur 10 -15 hari, dalam bentuk lembaran dengan ketebalan 1 – 1,5 cm. Nata de guava dicuci dengan menggunakan air bersih, diiris dalam bentuk kubus, dicuci dengan menggunakan air bersih. Nata de guava direndam dalam air bersih selama 2 -3 hari. Agar rasa asam Nata de guava  hilang, perlu direbus selama 10 menit. Hingga tahap ini telah dihasilkan Nata de guava rasa tawar.

Untuk menghasilkan Nata de guava siap konsumsi yang memiliki rasa manis dengan flavour tertentu perlu dilakukan proses lanjut. Nata de guava direbus dalam air bergula. Penyiapan air bergula dengan cara menambahkan gula pasir sebanyak 500 gr kedalam 5 liter air, ditambahkan vanili atau flavour agent lain untuk menghasilkan flavour yang diinginkan. Potongan Nata de guava bentuk dadu dimasukkan kedalam air bergula selanjutnya direbus hingga mendidih selama 15 menit. Nata de guava didinginkan dan siap konsumsi.

Pengemasan

Kemasan merupakan aspek penting dalam rangka menghasilkan produk Nata de guava untuk keperluan komersil. Dengan demikian proses pengemasan perlu dilakukan  secara teliti dan detail prosesnya hingga menghasilkan nilai tambah yang optimal dari manfaat dan tujuan pengemasan tersebut. Kemasan terhadap Produk Nata de guava meliki tujuan sebagai berikut:

  1. Mengawetkan produk agar bertahan lama tidak rusak .
    1. Memberikan sentuhan nilai estetika terhadap produk sehingga memiliki daya tarik yang lebih tinggi.
    2. Meningkatkan nilai tambah secara ekonomoi terhadap produk.
    3. Memudahkan prose penyimpanan dan distribusi produk.

Pengemasan dapat dilakukan dengan kemasan yang sederhana dengan menggunakan kantung plastik kemasan dengan ukuran bervariasi 1/2 kg, 1 kg dan seterusnya sesuai dengan keperluan pasar bila pengemasan bertujuan untuk komersial. Kemasan dapat pula dilakukan dengan menggunakan kemasan cup plastik, ukuran aqua cup atau yang lebih besar. Ragam bentuk dan ukuran sangat ditentukan oleh kebutuhan pasar. Untuk menghasilkan kemasan yang bak dengan mempertimbangkan keawetan produk yang dihaasilkan perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

 

  1. Kemasan harus bersih atau steril.
    1. Isi kemasan diusahakan penuh agar tidak ada udara tersisa dalam kemasan sehingga mikroba kontaminan tidak tumbuh.

Proses pengemasan produk Nata de guava dapat dilakukan sebagai berikut: Nata de guava yang telah direbus dengan penambahan gula dan flavouring agent tertentu didinginkan hingga suhu 40 oC (suam-suam kuku). Produk tersebut selanjutnya dimasukkan dalam kemasan plastik atau cup secara aseptik untuk menghindari contaminan. Pengisian produk kedalam kemasan harus penuh agar tidak tersisa udara dalam kemasan sehingga mikroba kontaminan tidak bisa tumbuh. Kemasan selanjutnya ditutup dengan menggunakan scaler. Pengemasan selesai produk dimasukkan dalam air dingin dan segera ditiriskan. Selanjutnya produk yang telah dikemas dan didistribusikan atau disimpan dalam penyimpanan berpendidngin agar tetap segar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I.  Jadwal Kegiatan

No Uraian Kegiatan Bulan ke
1 2 3 4
1 Persiapan x      
  Pelaksanaan Program

  1. Persiapan Starter sampai dengan pengemasan produk
  2. Sosialisasi pada masyarakat sasaran program
   

x

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3 Evaluasi pelaksanaan program     x  
4 Pembuatan laporan       x

 

 

 

J. Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok

       1. Ketua Pelaksana :

a. Nama Lengkap                      : Aini maskuro

b. NIM                                       : 091 021 1107

c. Fakultas/Program Studi          : KIP/Biologi

d. Perguruan Tinggi                   : Universitas Muhammadiyah Jember

e. Waktu untuk kegiatan            : 8 jam/minggu

Pengalaman organisasi

1. Pengurus Osis (2008)

2. Aktif dalam kepramukaan SMP – SMA

3. Anggota HMJ Biologi (2009)

4. Anggota IMM (2010)

2. Anggota Pelaksana :

Anggota 1

a. Nama                                     : Mohamad juri

b. NIM                                       : 091 021 1097

c. Fakultas/Jurusan                     : KIP/biologi

d. Perguruan Tinggi                   : Universitas Muhammadiyah Jember

e. Waktu untuk kegiatan            : 8 jam/minggu

Pengalaman organisasi

  1. Aktif dalam Kepramukaan SMP – SMA
  2. Pembina Kepramukaan tingkat SMP (2008)
  3. Anggota HMJ Biologi (2009)
  4. Anggota IMM (2010)

 

         Anggota 2

a. Nama                                     : Rini Lestari

b. NIM                                       : 071 21045

c. Fakultas/Jurusan                     : KIP/biologi

d. Perguruan Tinggi                   : Universitas Muhammadiyah Jember

e. Waktu untuk kegiatan            : 8 jam/minggu

Pengalaman Organisasi

1. Bendahara HMJ biologi (2009 – 2010)

K. Nama dan Biodata Dosen Pendamping

1. Nama  Lengkap                       : Ir. Elvin Herrianto,MP

2. NPK                                        : 8507129

3. Golongan Pangkat dan                        :III B/ Asisten Ahli

Jabatan Fungsional                 :Dosen

4. Jabatan struktural                    : -

5.  Fakultas/Program Studi          :KIP/Biologi

6.  Perguruan Tinggi                    : Universitas Muhammadiyah Jember

7.  Bidang Keahlian                    :Ilmu Tanaman

8. Waktu untuk kegiatan             :8 jam

L. Biaya

1

 

 

 

 

 

Bahan habis pakai

- Jambu klutuk 25 kg x  Rp.5000,00

- Gula 10 kg x Rp. 10.000,00

- urea 5 gr x Rp. 1000,00

- Asam cuka 5 botol x Rp. 1000,00

- Starter 2 kemasan x Rp. 50.000,00

- Air mineral 2 galon Rp. 45.000,00

- Kain Kasa 5 x Rp. 7000,00

 

Rp. 125.000,00

Rp. 100.000,00

Rp.     5.000,00

Rp. 100.000,00

Rp.   90.000,00

Rp.   35.000,00

 

 

2 Alat-alat yang digunakan

- Kompor gas 5 x Rp. 200.000,00

- Tabung gas 5 x Rp. 200.000,00

+ perlengkapannya

- Panci 5 buah x RP. 30.000,00

- Kemasan nata 10 buah x Rp. 2000,00

- Juicer 5 x RP. 200.000,00

- Nampan 5 x RP. 10.000,00

- Botol volume 500 ml 10 buah x Rp. 2000,00

- Sendok 1 lusin x Rp. 15.000

 

Rp. 1.000.000,00

 

Rp. 1.500.000,00

Rp.      20.000,00

Rp.  1.000.000,00

Rp.      50.000,00

Rp.      20.000,00

Rp.      15.000,00

3 Peralatan penunjang

- Karton 20 x Rp. 3.500,00

- Kertas folio 1 rem x Rp. 45.000,00

- Spidol besar 10 x Rp. 5000,00

- Banner sosialisasi 1

- Gunting 10 buah x Rp. 7.500,00

 

Rp.      70.000,00

Rp.      45.000,00

Rp.      50.000,00

Rp.    300.000,00

Rp.      75.000,00

 

4 Perjalanan

- Survei dan pengambilan bahan baku (Jember – Jelbuk) 5 x 2 bulan Rp. 200.000,00

- Transpor lokal mahasiswa 5 x 4 bulan Rp. 50.000,00

 

Rp. 2.000.000,00

 

Rp. 1.000.000,00

5 Lain-lain

- Konsumsi mahasiswa selama 5 x 4 bulan Rp. 60.000,00

- Konsumsi Masyarakat selama kegiatan 40 x 4 bulan Rp. 8.000,00

 

Rp. 1.200.000,00

 

Rp. 1.200.000,00

6 Total Rp. 10.000.000,00

 

M. Lampiran

Lampiran 1. Daftar Riwayat Hidup  Ketua dan Anggota Pelaksana

 

 

 

 

       1. Ketua Pelaksana :

a. Nama Lengkap                      : Aini Maskuro

b. NIM                                       : 091 021 1107

c. Tempat / Tanggal Lahir          : Probolinggo, 1 Januari 1990

d. Alamat                                   : Jln. Kebarat Kantor Desa Tarokan, Banyuanyar  Probolinggo

e. Jenis Kelamin                         : Perempuan

f. Fakultas/Program Studi          : KIP/Biologi

g. Perguruan Tinggi                    : Universitas Muhammadiyah Jember

Pengalaman organisasi

1. Pengurus Osis (2008)

2. Aktif dalam kepramukaan SMP – SMA

3. Anggota HMJ Biologi (2009)

4. Anggota IMM (2010)

 

 

 

 

 

Jember, 25 Juni 2010

 

 

 

Aini Maskuro

 

 2. Anggota Pelaksana :

Biodata Anggota 1

a. Nama                                     : Mohamad Juri

b. NIM                                       : 091 021 1097

c. Tempat / Tanggal Lahir          : Bondowoso,  14 Juni 1991

d. Alamat                                   : Jln. Raya Pakisan, Kejayan Pujer, Bondowoso

e. Jenis Kelamin                         : Laki – laki

f. Fakultas/Jurusan                     : KIP/Biologi

g. Perguruan Tinggi                    : Universitas Muhammadiyah Jember

Pengalaman organisasi

  1. Aktif dalam Kepramukaan SMP – SMA
  2. Pembina Kepramukaan tingkat SMP (2008)
  3. Anggota HMJ Biologi (2009)
  4. Anggota IMM (2010)

 

 

 

 

 

 

 

Jember, 25 Juni 2010

 

 

Mohamad Juri

 

 

Biodata Anggota 2

a. Nama                                     : Rini Lestari

b. NIM                                       : 071 21045

c. Tempat / Tanggal Lahir          : Jember, 3 Agustus 1989

d. Alamat                                   : Dsn. Prasian, Desa Jatian, Pakusari Jember

e. Jenis kelamin                          : Perempuan

f. Fakultas/Jurusan                     : KIP/Biologi

g. Perguruan Tinggi                    : Universitas Muhammadiyah Jember

Pengalaman Organisasi

1. Bendahara HMJ Biologi (2009 – 2010)

 

 

 

 

 

 

Jember, 25 Juni 2010

 

 

Rini Lestari

 

 

 

Lampiran 2: gambar metodologi yang akan diterapkan

.Diagram alir metode permasyarakatan Manfaat Jambu Klutuk (Psidium guajava) menjadi Nata de guava untuk meningkatkan pendapatan Masyarakat Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pemberian bahan tambahan

●Untuk menghasilkan Nata de guava siap konsumsi  yang memiliki rasa manis dengan flavour tertentu perlu dilakukan proses lanjut. Nata de guava direbus dalam air gula. Penyiapan air bergula dengan cara menambahkan gula pasir sebanyak 500 gr kedalam 5 liter airditambahkan vanili atau flavour agent lain sesuai dengan keinginan. Potongan Nata de guava berbentuk dadu, dimasukkan ke dalam air bergula selanjutnya direbus hingga mendidih selama 15 menit. Nata de guava didinginkan dan siap untuk di konsumsi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 3. Surat Pernyataan

SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN BEKERJA SAMA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                                       : Sri Sumiati

Tempat / Tanggal Lahir           : Jember, 27 Maret 1965

Jenis Kelamin                          : Perempuan

Alamat                                    : Krajan Timur RT. 02. RW. 01, Sucopangepok, Jelbuk, Jember

Jabatan                                    : Ketua PKK desa Sucopangepok

Menyatakan bersedia bekerjasama di dalam penerapan PKM – M berjudul “ Sosialisasi  Manfaat Jambu Klutuk (Psidium guajava) untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Sucopangepok Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember” yang akan dilaksanakan oleh

Nama                                       : Aini Maskuro

NIM                                       : 091 021 1107

Tempat /  Tanggal Lahir          : Probolinggo, 1 Januari 1990

Alamat                                    : Jln. Kebarat Kantor Desa Tarokan, Banyu Anyar, Probolinggo

Jenis Kelamin                          : Perempuan

Fakultas / Jurusan                    : KIP / Biologi

Demikian surat pernyataan ini kami buat agar dapat dilaksanakan dengan baik.

Jember, 25 Juni 2010

Yang membuat pernyataan

 

 

Sri Sumiati

 

 

Lampiran 4. Denah Lokasi Penerapan PKM – M

T

UNEJ

 

 

U                                  S

 

 

B

KANTOR DPR

 

 

 

 

LOKASI PKM – M DESA SUCOPANGEPOK

RSUD. dr. SOEBANDI

HUTAN JATI

Jln. Ke Bondowoso

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads
By aimarusciencemania

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s