Contoh silabus IPA Terpadu Kuliah Kajian Kurikulum Bio

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber  Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

1.2. Mendeskripsi-kan pengertian suhu dan pengukurannya

 

Suhu

a. Pengertian suhu

b. Termometer sebagai alat ukur

c. Jenis-jenis termometer

Termometer klinis, ruangan, maksimum-minimum

 

-     Mendiskusikan perubahan suhu yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari

-     Melakukan percobaan dengan menggunakan berbagai macam termometer

-  Mendeskripsikan pengertian suhu dengan lancar dan percaya diri

-  Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain dengan benar

 

Tes tertulis

Tes unjuk kerja

 

Uraian

Lembar penilaian observasi

 

Jelaskan pengertian suhu dan sebutkan contohnya dalam kehidupan sehari-hari!

Lembar penilaian observasi  terlampir

 

4×40’

 

Termometer klinis, ruangan, maksimum-minimum
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan mengguna-kan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

 

Pengukuran

-          Macam-macam alat ukur

-          Pengukuran dalam kehidupan sehari-hari

-   Melakukan pengukuran besaran-besaran fisika

-     Mengaplikasikan keselamatan kerja dalam pengukuran

 

-  Mengukur besaran fisika dengan menggunakan alat ukurnya secara baik dan benar

-  Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran

 

Tes unjuk kerja

Tes unjuk kerja

Lembar penilaian observasi

Lembar penilaian observasi

Lembar penilaian observasi

terlampir

Lembar penilaian observasi

 

4 × 40’

Mistar, neraca, jangka sorong, micrometer, jam, dan stopwatch.

 

Standar Kompetensi : 2. Memahami klasifikasi zat

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber  Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat

 

   Sifat-sifat larutan:

a. asam

b. basa

c. garam

 

-  Melakukan pengamatan pada bahan yang sudah tersedia untuk menentukan sifat-sifat asam, basa, dan garam dengan tepat menggunakan indikator

 

-  Mengidentifikasi sifat asam, basa, garam menggunakan indikator yang sesuai dengan tepat

 

Tes Unjuk kerja

Lembar Observasi

Lembar penilaian observasi terlampir

 

4 × 40’

Wasis, dkk. IPA TERPADU. 2008. Jakarta:Grasindo. Hal 31-50

NaCl, NaOH, HCl dll.

2.2  Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

 

Sifat Asam Basa Pada Bahan Makanan

 

-   Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa, dan garam pada bahan-bahan yang digunakan pada kehidupan sehari-hari

 

-  Mengidentifikasi sifat asam, basa, dan garam dengan cermat dan tepat pada bahan-bahan yang digunakan pada kehidupan sehari-hari

Tes unjuk kerja

Lembar Observasi

 

Lembar penilaian observasi terlampir

 

3 × 40’

Lingkungan sekitar rumah
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana a. nama unsur

b. lambang unsur

c. rumus kimia sederhana

-  Secara tepat  menjelaskan nama-nama unsur dan menuliskan lambang unsur

-  Memberi contoh zat yang termasuk senyawa dan menuliskan rumus kimia sederhananya dengan benar

 

-  Mengidentifikasi nama-nama unsur beserta lambing unsur dengan tepat dan akurat

-   Menyebutkan zat yang termasuk senyawa dan rumus kimianya dengan tepat

 

Tes tulis

Tes tulis

Uraian

Uraian

Jelaskan perbedaan antara unsur logam dan unsur non logam, berkaitan dengan kekerasan

dan warna, serta wujud zatnya!

Rumus kimia Natrium klorida adalah NaCl. Tetapi, salah kalau kita mengatakan, ”Natrium klorida

terbuat dari molekul-molekul NaCl.” Coba kemukakan alasannya!

4 × 40’

Wasis, dkk. IPA TERPADU. 2008. Jakarta:Grasindo. Hal 52-63
2.4 Membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan campuran

 

a. Unsur

b. Senyawa

c. Campuran

 

-  Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran

-   Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan ciri-ciri zat (unsur, senyawa, dan campuran )

 

-  Membandingkan ciri unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan

- Menjelaskan materi berdasarkan ciri-ciri zat dengan lancar dan tepat

Tes Tertulis

Tes unjuk kerja

 

Uraian

Lembar kerja observasi

Sebutkan perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran!

Lembar Penilaian Observasi Terlampir

4 × 40’

Wasis, dkk. IPA TERPADU. 2008. Jakarta:Grasindo. Hal 52-63

Bahan-bahan yang ada di sekitar sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Belajar

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber  Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

Zat padat, zat cair dan zat gas dapat dibedakan atas sifat-sifatnya bedasarkan bentuk, volume, massa jenis.

Zat padat, zat cair, dan gas dapatmengalami perubahan wujud misalkan melebur, membeku, menguap, menyublim dll.

Ada perbedaan gaya tarik antar partikel  pada berbagai wujud zat.

Gaya tarik partikel ada yang dinamakan kohesi dan adeshi.

Adanya adhesi juga menimbulkan kapilaritas. Seperti sumbu kompor yang menyerap minyak tanah.

-  Melakukan percobaan sederhana yang menunjukkan sifat-sifat zat

-  Melakukan percobaan sederhana perubahan  wujud zat

-   Mendiskusikan materi gaya tarik antar  partikel

-  Melakukan percobaan kohesi dan adhesi

-Mengaplikasikan peristiwa kapilaritas

 

-   Menafsirkan sifat-sifat zat dengan tepat

-     Mengidentifikasi perubahan wujud zat dengan teliti

-   Menafsirkan dengan cermat gaya tarik antar partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran

-  Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan dengan tepat

-   Mengkaitkan dengan benar peristiwa kapilaritas dalam peristiwa kehidupan sehari-hari

Tes Tertulis

Tes Unjuk Kerja

Tes Tertulis

Tes Unjuk kerja

Tes tertulis

 

Uraian

Lembar Penilaian Observasi

Uraian

Lembar penilaian Observasi

Uraian

Bagaimana sifat-sifat zat padat, cair, dan gas!

Lembar Penilaian Terlampir

Bagimana menafsirkan gaya tarik antar partikel pada zat cair!

Lembar penilaian Observasi terlampir.

Mengapa minyak tanah dapat merambat naik di sepanjang sumbu kompor?

4 × 40’

Wasis, dkk. IPA TERPADU. 2008. Jakarta:Grasindo. Hal 59-65

Bahan-bahan: pasir, air, udara, es batu.

 

3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari Massa Jenis zat padat dan cair

Massa jenis zat:

P=

P= massa jenis (kg m-3)

m=massa zat (kg)

v=volume zat (m3)

Banyak sekali contoh-contoh konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-sehari.

Contohnya, air laut di muara sungai tidak dapat segera bercampur dengan air sungai.

-  Melakukan percobaan menentukan massa jenis berbagai zat dengan menggunakan alat-alat.

-   Menghitung massa jenis suatu zat.

-   Memberi contoh konsep massa jenis kehidupan sehari-hari.

-  Menyelidiki massa jenis berbagai zat dan terampil menggunakan alat-alat.

-  Menghitung massa jenis suatu zat dengan cermat

-  Menerapkan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari dengan bertanggung jawab

 

Tes Unjuk kerja

Tes tertulis

Tes tertulis

Lembar Penilaia Observasi

Uraian

Uraian

 

Lembar Penilaian Observasi Terlampir

Sebuah tabung berbentuk silinder mempunyai diameter 7 cm dan tinggi 15 cm. Tabung tersebut memiliki massa 1,56 kg. Terbuat dari apakah tabung tersebut?

Mengapa air laut di muara sungai tidak dapat segera bercampur dengan air sungai?

 

4 × 40’

Wasis, dkk. IPA TERPADU. 2008. Jakarta:Grasindo. Hal 65-69

Buku panduan praktikum….

 

3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan sehari-hari

 

Pemuaian itu terjadi pada 3 zat yaitu:

1. pemuaian zat padat

2. pemuaian zat cair

3. pemuaian gas

Pemuaian zat dalam kehidupan sehari-hari sngat banyak.

Contohnya, memasang kaca candela, pemasangan sambungan kereta api yang diberi celah.

-  Mengamati proses pemuaian zat padat, cair dan gas  melalui kegiatan percobaan.

-  Memberikan contoh prinsip pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

-  Menyelidiki dengan teliti proses pemuaian pada zat padat, cair dan gas

-   Mengkaitkan  prinsip pemuaian dalam kehidupan sehari-sehari dengan tepat

Tes Unjuk Kerja

 Tes tertulis

Lembar Penilaian observasi

Uraian

 

Lembar  Penilaian Observasi

.

Mengapa sambungan rel kereta api selalu diberi celah saat dipasang?

 

4 × 40’

Wasis, dkk. IPA TERPADU. 2008. Jakarta:Grasindo. Hal 69-97

Buku panduan praktikum….

 

3.4 Mendeskripsi-kan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

  Kalor dan peranannya

a. kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu benda

seperti menguap, membeku, mengembun dll.

b. peralatan sederhana yang memanfaatkan prinsip kalor

c. asas black

d. perpindahan kalor

-perpindahan kalor secara konduksi

-perpindahan kalor secara konveksi

-perpindahan kalor secara radiasi

e. penerapan prinsip perpindahan kalor

 

-  Melakukan percobaan tentang kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu benda dan factor-faktor-faktornya

- mendiskusikan peralatan-peralatan sederhana yang memanfaatkan prinsip kalor

-  Mendiskusikan hubungan antara Energi, massa, kalor jenis dan suhu

- mencontohkan macam-macam perpindahan kalor (konduksi , konveksi, dan radiasi)

-  Mendiskusikan prinsip perpindahan kalor

-  Menyelidiki dengan jujur pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan perubahan wujud zat dan factor-faktornya.

- Menjelaskan peralatan yang memanfaatkan prinsip kalordengan benar

- Menerapkan hubungan Q = m ct, Q = m U, dan Q = m L untuk menyelesaikan

- Menjelaskan dengan rinci tentang perpindahan kalor (konduksi, konveksi, dan radiasi)

- Menjelaskan prinsip perpindahan kalor dengan rinci

 

Tes unjuk kerja

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

Lembar observasi

Uraian

Uraian

Uraian

Uraian

 

Lembar observasi terlampir.

Sebutkan peralatan yang memanfaatkan prinsip kalor!

Ketika diberi kalor 100 J, suhu suatu kepingan logam yang bermassa 5 g naik 50°C. Berapa kenaikan suhu logam itu jika diberi kalor 3 000 J?

Apa yang dimaksud dengan perpindahan kalor dengan konduksi, dan berikan contohnya!

Bagaimana prinsip perpindahan kalor pada termos?

 

6 × 40’ Wasis, dkk. IPA TERPADU. 2008. Jakarta:Grasindo. Hal 97-99

Buku panduan praktikum….

 

 

 

 

Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia

 

Kompetensi Dasar

Keterpaduan

Materi Pokok

Kegiatan Belajar

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber  Belajar

Teknik

Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen

4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat

 

3.4 Mendeskripsi-kan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Ciri-ciri reaksi kimia

Pengertian reaski kimia eksoterm dan endoterm

Hubungan perubahan wujud zat dengan reaksi fisika

-     Menjelaskan ciri-ciri reaksi kimia dan fisika

-     Melakukan percobaan sederhana tentang cirri-ciri reaksi kimia dan fisika

-          Menjelaskan reaksi kimia eksoterm dan endoterm.

-          Melakukan percobaan tentang perubahan wujud zat dengan reaksi fisika.

-    Menyebutkan 4 ciri reaksi kimia dan fisika secara lengkap dan runtut

-    Menggunakan alat ukur dalam percobaan tentang ciri-ciri reaksi kimia dan fisika dengan benar dan tepat

-    Menjelaskan reaksi kimia eksoterm dan endoterm secara logis

-    Menghubungkan antara perubuhan wujud zat dengan reaksi fisika

 

Tes uraian

Tes unjuk kerja

Tes uraian

Tes unujk kerja

Uraian

Lembar penilaian  observasi

Uraian

Lembar penilaian observasi

Sebutkan 4 ciri reaksi kimia dan fisika!

Lembar penilaian  observasi terlampir

Bagaimanakah reaksi kimia eksoterm dan endoterm?

Lembar penilaian observasi terlampir

 

4 × 40’

Buku IPA TERPADU. 2008. Winarsih, Anni. Jakarta: Depdiknas. Hlm 145-148
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia

 

Pemisahan Campuran

-   Mencari informasi tentang pemisahan campuran

-   Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, distilasi, penguapan, dan sublimasi )

 

-  Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih secara logis

-  Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran secara teliti

 

Tes tertulis

Tes Unjuk Kerja

Uraian

Lembar penilaian observasi

Jelaskan proses pemisahan campuran serbuk besi pada pasir!

Lembar penilaian terlampir

4 × 40’

Buku IPA TERPADU. 2008. Winarsih, Anni. Jakarta: Depdiknas. Hal 148-158Alat-alat praktikum
4.3  Menyimpulkan perubahan  fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana

 

Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

-   Merumuskan kesimpulan hasil percobaan  fisika dan kimia

-      Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan kimia

-  Membandingkan dan menganalisis karakteristik perubahan kimia dan fisika dengan melakukan percobaan sederhana secara teliti

- Menjelaskan dari hasil percobaan perubahan fisika dan perubahan kimia secara logis

 

Tes unjuk kerja

Tes tertulis

Lembar penilaian observasi

Uraian

Pada bagian manakah dari lilin yang menyala yang merupakan contoh perubahan fisika dan perubahan kimia?

Besi yang terkena air hujan akan mengalami perkaratan. Perubahan yang terjadi pada besi tersebut tergolong perubahan fisika ataukah perubahan kimia? Jelaskan!

3 × 40’

Buku IPA TERPADU. 2008. Winarsih, Anni. Jakarta: Depdiknas. Hal 159-164

Alat-alat praktikum

4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana

 

Reaksi Kimia

-   Melakukan percobaan tentang reaksi kimia

 

-  Membandingkan dua zat untuk menunjukkan terjadinya pembentukan gas secara teliti

 

Tes unjuk kerja

Lembar penilaian observasi

Lembar penilaian terlampir

 

3 × 40’

Buku kerja siswa

Alat-alat praktikum

Kelompok 1

  1. Arini Rahma Dani
  2. Pristiana
  3. Sayu Cintia
  4. Retno Kusuma

Kelompok 1

  1. Arini Rahmadani
  2. Sayu Cintia
  3. Pristiana
  4. Retno Kusuma

PEMETAAN SK DAN KD

KELAS VII SEMESTER I

 

Standar kompetensi dan Kompetensi dasar Kompetensi dasar yang dipadukan Bentuk keterpaduan Alasan
  1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan

1.1  Menjelaskan prosedur ilmiah

1.2  Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

1.3  Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

  1. Memahami klasifikasi zat

2.1  Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indicator yang tepat

2.2  Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

2.3  Menjelaskan nama unsure dan rumus kimia sederhana

2.4  Membandingkan sifat unsure, senyawa, dan campuran

  1. Memahami wujud zat dan perubahannya

3.1  Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan perananya dalam kehidupan sehari-hari

3.2  Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

3.3  Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalm kehidupan sehari-hari

3.4  Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

  1. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia

4.1  Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat

4.2  Melakukan percobaan sederhana perubahan fisika dan kimia.

4.3  Melakukan percobaan pemisahan campuran dengan cara berdasarkan sifat fisika dan kimia

4.4  Melakukan percobaan sederhana terjadinya reaksi kimia

3.4 Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Connected Karena hanya KD 3.4 merupakan kelanjutan 4.1. hanya berhubungan.

Kelompok 2:

Amirul Hasan

Candra Hermawan

Evi Ayu Candra

Mega Oktalinda P.

 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR IPA TERPADU

 

SMP Kelas VII/semester 2

SK dan KD utama

SK dan KD yang dipadukan

Model Keterpaduan

Materi Pelajaran (Tema)

Alasan pemilihan model dan lingkup materi yang dipadukan

5. Memahami gejala-gejalaalam melalui pengamatan

5.1.   Melaksanakan pengamatan  objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik

5.2.   Mengidentifikasi data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta peranannya dalam kehidupan sehari-hari

5.3.   Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lain untuk mengamati gejala-gejala kehidupan

5.4.   Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam

 

-

 

 

 

 

-

Kelas VIII Semester 1

2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan  tumbuhan (KD 5.3 Kelas VII Semester 2 dibawa ke KD 2.1 Kelas VIII Semester 1)

Kelas VII Semester 1

2.1  Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat (KD 5.4 Kelas VII Semester 2 dibawa ke KD 2.1 Kelas VII Semester 1)

Share

-

Integrated

Intergrated

-

-

-    Pengamatan struktur jaringan tumbuhan menggunakan mikroskop

Penerapan teori keselamatan kerja dalam pengelompokan larutan asam, basa, dan garam

 

SKKD materi gejala alam merupakan model keterpaduan share yang tidak perlu dipadukan dengan KD-KD lain, justru KD ini yang akan dipadukan ke KD lainnya

-

-   Kedua KD tersebut menyangkut dalam pengamatan dan identifikasi gejala kehidupan.

-   Mengidentifikasi struktur tumbuhan KD (2.1) merupakan penerapan dalam mengamati gejala kehidupan menggunakan mikroskop KD (5.3)

-   KD (5.4) merupakan pedoman/dasar dalam melaksanakan KD (2.1)

-   Mengelompokkan sifat larutan KD (2.1) harus menerapkan teori prosedur keselamatan kerja pada KD (5.4)

6. Memahami keanekaragamanmakhluk hidup

6.1.   Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

6.2.   Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki

6.3.   Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme

Kelas VIII Semester 1

1.5  Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.

-

Kelas VII Semester II

7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

Share

-

Integrated

Manusia sebagai makhluk hidup bernapas

-

Pelestarian ekosistem dalam kehidupan organisme

- KD 6.1 membahas ciri-ciri makhluk hidup (manusia) yang salah satunya bernafas

- KD 1.5 membahas pernafasan pada manusia

-

-   Kedua KD tersebut menyangkut mengenai identifikasi keanekaragaman organisme/makhluk hidup

-   Kedua KD menyangkut masalah sistem organisasi tingkat organisme (individu)

 

7. Memahami salingketergantungan dalam

ekosistem

7.1.   Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem

7.2.   Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

7.3.   Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan

7.4.   Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

Kelas IX Semester 1

2.1   Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan

 

 

Kelas IX Semester 1

2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan

Kelas IX Semester 1

2.4 Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

Kelas IX Semester II

5.5 Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan

 

Integrated

Connected

Integrated

Integrated

Seleksi alam dalam saling hubungannya dengan komponen ekosistem

Kelangsungan hidup makhluk hidup dalam ekosistem

Bioteknologi pangan untuk mengatasi kepadatan populasi manusia

Peranan manusia dalam hubungannya pengelolaan lingkungan dan masalah kesehatan dan lingkungan

-   KD 7.1 membahas mengenai saling hubungan komponen ekosistem sedang

-   KD 2.1 membahas seleksi alam yang di dalamnya tentu membahas mengenai komponen biotik dan biotik

-  KD 7.2 membahas tentang keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem yang tidak terlepas dari bahasan adaptasi, seleksi alam untuk keseimbangannya

-    KD 7.3 membahas mengenai kepadatan populasi manusia

-    KD 2.4 membahas Bioteknologi produksi pangan untuk mengimbangi kepadatan populasi

-  KD 7.4 merupakan media aplikasi peranan manusia dalam mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan di lapisan litosfer dan atmosfer

SILABUS

Sekolah                 : SMP ……………….

Kelas                      : VII (Tujuh)

Semester                : 2 (Dua)

Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Alam (Terpadu)

Standar Kompetensi : 5. Memahami Gejala-gejala Alam melalui Pengamatan

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar yang Dipadukan

Materi Pokok/ pembelajaran

Kegiatan Belajar

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

5.1  Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
  1. Gejala Alam:

-    Gejala Alam Biotik

-    Gejala Alam Abiotik

  1. Keterampilan kerja ilmiah
  1. Metode ilmiah
  1. Mengkomunikasi-kan hasil penelitian
-  Melakukan pengamatan gejala alam biotik dan abiotik di sawah-  Melakukan keterampilan kerja ilmiah dalam pengamatan gejala alam biotik

-  Melakukan keterampilan kerja ilmiah dalam pengamatan gejala alam abiotik

-  Menganalisis kritis pengaruh hubungan antara gejala alam biotik dengan abiotik

-  Mempresentasikan hasil analisis  kritis pengaruh hubungan antara gejala alam biotik dengan abiotik

-    Mengidentifikasi dengan teliti tentang gejala alam biotik dan abiotik-    Terampil menjelaskan keterampilan kerja ilmiah dalam pengamatan gejala alam biotik

-    Terampil menjelaskan keterampilan kerja ilmiah dalam pengamatan gejala alam abiotik

-    Mendeskripsikan dengan cermat pengaruh hubungan antara gejala alam biotik dengan abiotik

-    Menyebutkan dengan jujur hasil analisis kritis pengaruh hubungan antara gejala alam biotik dengan abiotik

 

-    Tes unjuk kerja-    Tes tulis

-    Tes tulis

-    Tes tulis

-    Observasi

-   Lembar observasi-   Soal uraian

-   Soal uraian

-   Soal uraian

-   Lembar observasi

Terlampir

-   Berikan 2 contoh tentang gejala alam biotik!

-   Sebutkan gejala alam abiotik yang terjadi di lingkungan sekitarmu!

-   Jelaskan hubungan antara gejala alam biotik dengan abiotik!

Terlampir

2 x 40’ -  Lingkungan sawah-  Irianto, Sugeng Yuli, dan Wasis. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VII hal 161-174. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
5.2  Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  1. Gerak Lurus:
    1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)
  1. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
  1. Penerapan Gerak Lurus
    1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)
    2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
-     Melakukan percobaan sederhana Gerak Lurus Beraturan (GLB)-     Melakukan pengumpulan data yang diperoleh dari percobaan sederhana Gerak Lurus Beraturan (GLB)

-     Melakukan percobaan sederhana Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

-     Melakukan pengumpulan  data yang diperoleh dari percobaan sederhana Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

-     Melakukan diskusi kelas penerapan Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

 

-   Menjelaskan dengan teliti Gerak Lurus Beraturan (GLB) pada percobaan sederhana-   Mendeskripsikan  data yang diperoleh dari percobaan sederhana Gerak Lurus Beraturan (GLB) secara cermat

-   Menjelaskan dengan teliti Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) pada percobaan sederhana

-   Mendeskripsikan data yang diperoleh dari percobaan sederhana Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) secara cermat

-   Menjelaskan dengan baik  penerapan Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

-    Observasi-    Tes tulis

-    Observasi

-    Tes tulis

-    Tes tulis

-   Lembar observasi-   Soal uraian

-   Lembar observasi

-   Soal uraian

-   Soal uraian

 

Terlampir-   Bagaimana konsep gerak lurus beraturan yang kalian ketahui setelah melakukan percobaan gerak lurus beraturan!

Terlampir

-   Jelaskan perbedaan gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan!

-   Sebutkan 2 contoh penerapan Gerak Lurus Beraturan (GLB) dalam kehidupan sehari-hari!

2 x 40’ -     Winarsih, Anni, Agung Nugroho dkk. 2008. IPA TERPADU untuk SMP/MTs Kelas VII. hal 197-214. Jakarta: Grasindo
5.3  Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
  1. Mikroskop
    1. Bagian-bagian mikroskop
  1. Jenis mikroskop
  1. Cara penggunaan  mikroskop dan peralatan pendukung lain

 

-    Melakukan pengamatan bagian–bagian mikroskop

-    Mencari informasi dari artikel/internet jenis-jenis mikroskop

-    Melakukan percobaan sederhana dengan menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lain

-    Mengidentifikasi dengan cermat tentang bagian-bagian mikroskop

-    Menjelaskan jenis-jenis mikroskop dengan baik

-    Terampil melakukan percobaan sederhana dengan menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lain

 

-  Observasi

-  Observasi

-  Observasi

 

-          Lembar Observasi

-          Lembar Observasi

Lembar Observasi

 

Terlampir

Terlampir

Terlampir

 

2×40’
5.4  Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam -     Alat dan bahan yang digunakan dalam melakukan percobaan di laboratorium-     Simbol-simbol dalam laboratorium

 

-    Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam melakukan percobaan di laboratorium-    Mengidentifikasi simbol-simbol dalam laboratorium -   Mendeskripsikan secara teliti alat dan bahan yang digunakan dalam melakukan percobaan di laboratorium-   Menjelaskan simbol-simbol dalam laboratorium Tes TulisTes Tulis UraianUraian Sebutkan minimal  5 bahan yang digunakan dalam melakukan percobaan di laboraturium!Sebutkan minimal 3 simbol-simbol yang ada di dalam laboraturium! 1×40’

 

Standar Kompetensi : 6. Memahami Keanekaragaman Makhluk Hidup

Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar yang dipadukan

Materi Pokok/ pembelajaran

Kegiatan Belajar

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

6.1  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
  1. Ciri–ciri makhluk hidup

a)  Bernapas

b) Peka terhadap rangsangan

c)  Bergerak

d)  Makan

e)   Ekskresi

f)      Tumbuh dan berkembang

g)     Reproduksi

-  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup di sekitar rumah.-  Membuktikan bahwa tumbuhan bisa bernapas dengan mengamati daun tumbuhan

-  Membuktikan bahwa hewan bisa bernapas dengan mengamati tingkah laku kucing

-  Membuktikan bahwa manusia  bisa bernapas dengan melakukan percobaan menghirup napas dan menghembuskannya

-  Membuktikan bahwa tumbuhan putri malu peka pada rangsangan

-  Melakukan pengamatan terhadap luwing (kaki seribu) yang peka terhadap ransangan

-  Membuktikan bahwa manusia peka terhadap rangsangan

-  Membuktikan bahwa tumbuhan bisa bergerak dengan mengamati tanaman di sekitar sekolah

-  Membuktikan bahwa hewan bisa bergerak dengan mengamati gerak hewan yang ada di sekolah

-  Melakukan percobaan sederhana  fotosintesis

-  Membuktikan bahwa hewan  membutuhkan makan

-  Melakukan diskusi kelas tentang hewan dan manusia melakukan ekskresi

-  Membuktikan bahwa tanaman dapat tumbuh dan berkembang

-  Membuktikan bahwa hewan tumbuh dan berkembang

-  Mengamati tanaman yang ada di sekitar sekolah

-  Mengamati hewan yang ada di sekitar sekolah

-    Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup  yang ada di sekitar rumah-    Menjelaskan dengan logis mekanisme pernapasan pada tumbuhan

-    Menjelaskan dengan logis mekanisme pernapasan pada hewan

-    Menjelaskan dengan logis mekanisme pernapasan pada manusia

-    Menjelaskan dengan logis bahwa tumbuhan peka terhadap rangsangan

-    Menjelaskan dengan logis hewan peka terhadap rangsangan

-    Menjelaskan dengan logis manusia peka terhadap rangsangan

-    Menjelaskan dengan logis bahwa tumbuhan bisa bergerak.

-    Menjelaskan dengan logis bahwa hewan bisa bergerak.

-    Menjelaskan dengan logis bahwa tumbuhan

memerlukan  nutrisi

-    Menjelaskan dengan logis  bahwa hewan   membutuhkan makan.

-    Menjelaskan dengan logis bahwa hewan dan manusia melakukan ekskresi.

-    Menjelaskan secara logis bahwa pada  tanaman mengalami tumbuh dan berkembang.

-    Menjelaskan dengan logis bahwa hewan tumbuh dan berkembang

-    Menjelaskan dengan logis bahwa tanaman berkembang biak.

-    Menjelaskan secara logis bahwa hewan berkembang biak.

Tes TulisTes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Soal uraianSoal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Jelaskan ciri-ciri yang harus dimiliki makhluk hidup!Melalui apakah tumbuhan bernapas?

Bagaimana mekanisme pernapasan hewan!

Bagaimana mekanisme pernapasan pada manusia?

Berikan contoh tumbuhan yang peka terhadap rangsangan?

Jelaskan bagaimana landak menanggapi rangsangan saat terancam!

Bagaimana manusia menanggapi ransangan panas?

Bagaimana tumbuhan dapat bergerak?

Jelaskan bahwa hewan dapat bergerak!

Bagaimana tumbuhan memenuhi kebutuhan nutrisinya?

Apa yang terjadi jika hewan kekurangan bahan makanan?

Sebutkan alat ekskresi pada manusia!

Jelaskan secara logis bagaimana tanaman mengalami pertumbuhan dan perkembangan!

Bagaimana hewan dikatakan tumbuh?

Jelaskan bahwa tanaman dapat berkembangbiak!

Jelaskan bahwa hewan dapat berkembangbiak!

3×40’ -      Winarsih, Anni, Agung Nugroho dkk. 2008. IPA TERPADU untuk SMP/MTs Kelas VII. hal 239-267. Jakarta: Grasindo.-      Lingkungan rumah
6.2  Mengklasifikasi-kan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
  1. Klasifikasi makhluk hidup
    1. Tumbuhan
  1. Hewan
-    Mengklasifikasi makhluk hidup pada tumbuhan padi

-    Melakukan pengamatan tumbuhan  padi dengan ciri morfologinya

-    Mengklasifikasi semut

-    Melakukan pengamatan morfologi hewan semut.

-     Menjelaskan hasil klasifikasi dari tanaman padi dengan benar.

-      Mendeskripsikan ciri morfologi tanaman padi dengan teliti.

-     Menjelaskan hasil klasifikasi dari semut dengan benar.

-     Mendeskripsikan ciri morfologi semut dengan teliti.

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

 

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

 

Jelaskan hasil dari klasifikasi dari tanaman padi!

Jelaskan ciri morfologi dari tanaman padi!

Jelaskan klasifikasi dari semut?

Jelaskan ciri morfologi dari semut?

 

2×40’

 

-   Sawah
6.3  Mendeskripsikan keragaman  pada sistem organisasi kehidupan  mulai dari tingkat sel sampai organisme Kelas VII

Semester II

7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem

Keragaman  pada sistem organisasi kehidupana. Keanekaragaman tingkat sel

b. Keanekaragaman tingkat jaringan

  1. Keanekaragaman tingkat organ
  1. Keanekaragaman tingkat sistem organ
  1. Keanekaragaman tingkat organisme

Tingkat organisasi Ekosistem: Individu

 

-  Mengamati keanekaragam sel melalui gambar.

-  Mengamati keanekaragaman tingkat jaringan dengan melihat torso

-     Mengamati keanekaragaman tingkat organ dengan media torso.

-     Mengidentifikasi keanekaragaman tingkat sistem organ

-     Mengamati keanekaragaman organism di lingkungan sekolah

-     Mengidentifikasi keanekaragaman tingkat individu.

-     Menjelaskan keanekaragaman tingkat sel dengan teliti.

-     Mendeskripsikan dengan teliti keanekaragaman tingkat jaringan

-     Mendeskripsikan dengan teliti keanekaragaman tingkat organ

-     Menjelaskan keanekaragaman tingkat sistem organ dengan teliti.

-     Mendeskripsikan keanekaragaman di lingkungan sekitar sekolah dengan teliti

-  Menjelaskan dengan logis keanekaragaman tingkat individu.

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Soal uraian

Berikan contoh keanekaragaman tingkat sel!

Berilah contoh dari keanekaragaman dari tingkat jaringan!

Jelaskan keanekaragaman tingkat organ yang kalian ketahui!

Berilah contoh keanegaraman tingkat sistem organ!

Berilah contoh keanekaragaman tingkat organisme!

Jelaskan yang anda ketahui tentang keanekaragaman tingkat individu!

2×40’ -          Lingkungan sekolah.-          Kebun Sekolah

-          Kebun binatang

 

 

 

 

 

 

Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekositem

Kompetensi Dasar

Kompetensi Dasar yang Dipadukan

Materi Pokok/ pembelajaran

Kegiatan Belajar

 

Indikator

Penilaian

Alokasi waktu

Sumber belajar

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

7.1  Menentukan ekosistem  dan saling hubungan ketergantungan antara komponen ekosistem
  1. Komponen penyusun ekosistem

-    Komponen biotik

-    Komponen abiotik

  1. Keseimbangan ekosistem
  1. Hubungan komponen biotik dan abiotik
- Memahami  gejala-gejala alam tentang komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem di sungai- Melakukan pengamatan keseimbangan ekosistem yang ada di kebun belakang sekolah

- Mengamati ciri-ciri keseimbangan ekosistem yang ada di kebun belakang sekolah

- Menganalisis hubungan komponen biotik dan abiotik

-   Mengidentifikasi dengan teliti tentang komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem-   Mengidentifikasi masalah keseimbangan ekosistem dengan teliti

-   Membandingkan dengan teliti ciri-ciri keseimbangan ekosistem

-   Mendeskripsikan dengan cermat hubungan komponen biotik dan abiotik

-     Tes unjuk kerja-     Tes unjuk kerja

-     Tes tulis

-   Tes tulis

-   Lembar observasi-   Lembar observasi

-   Soal uraian

-     Soal uraian

-   Terlampir-   Terlampir

- Sebutkan cara-cara untuk menjaga keseimbangan ekosistem!

-   Sebutkan 2 contoh hubungan komponen biotik dengan komponen abiotik!

 

2 x 40’ -   Lingkungan kebun-   Lingkungan sungai

Irianto, Sugeng Yuli, dan Wasis. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VII hal 217-225. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Kelas VII semester 15.1  Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik 1. Gejala alam biotik

2. Dampak dari gejala alam bagi keseimbangan ekosistem

-   Mengamati peristiwa rantai makanan yang berhubungan dengan gejala alam di sekitar sekolah

-   Menganalisis dampak dari gejala alam bagi keseimbangan ekosistem

 

-   Mendeskripsikan peristiwa rantai makanan yang berhubungan dengan gejala alam

-   Mendeskripsikan secara logis dampak gejala alam bagi keseimbangan ekosistem

 

Tes Uraian

Tes Uraian

Soal Uraian

Soal Uraian

 

Jelaskan peristiwa rantai makanan pada ekosistem sawah!

Bagaimana dampak gejala alam bagi keseimbangan ekosistem!

 

-   Lingkungan sekolah

 

7.2  Mengindentifikasi-kan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem Kelas IX Semester 1

2.1  Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam,perkembang-biakan.

Tingkat organisasi Ekosistem:a)    Individu

b)    Populasi

c)    Komunitas

d)    Ekosistem

Kelangsungan hidup makhluk hidup

a)    Adaptasi

b)    Seleksi alam

 

-    Mengidentifikasi keanekaragaman tingkat individu.

-    Mengidentifikasi keanekaragaman tingkat populasi yang ada di kebun sekolah.

-    Mengamati keanekaragaman tingkat komunitas yang ada di kebun binatang.

-    Mengidentifikasi keanekaragaman di ekosistem sawah

-    Melakukan pengamatan terhadap fenomena adaptasi di sekitar lingkungan siswa

-    Mengamati peristiwa seleksi alam yang terjadi di alam

 

-  Menjelaskan keanekaragaman makhluk hidup tingkat individu

-  Menjelaskan keanekaragaman makhluk hidup tingkat populasi di padang rumput

-  Menjelaskan keanekaragaman makhluk hidup tingkat komunitas yang ada di kebun binatang

-  Menjelaskan keanekaragaman makhluk hidup di ekosistem sawah

-  Menjelaskan bentuk-bentuk fenomena  adaptasi di sekitar lingkungan siswa

-  Mendeskripsikan peristiwa seleksi alam

 

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

Tes tertulis

 

Soal Uraian

Soal Uraian

Soal Uraian

Soal Uraian

Soal Uraian

Soal Uraian

 

Sebutkan contoh keanekaragaman tingkat individu!

Jelaskan keanekaragaman populasi domba di padang rumput!

Jelaskan keanekaragaman komunitas di kebun binatang!

Jelaskan keanekaragaman ekosistem sawah!

Jelaskan macam-macam bentuk adaptasi pada burung!

Jelaskan peranan seleksi alam bagi keseimbangan ekosistem!

2×40’ Irianto, Sugeng Yuli, dan Wasis. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs Kelas VII hal 217-225. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional-    Kebun binatang

-    sawah

 

7.3  Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan Kelas IX Semester 1

2.4  Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

 

Kepadatan populasia)    Faktor penyebab kepadatan populasi

b)    Pengaruh kepadatan populasi

c)    Bioteknologi pangan

-    Menganalisis faktor kepadatan populasi.

-    Mendeskripsikan pengaruh   kepadatan populasi

-    Melakukan wawancara ke nara sumber (laboran/ahli bioteknologi pangan) ke instansi pertanian

-    Mengidentifikasi dampak bioteknologi pangan terhadap kelangsungan hidup manusia

 

-  Menjelaskan faktor kepadatan populasi.

-  Menjelaskan pengaruh kepadatan populasi

-  Menjelaskan manfaat bioteknologi pangan untuk mengatasi kepadatan populasi manusia

-  Menyebutkan dampak bioteknologi pangan terhadap kelangsungan hidup manusia

Tes Uraian

Tes Uraian

Tes uraian

Tes uraian

 

Soal Uraian

Soal Uraian

Soal uraian

Soal uraian

Sebutkan faktor-faktor kepadatan populasi!

Jelaskan dampak kepadatan populasi!

Jelaskan manfaat bioteknologi bagi manusia!

Jelaskan dampak bioteknologi pangan terhadap kelangsungan hidup manusia!

7.4  Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan   

Kelas IX Semester II

5.5 Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer dengan kesehatan permasalahan lingkungan.

Pencemaran dan Kerusakan lingkungana)    Faktor penyebab kerusakan lingkungan.

b)   Dampak kerusakan lingkungan

c)    Peranan manusia dalam pengelolaan lingkungan

Lapisan-lapisan bumi:

  1. Lapisan atmosfer
  1. Lapisan litosfer
-    Menganalisis faktor penyebab kerusakan lingkungan.

-     Mengamati pengaruh dari kerusakan lingkungan.

-     Mendeskripsikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan

-     Mengamati fenomena yang terjadi di atmosfer di dalam kehidupan sehari-hari

-     Mengamati fenomena yang terjadi di litosfer dalam kehidupan sehari-hari

 

-  Menjelaskan faktor penyebab kerusakan lingkungan

-  Menjelaskan secara logis dampak kerusakan lingkungan.

-  Menjelaskan peran manusia dalam pengendalian lingkungan

-    Mendeskripsikan fenomena yang terjadi di atmosfer dalam kehidupan sehari-hari

-    Mendeskripsikan fenomena yang terjadi di litosfer dalam kehidupan sehari-hari

Tes Uraian

Tes Uraian

Tes tulis

Tes Tulis

Tes Tulis

Soal Uraian

Soal Uraian

Soal Uraian

Soal uraian

Soal uraian

Sebutkan faktor-faktor penyebab kerusakan lingkungan

Jelaskan dampak kerusakan lingkungan!

Bagaimana peran manusia dalam pengelolaan lingkungan?

Jelaskan fenomena yang terjadi di atmosfer di dalam kehidupan sehari-hari!

Jelaskan fenomen yang terjadi di litosfer di dalam kehidupan sehari-hari!

2×40’

 

Kelompok 2:

Amirul Hasan

Candra Hermawan

Evi Ayu Candra

Mega Oktalinda P

kelompok 5

ayuniar nurul L

Nuril hidayati

ida kurniawati

Rina Dwi

PETA STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR YANG BERPOTENSI IPA TERPADU PADA KELAS DAN SEMESTER YANG SAMA

Kelas VII semester 1

Fisika kimia Biologi Tema
STANDAR KOMPETENSI : 3

Memehami wujud zat dan perubahannya

Kompetensi Dasar : 3.1

Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hariSTANDAR KOMPETENSI : 4

Memahami berbagai sifat d alam perubahan fisika dan kimia

Kompetensi dasar : 4.1

Membandingkan sifat fisika dan kimia zat Wujud zat dan kelarutanSTANDAR KOMPETENSI : 3

Memehami wujud zat dan perubahannya

Kompetensi Dasar : 3.4

Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hariSTANDAR KOMPETENSI ; 4

Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia

Kompetensi dasar : 4.2

Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia Kalor dan penyulinganSTANDAR KOMPETENSI : 3

Memehami wujud zat dan perubahannya

Kompetensi dasar ; 3.4

Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suaatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hariSTANDAR KOMPETENSI : 4

Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia

KOmpetensi dasar : 4.4

Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana Energy kalor dalam kehidupan

Kelas VII semester 1

Fisika Kimia Biologi Tema
STANDAR KOMPETENSI : 4

Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

Kompetensi Dasar : 4.3

Mendeskripsikan bahan kimia alami dan buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makananSTANDAR KOMPETENSI : 1

Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar : 1.4

Mendeskripsikan sistem pencernaan manusia dan hubungannya dengan kesehatanBahan kimia dalam makanan STANDAR KOMPETENSI : 4

memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

Kompetensi dasar : 4.5

Menghindarkan diri dari zat adiktif dan psikotropikaSTANDAR KOMPETENSI : 1

Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar : 1.5

Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatanRokok dan kesehatan

PETA KOMPETENSI DASAR YANG BERPOTENSI IPA TERPADU LINTAS KELAS

kelas VII dan VIII

Fisika Kimia Biologi Tema
Kelas VII semester 1

STANDAR KOMPETENSI : 4

Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi dasar : 4.2

Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hariKelas VII semester 2

STANDAR KOMPETENSI : 5

Mengamati gejala-gejala alam melalui pengamatan

Kompetensi dasar : 5.4

Menerapkan keselamatan kerja dengan melakukan pengamatan gejala-gejala alamBebas dari efek samping bahan kimia di rumah tanggaKelas VII semester 2

STANDAR KOMPETENSI 5

Memahami perenan usaha, gaya dan energy dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi dasar : 5.3

Menjelaskan hubungan bentuk energy dan perubahannya prinsip “usaha dan energy” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Kelas VII semester 2

STANDAR KOMPETENSI : 7

Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

Kompetensi dasar: 7.1

Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistemPengaruh energy dalam kehidupan Kelas VII semester 1

STANDAR KOMPETENSI : 2

Memahami klasifikasi zat

Kompetensi dasar

Menjelaskan nama unsure dan rumus kimia sederhanaKelas VII semester 1

STANDAR KOMPETENSI : 2

Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan

Kompetensi dasar: 2.2

Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energy pada tumbuhan hijauUnsure dan senyawa dalam proses fotosintesis Kelas VIII semester 1

STANDAR KOMPETENSI : 4

Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

Kompetensi dasar : 4.1

Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hariKelas VII semester : 2

STANDAR KOMPETENSI : 7

Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem

Kompetensi dasar : 7.4

Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran san kerusakan lingkunganDampak limbah rumah tangga terhadap lingkungan

kelas VIII dan IX

fisika kimia biologi tema
Kelas VIII semester 2

STANDAR KOMPETENSI : 6

Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari

Kompetensi dasar : 6.2

Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari Kelas IX semester 1

STANDAR KOMPETENSI : 5

Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi dasar 1.3

Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indra pada manusia, serta hubungannya dengan kesehatanBunyi dan indera manusiaKelas VIII semester 2

STANDAR KOMPETENSI : 6

Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Kelas IX semester 1

STANDAR KOMPETENSI : 5

Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi dasar : 1.3

Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia, serta hubungannya dengan kesehatanCahaya dan indera manusia Kelas VIII semester 1

STANDAR KOMPETENSI : 4

Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

kompetensi dasar : 4.3

Mendeskripsikan bahan kimia alami dan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makananKelas IX semester 1

STANDAR KOM PETENSI : 2

Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi dasar : 2.3

Mendeskripsikan proses pewarisan sifat serta hasilnya

Kompetensi dasar : 2.4

Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui proses panganBahan kimia, bioteknologi, dan kelangsungan hidup manusiaKelas IX semester 1

STANDAR KOMPETENSI : 3

Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dala kehidupan sehari-hari

Kompetensi dasar : 3.1

Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi dasar  : 3.3

Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hariKelas VIII semester 1

STANDAR KOMPETENSI

Menje;laskan konsep partikel materi

Kompetensi dasar ; 3.1

Menjelaskan konsep atom, ion dan molekul Proses terjadinya muatan listrik

About these ads
By aimarusciencemania

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s