DEFINISI DAN MACAM-MACAM MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

DEFINISI DAN MACAM-MACAM MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Disusun untuk melengkapi tugas Mata Kuliah Biologi Terapan 3

Dosen Pembina:Dra.Sawitri Komarayanti M.S

 

 

 

 

Oleh:

Aini Maskuro (0910211107)

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

JURUSAN PENDIDIKAN MIPA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

2011

PEMBAHASAN

  1. 1.      Definisi Media Pembelajaran Biologi

Secara harfiah kata media berarti perantara atau pengantar. Association for Education and Communication Technology (AET) mengartikan media sebagai segala bentuk yang digunakan untuk proses penyaluran informasi, sedangkan National Education Association (NEA) mengartikan media sebagai segala benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan beserta instrument yang digunakan untuk kegiatan tersebut.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, yang dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa sehingga mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya.

Media dalam Arti Umum

Semua bentuk “perantara” yang dipakai oleh penyebar ide, sehingga gagasan itu sampai pada penerima (Santoso S Hamidjojo)

Sarana disebut CHANNEL, karena pada hakekatnya media telah memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan, mendengar dan melihat dalam batas-batas jarak, ruang dan waktu tertentu, dan dengan bantuan media batas-batas itu hampir menjadi tidak ada. (M.C. Luhan)

Saluran komunikasi atau medium yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan sesuatu pesan, dimana medium ini merupakan jalan atau alat dengan mana suatu pesan berjalan antara komunikator dengan komunikan (Blake & Horalsen)

Media dalam Pembelajaran

Media yang penggunaannya diintegrasikan dengan tujuan dan isi pembelajaran, yang biasanya sudah dituangkan dalam GBPP dan dimaksudkan untuk mempertinggi mutu kegiatan belajar mengajar (Santoso S. Hamidjojo)

Peralatan fisik untuk memmbawakan atau menyampaikan isi pembelajaran, kedalamannya termasuk buku, film, kaset, video, sajian slide, radio, OHP dan sebagainya, termasik suara guru dan perilaku non verbal (Briggs).

Dari batasan di atas, maka ada dua unsur yang terkandung dalam media pembelajaran, yaitu (1) pesan atau bahan pembelajaran yanga akan disampaikan, dengan istilah lain disebut perangkat lunak (software), dan (2) perangkat keras (hardware) yang berfungsi sebagai alat belajar dan alat bantu belajar.

Penggunaan media secara kreatif dapat memungkinkan siswa untuk belajar lebih banyak, mencamkan apa yang dipelajarinya lebih baik dan meningkatkan performance siswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. (Sarna Suryana,2009)

Dari uraian pengertian Media Pembelajaran Biologi dapat disimpulkan bahwa :

Media pembelajaran Biologi adalah Segala bentuk sesuatu baik barang asli maupun hasil tiruan,manipulasi,modifikasi dan simplifikasi yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran Biologi agar penyampaian materi ajar dari suatu topik pembelajaran biologi dapat dengan mudah diterima dan diserap oleh peserta didik sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efesiensi pencapaian tujuan pembelajaran Biologi sesuai dengan rancangan skenario mengajar pendidik.

 

  1. 2.      Macam-macam Media Pembelajaran Biologi

Banyak sekali jenis media yang sudah dikenal dan digunakan dalam penyampaian informasi dan pesan – pesan pembelajaran. Setiap jenis atau bagian dapat pula dikelompokkan sesuai dengan karakteristik dan sifat – sifat media tersebut. Sampai saat ini belum ada kesepakatan yang baku dalam mengelompokkan media. Jadi banyak tenaga ahli mengelompokkan atau membuat klasifikasi media akan tergantung dari sudut mana mereka memandang dan menilai media tersebut.

Penggolongan media pembelajaran menurut Gerlach dan Ely yang dikutip oleh Rohani (1997 : 16) yaitu :

1. Gambar diam, baik dalam bentuk teks, bulletin, papan display, slide, film strip, atau overhead proyektor.

2. Gambar gerak, baik hitam putih, berwarna, baik yang bersuara maupun yang tidak bersuara.

3. Rekaman bersuara baik dalam kaset maupun piringan hitam.

4. Televisi

5. Benda – benda hidup, simulasi maupun model.

6. Instruksional berprograma ataupun CAI (Computer Assisten Instruction).

Penggolongan media yang lain, jika dilihat dari berbagai sudut pandang adalah sebagai berikut :

1. Dilihat dari jenisnya media dapat digolongkan menjadi media Audio, media Visual dan media Audio Visual.

2. Dilihat dari daya liputnya media dapat digolongkan menjadi media dengan daya liput luas dan serentak, media dengan daya liput yang terbatas dengan ruang dan tempat dan media pengajaran individual.

3. Dilihat dari bahan pembuatannya media dapat digolongkan menjadi media sederhana (murah dan mudah memperolehnya) dan media komplek.

4. Dilihat dari bentuknya media dapat digolongkan menjadi media grafis (dua dimensi), media tiga dimensi, dan media elektronik.(Wijaya Kusumah:2009)

 

A. Macam Media

Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, kita dapat mempergunakan bermacam-macam bentuk media pembelajaran, sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Macam-macam media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar, dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  1. Bahan publikasi : Koran, majalah, buku.
  2. Bahan bergambar : gambar, bagan (chart), peta, poster, foto, lukisan, grafik, diagram.
  3. Bahan pameran : bulletin board, papan flannel, papan magnet, papan demontrasi.
  4. Bahan proyeksi : film, film strip, slide, transparansi, OHP.
  5. Bahan rekaman audio : tape cassette, piringan hitam, kaset video.
  6. Bahan produksi : kamera, tape recorder
  7. Bahan siaran : program radio, program televisi
  8. Bahan pandang dengar (audio visual) : TV, film suara, slide suara
  9. Bahan model/benda tiruan : model irisan penampang batang, model torso tubuh manusia.

Beraneka ragamnya media tersebut, dapat dilihat dari mulai yang sederhana sampai yang kompleks dan dari yang murah sampai yang termahal dan masing-masing mempunyai karakteristik tertentu, baik dari keamuhannya dan kelemahannya masing-masing.

B. Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Media pembelajaran berdasarkan jenisnya dapat pula dikelompokkan sebagai berikut :

  1. Media asli hidup, seperti : aquarium dengan ikan dan tumbuhannya, terrarium dengan hewan darat dan tumbuhannya, kebun binatang dengan semua binatang yang ada, kebun percobaan/kebun botani dengan berbagai tumbuhan, insektarium (berupa kotak kaca yang berisi serangga, semut, anai-anai dan sebagainya).
  2. Media asli mati, misalnya : herbarium, taksidermi, awetan dalam botol, BIOPLASTIK, dan diorama (pameran hewan dan tumbuhan yang telah dikeringkan dengan kedudukannya seperti aslinya di alam).
  3. Media asli benda tak hidup, contoh : berbagai jenis batuan ,mineral, kereta api, pesawat terbang, mobil, gedung, papan tulis, dan papan temple.
  4. Media asli tiruan atau model, seperti : model irisan bagian dalam bumi, model penampang batang, penampang daun, model boneka, model torso tubuh manusia yang dapat dilepas dan dipasang kembali, model globe, model atom, model DNA, maket.
  5. Media grafis, bagan (chart), diagram grafik, poster, plakat, gambar, foto, lukisan.
  6. Media dengar (audio) : program radio, tape recorder, piringan hitam, casete, tape.
  7. Media pandang dengar (audio visual) : tv, video.
  8. Media proyeksi :proyeksi diam contoh slide dan filmstrip
  9. Media cetak.: buku cetak, Koran, majalah.

Berdasarkan fungsinya media pembelajaran dibedakan menjadi 2 yaitu:

1 alat peraga

Menurut Estiningsih(1994) alat peraga merupakan media pelajaran yang mengandung dan membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari.yang berfungsi untuk menurunkan keabstrakan dari konsep sehingga siswa dapat menerima pengalaman belajar langsung dengan real.Contoh contoh model DNA,MODEL MATA,TORSO PATUNG MANUSIA DLL

2.sarana

Media belajar yang berfungsi sebagai alat bantu untuk melakukan kegiatan belajar mengajar dan berfungsi untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar .contoh ;papan tulis OHP,LCD laptop dll

STUDI LITERATUR

Suryana,sarna. 2009. pengertian media pembelajaran. (0nline) http://mediapendidikanok.blogspot.com/2009/06/pengertian-media.html diacces tanggal 2 Oktober 2011

Kusuma,Wijaya. 2009. pengertian media pembelajaran(online)http://media-grafika.com/pengertian-media-pembelajaran diacces 2 Oktober 2011

Suryana,sarna.2009. pengertian dan jenisi-jenis media pembelajaran. (online) http://mediapendidikanok.blogspot.com/2009/08/macam-dan-jenis-jenis-media.html diacces tanggal 2 Oktober 2011

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Artikel-PPM-IPTEKS-07.pdfdiacces tanggal 2 Oktober 2011

About these ads
By aimarusciencemania

2 comments on “DEFINISI DAN MACAM-MACAM MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s